Inilah 5 Amalan Istimewa Sebelum Tidur

Inilah 5 Amalan Istimewa Sebelum Tidur

Dalam Islam, kita dianjurkan untuk melakukan amalan sebelum tidur agar mendapatkan keberkahan di dalam hidup sehingga hidup kita selalu mengarah ke hal hal yang positif. Ada banyak amalan yang dapat dilakukan sebelum tidur dan pada artikel kali ini, kami akan berbagi beberapa informasi amalan yang dapat dilakukan dilakukan sebelum tidur.

 

Amalan Istimewa Sebelum Tidur

Tidur merupakan salah satu hal yang sangat penting dalam menjaga kondisi tubuh agar tetap sehat dan bugar. Tidur juga menjadi salah satu cara yang dilakukan untuk mengembalikan stamina yang hilang selama beraktivitas.

Untuk mendukung kualitas tidur, dianjurkan untuk melakukan beberapa amalan sebelum tidur berikut ini:

 

1. Wudhu sebelum tidur

Wudhu atau sederhananya cuci muka sebelum tidur akan memberikan kesegaran. Anjuran ini didasarkan pada hadits Al Bara bin Azib.

“Jika engkau hendak mendatangi tempat tidurmu, hendaklah engkau berwudhu seperti wudhu untuk shalat, lalu berbaringlah pada sisi kanan badanmu,” (HR. Al-Bukhari no. 247 dan Muslim no. 2710).

Tidak hanya karena wudhu akan menyegarkan wajah, dalam hadist itu juga disebutkan posisi tidur yang terbaik untuk kita.

 

2. Mengibas atau membersihkan kasur lebih dulu

Sebelum tidur, dianjurkan untuk mengibas atau membersihkan kasur lebih dulu. Sebab sekalipun itu hanya debu, itu adalah kotoran yang dapat membuat tidur kita menjadi tidak nyenyak.

Dalam medis, debu juga bisa menyebabkan jerawat dan masalah kesehatan pada paru-paru kita. Oleh karenanya, pastikan untuk membersihkan tempat tidur sesaat sebelum tidur.

 

3. Membaca doa sebelum tidur

Membaca doa sebelum tidur merupakan amalan sebelum tidur yang sangat penting dan akan disarankan oleh orang tua kita sejak kecil. Hal ini penting agar tidur kita berkualitas dan terhindar dari gangguan hawa negatif, seperti setan terkutuk.

Ada hadits yang diriwayatkan oleh Hudzaifah yang mengatakan, “Apabila nabi shallallahu ‘alaihi wasallam hendak tidur, beliau mengucapkan doa: ‘Bismika allahumma amuutu wa ahya (Dengan nama-Mu, Ya Allah aku mati dan aku hidup).”

Dan apabila bangun tidur, Beliau mengucapkan: “Alhamdulillahilladzii ahyaana ba’da maa amatana wailaihi nusyur (Segala puji bagi Allah yang telah menghidupkan kami setelah mematikan kami, dan kepada-Nya lah tempat kembali).” (HR. Bukhari no. 6324).

 

4. Membaca surat pendek

Sebelum tidur, dianjurkan untuk membaca surat pendek seperti al-Ikhlas, Al-Falaq, dan An Naas. Ini dapat melindungi kita dari mimpi buruk. Selain itu, ini juga amalan sebelum tidur yang baik untuk dilaksanakan ketika Anda mengalami gangguan sulit tidur atau insomnia. Dengan membaca surat pendek dalam hati, perlahan-lahan Anda akan terbantu untuk menjadi mengantuk dan bisa tidur lebih cepat.

Di samping itu, Rasulullah saw berkata “Apabila engkau membaca surat al-Ikhlas tiga kali, maka seakan-akan engkau telah menghatamkan al-Qur”an. Dan apabila engkau bershalat 

Di samping itu, Rasulullah saw berkata “Apabila engkau membaca surat al-Ikhlas tiga kali, maka seakan-akan engkau telah menghatamkan al-Qur”an. Dan apabila engkau bershalat kepadaku dan kepada semua Nabi-Nabi maka engkau sama dengan menjadikan kami sebagai pemberi syafaatmu.”

 

5. Perbanyak dzikir sebelum tidur

Amalan sebelum tidur lain yang sangat dianjurkan ialah membaca dzikir dan ayat kursi. Hadist Riwayat Al Bukhari menyatakan, “Jika engkau mendatangi tempat tidur (di malam hari), maka bacalah ayat kursi. Niscaya Allah akan selalu menjagamu dan setan pun tidak akan mengganggu tidurmu hingga pagi tiba.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *