Tips Berbisnis Kuliner Di Bulan Puasa

Tips Berbisnis Kuliner Di Bulan Puasa

Memasuki bulan suci ramadhan, seluruh umat <Muslim di dunia akan melaksanakan puasa yang sebulan penuh lamanya. Memasuki bulan suci ramadhan, permintaan masyarakat akan suatu barang biasanya mengalami peningkatan, dan terutama produk produk yang identik dengan ramadhan seperti misalnya peralatan sholat, baju muslim, kuliner dan lain sebagainya.

Meningkatnya permintaan masyarakat akan suatu produk di bulan suci ramadhan, membuat banyak masyarakat yang berantusias untuk ikut mencari keuntungan dengan menjalankan berbagai macam usaha. Semakin banyak pelaku usaha selama ramadhan maka akan semakin padat tingkat persaingan, maka dari itu dibutuhkan sebuah strategi untuk menjalankan usaha agar memperoleh keuntungan yang lebih besar.

 

Tips Berbisnis Kuliner Di Bulan Puasa Agar Dapat Untung Berlipat

Untuk meningkatkan penjualan kuliner selama ramadhan sebenarnya ada berbagai strategi yang dapat saudara lakukan dan berikut berikut beberapa diantaranya.

 

Menambahkan Produk Kuliner Khas Ramadhan

Ada beberapa kuliner khas ramadhan yang dapat saudara jadikan sebagai pemikat masyarakat agar berbelanja di tempat saudara, misalnya seperti, aneka kolak, sup buah, kurma, madu, dan makanan berbuka lainnya. Nah dari produk-produk tersebutlah saudara bisa mendapatkan keuntungan yang lumayan besar.

Biasanya di waktu menuju berbuka, makanan dan minuman tersebut akan dicari pembeli, alangkah baiknya saudara mempersiapkannya terlebih dahulu, misalkan menyiapkan 20 makanan pembuka, agar saudara tidak terlalu repot saat menangani pelanggan dan bisa cepat melayaninya agar waktu yang sedikit tersebut bisa saudara manfaatkan dengan baik.

 

Promosi Lewat Media Online

Pada saat ini banyak sekali produk-produk makanan dengan tema Ramadhan bermunculan untuk dijual lewat social media, disamping tidak mengeluarkan biaya, promosi lewat social media bisa sangat efektif dan menjangkau banyak calon konsumen, saudara bisa memanfaatkan momen ini dengan cara efektif di pagi dan siang hari.

Pasalnya di saat berpuasa kegiatan internetan cukup tinggi, karena banyak masyarakat menghabiskan waktu senggangnya untuk browsing, membaca dan mencari berbagai informasi di internet, mengakses media sosial dan lain sebagainya.

 

Promosi di Event-Event Ramadhan

Ini bisa kalian lakukan jika kalian baru merintis usaha kecil dibidang kuliner, kalian bisa mengikuti event-event tersebut, tidak masalah jika harus mengeluarkan biaya lebih, karena sebagai gantinya kalian bisa mempromosikan produk makanan yang kalian jual, serta mencari calon konsumen yang mungkin suatu saat nanti menjadi pelanggan setia kalian. Baca juga artikel tentang “5 Peluang Usaha Rumahan Dengan Modal Kecil“.

Dengan beberapa tips di atas, jika saudara memahami dan menerapkannya dengan baik, maka bukanlah hal yang tidak mungkin jika penjualan saudara selama ramadhan akan meningkat. Agar usaha yang saudara jalankan selama ramadhan dapat memperoleh keuntungan dan keberkahan yang banyak, pastikan saudara tidak lupa untuk beramal, berzakat atau bersedekah, sebagai tanda rasa syukur atas segala rezeki yang dilimpahkan Allah SWT.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *