5 Tips Agar Tak Cepat Haus saat Puasa

5 Tips Agar Tak Cepat Haus saat Puasa

Haus dan lapar menjadi suatu hal yang sudah harus dihadapi bagi setiap orang yang menjalankan ibadah puasa. Maka dari situlah orang yang hendak menjalankan ibadah puasa dianjurkan untuk lebih memperhatikan pola makannya agar tubuh dapat tetap sehat dan bugar selama menjalankan ibadah puasa.

 

Tips Agar Tak Cepat Haus saat Puasa

Berpuasa di cuaca panas memang dapat beresiko terkena dehidrasi dan terutama bagi orang orang yang memperoleh asupan mineral yang kurang. Untuk menghindari dehidrasi, ada beberapa cara yang dapat saudara terapkan yang salah satunya sebagai berikut.

 

1. Hindari minuman mengandung kafein

Beberapa jenis minuman dianjurkan untuk dikurangi saat hendak akan berpuasa, salah satunya seperti minuman yang mengandung kafein. Kafein merupakan kandungan yang memiliki efek diuretik yang dapat meningkatkan produksi urine, sehingga bisa menyebabkan tubuh menjadi mudah kehilangan cairan.

Mengkonsumsi minuman minuman yang mengandung kafein saat sahur dan berbuka dapat membuat saudara mudah merasa haus di kemudian hari. Dengan demikian, saudara dianjurkan untuk memperbanyak mengkonsumsi air putih agar terhindar dari dehidrasi.

 

2. Buka puasa dengan sayur dan buah

Memperbanyak mengkonsumsi buah dan sayur memang sangat dianjurkan saat berpuasa. Ada berbagai manfaat yang akan didapatkan dengan mengkonsumsi buah dan sayur yang salah satunya adalah menghindari tubuh dari dehidrasi saat berpuasa. Sejumlah buah dan sayur kaya akan kandungan air, sehingga lebih bernutrisi dan cocok membantu mengembalikan cairan tubuh yang hilang saat berpuasa.

Ada beberapa jenis buah dan sayur yang dianjurkan untuk diperbanyak dikonsumsi saat berpuasa seperti misalnya semangka, timun, seledri, tomat, dan belimbing. Mengonsumsi buah dan sayuran tersebut dapat mencegah tubuh mengalami dehidrasi.

 

3. Hindari makanan pedas dan asin

Makanan pedas dan asin memang cukup menggugah selera, maka wajar wajar saja jika banyak orang yang kerap kali sulit menahan diri untuk mengkonsumsi makanan makanan tersebut. namun perlu diketahui bahwa makanan pedas dan asin dapat menyebabkan tubuh membutuhkan lebih banyak air, terutama ketika berpuasa. Namun, apabila saudara tidak bisa menghindari kedua makanan ini, maka sebaiknya batasi porsi makannya. 

 

4. Hindari minum terlalu banyak dalam satu waktu

Ketika berbuka, tidak jarang banyak orang yang mengkonsumsi air dalam jumlah yang banyak dalam satu waktu yang padahal hal tersebut sangat tidak dianjurkan untuk dilakukan sebab minum terlalu banyak air dalam satu waktu dapat menyebabkan tubuh menjadi lebih mudah kehilangan cairan di kemudian hari saat berpuasa lantaran saudara akan lebih sering buang air kecil. Maka dari itu, untuk untuk menghindari hal tersebut, sebaiknya saudara mengkonsumsi air waktu dengan jumlah yang secukupnya saja namun sering.

 

5. Hindari berpanas-panasan

Ketika berpuasa sebaiknya saudara menghindari terlalu banyak aktivitas yang dapat membuat saudara terlalu banyak terpapar sinar matahari secara langsung. Meski cuaca di Indonesia cenderung panas sepanjang hari, ada baiknya jika saudara menghindari terpapar langsung oleh cuaca panas sebisa mungkin.

Pasalnya, cuaca panas bisa menyebabkan saudara menjadi rentan berkeringat. Akibatnya, saudara menjadi lebih mudah kehilangan cairan dalam tubuh. Jadi, sebaiknya saudara membatasi beraktivitas di luar ruangan selama berpuasa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *