Ini Nih Orang Orang Yang Bisa Bikin Kamu Melek Bisnis

Ini Nih Orang Orang Yang Bisa Bikin Kamu Melek Bisnis

Ini Nih Orang Orang Yang Bisa Bikin Kamu Melek Bisnis

Menjalankan sebuah bisnis memang bukanlah hal yang mudah. Orang orang yang belum berpengalaman cenderung merasa ragu dalam menjalankan sebuah bisnis. Bayang kegagalan kerap kali menjadi hal yang membuat orang takut untuk memulai sebuah bisnis. 

Minimnya pengalaman dan pendidikan membuat banyak orang merasa takut untuk memulai sebuah usaha. Namun sebenarnya, pendidikan bukanlah hal dasar yang akan memengaruhi kesuksesan seseorang dalam berkarir, berusaha maupun berbisnis. Berikut ini ada beberapa tokoh yang berhasil sukses dan menjadi orang terkenal dengan pendidikan yang minim.

Pengusaha Sukses Indonesia

Banyak orang yang terjun ke dunia bisnis merasa kurang percaya diri ketika harus bersaing dengan pengusaha yang berpendidikan tinggi dan memiliki gelar. Jika saudara termasuk ke salah satu orang tersebut, mungkin saudara perlu belajar dari beberapa orang berikut ini.

1. Bob Sadino

Terlahir di Lampung, 9 Maret 1939, mendiang pengusaha dengan nama lengkap Bambang Mustari Sadino ini termasuk salah satu pengusaha sukses yang telah merasakan pahit manisnya dalam berusaha. Sekitar 9 tahun menjadi seorang pegawai, Bob Sadino memutuskan untuk berhenti dan beralih profesi menjadi seorang pengusaha.

Usaha pertama yang dicobanya adalah bisnis sewa mobil. Dalam menjalankan bisnis yang satu ini, Bob hanya bermodalkan satu mobil saja yang disopiri sendiri. Namun karena sebuah musibah yang menimpanya, beliau harus memberhentikan usahanyanya di tengah jalan. Namun musibah tersebut tidak memutuskan harapan beliau. Beliau kembali beralif profesi sebagai buruh bangunan yang dibayar dengan upah harian.

Ketika menjadi seorang kuli bangunan, beliau menemukan peluang bisnis baru, yaitu sebagai peternak ayam dan telur ayam negeri. Dengan modal yang dipinjam dari tetangganya, beliau akhirnya menjalankan usaha tersebut.

Awalnya beliau bergerak sendiri dengan menawarkan dagangannya dari rumah ke rumah di wilayah bertempat beliau tinggal. Seiring dengan berkembangnya usaha yang beliau jalankan, beliau mencoba untuk mengembangkan sayap dengan menjual daging dan sayuran hidroponik. Berkat keuletannya, bisnis tersebut sukses sehingga beliau berhasil mendirikan Kem-Chicks, supermarket ternama yang menjual berbagai macam produk peternakan dan pertanian.

2. Susi Pudjiastuti

Ibu Susi Pudjiastuti, perempuan yang kelahiran 1965 yang menjabat sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan RI di bawah kepemimpinan Presiden Jokowi. Beliau terkenal sebagai sosok yang tegas dalam memimpin.

Setelah memilih untuk berhenti sebelum lulus SMA, beliau memulai usaha sebagai seorang pedagang pakaian dan bed kover. Ketika menjalankan usaha tersebut, beliau melihat adanya potensi usaha di daerah bertempat beliau tinggal. Pangandaran, sebagai penghasil ikan, Ibu Susi lantas memanfaatkannya sebagai peluang bisnis dan beralih ke usaha perikanan.

Hanya dengan bermodal 750 ribu, dari hasil penjualan perhiasan, beliau membeli ikan dari tempat pelelangan dan memasarkannya ke sejumlah restoran. Setelah sempat tersendat, Ibu Susi akhirnya berhasil menguasai bursa pelelangan ikan di Pangandaran dan bahkan kemudian merambah ke ekspor ikan dan lobster.

Dalam mempermudah proses pengangkutan ikan, Ibu Susi memutuskan untuk membeli sebuah pesawat dari pinjaman bank. Dalam menjalankan usaha tersebut, Ibu Susi juga berhasil mengembangkannya menjadi armada maskapai penerbangan Susi Air yang melayani rute pedalaman dan carter.

3. Sunny Kamengmau

Sunny Kamengmau adalah sosok pengusaha sukses yang terkenal dengan tas tangan yang bermerek Robita. Tas robita ini cukup populer di negeri sakura (Jepang). Siapa sangka pemuda yang berasal dari Nusa Tenggara Timur ini merupakan pemuda yang tidak pernah lulus SMA, namun berkat usaha dan kerja keras yang beliau tekuni berhasil membawa nama beliau hingga ke Jepang.

Sebelum merubahnya menjadi seorang yang sukses, beliau awalnya adalah seorang tukang sapu di sebuah hotel. Berkat ketekunan dalam bekerja, akhirnya beliau diangkat menjadi seorang satpam. Gaji sebagai seorang satpam, beliau sisihkan sedikit untuk membeli kamus 2 bahasa asing yaitu bahasa inggris dan bahasa jepang.

Berkat ketekunan dalam belajar, akhirnya beliau dapat berkenalan dengan pengusaha asal jepang yang yang kemudian memintanya untuk memasok tas kulit ke negaranya. Meskipun beliau sempat mengalami jatuh bangun, beliau secara perlahan mampu memiliki 100 orang karyawan.

Dari beberapa kisah pengusaha sukses di atas, kita dapat memetik sebuah pelajaran, yaitu pendidikan bukanlah hal yang menjadi alasan untuk menjadi orang yang sukses. Selama ada peluang, manfaatkanlah sebaik mungkin. Agar usaha saudara lancar dan berkah, jangan lupa untuk bersedekah, sebab sedekah adalah kunci kesuksesan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *