Apakah Orang yang Belum Aqiqah Tidak Boleh Berkurban?

Apakah Orang yang Belum Aqiqah Tidak Boleh Berkurban?

Dalam Islam, Aqiqah dan Qurban menjadi dua ibadah sunnah yang dianjurkan. Aqiqah dan qurban sendiri memiliki sedikit kesamaan yaitu sama sama menyembelih hewan, hanya saja dalam pelaksanaan qurban tidak ada batasan terkait jumlah hewan untuk dikurbankan, sedangkan dalam aqiqah, jumlah hewan yang disembelih berdasarkan jenis kelamin dari bayi. Apabila bayi laki laki maka dianjurkan untuk menyembelih dua kambing, sementara jika perempuan maka satu kambing saja sudah cukup.

Namun apabila menyembelih dua ekor kambing memberatkan bagi yang memiliki anak laki laki maka satu kambing sudah cukup. 

Nabi Muhammad SAW sendiri ketika melakukan akikah untuk Hasan dan Husain, masing-masing dengan satu ekor kambing. Dalam hadis riwayat Imam Abu Dawud dari Ibnu Abbas, dia berkata:

“Sesungguhnya Nabi SAW pernah melakukan akikah untuk Hasan dan Husain, masing-masing satu ekor gibas (domba).”

Dalam kitab Muhadzab fi Fiqh Al Imam Assyafi’i, Imam Abu Ishaq Syairazi menegaskan kebolehan akikah dengan satu ekor kambing ini untuk anak laki-laki. Beliau berkata;

“Jika masing-masing anak baik laki-laki maupun perempuan di akikah dengan satu ekor kambing, maka itu boleh karena ada riwayat dari Ibnu Abbas yang menyatakan bahwa Nabi SAW mengakikahi Hasan dan Husain masing-masing satu kambing gibas (domba).”

 

Apakah Orang yang Belum Aqiqah Tidak Boleh Berkurban?

Lantas bagaimana jika belum aqiqah namun ingin melaksanakan qurban.? seperti yang diketahui, aqiqah merupakan sunnah yang ditujukan bagi orang tua, sementara kesunnahan qurban ditujukan bagi diri sendiri. Maka tidak ada kewajiban bagi seorang anak untuk mengakikahkan dirinya sendiri, namun jika memiliki rezeki yang lebih dan ingin mengakikahkan diri sendiri boleh boleh saja.

Terkait boleh tidaknya berkurban jika belum aqiqah tentu saja boleh, mengingat aqiqah merupakan sunnah yang ditujukan kepada setiap orang tua yang telah dianugerahi seorang anak.

 

Syarat Aqiqah

Sama seperti ibadah wajib maupun sunnah lainnya, ada syarat aqiqah yang perlu diperhatikan sebelum melaksanakan sunnah Rasulullah SAW. Adapun syarat aqiqah dapat kalian simak melalui ulasan di bawah ini.

– Bagi anak laki-laki jumlah hewan untuk aqiqah adalah dua ekor biasanya kambing ataupun domba.

– Bagi anak perempuan jumlah hewan untuk aqiqah adalah satu ekor biasanya kambing ataupun domba.

– Usia hewan untuk aqiqah minimal berusia 1/2 tahun untuk domba atau minimal 1 tahun untuk kambing.

– Hewan untuk aqiqah sehat dan tidak cacat.

 

Hal yang Disunnahkan dalam Aqiqah

Ada sejumlah sunnah dalam pelaksanaan aqiqah yang biasanya dilaksanakan orangtua untuk aqiqah buah hatinya. Di antara sunnah aqiqah tersebut yakni mencukur rambut anak, memberikan nama untuk anak, membagikan daging hewan aqiqah yang telah dimasak kepada tetangga dan orang terdekat.

Di setiap sunnah melaksanakan aqiqah tersebut ada bacaan doa yang bisa diamalkan agar mendapatkan karunia dan berkah dari Allah SWT. Doa tersebut terdiri dari doa ketika menyembelih hewan, doa ketika mencukur bayi, doa meniup ubun-ubun bayi setelah dicukur, serta doa walimah aqiqah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *