Keistimewaan 10 Hari Pertama di Bulan Ramadhan

Keistimewaan 10 Hari Pertama di Bulan Ramadhan

Bulan ramadhan merupakan bulan yang Istimewa bagi umat Muslim, termasuk jjuga pada 10 hari pertama di bulan ramadhan. 10 hari pertama menjadi hari yang cukup berat, sebab 10 hari tersebut merupakan hari untuk beradaptasi dengan puasa ramadhan. 

Meskipun 10 hari pertama dibulan ramadhan tersebut merupakan hari yang berat namun ada banyak keistimewaan dari hari tersebut.

 

Keistimewaan 10 Hari Pertama Ramadhan

Ada beberapa keistimewaan pada 10 hari pertama bulan ramadhan yang perlu untuk kita ketahui.

 

1. Terbukanya pintu rahmat

10 hari pertama menjadi hari dimana Alah Allah SWT membuka pintu rahmat-Nya untuk setiap hamba yang melaksanakan ibadah yang mulia. Hal ini sebagaimana pernah disabdakan Rasulullah SAW dalam hadist sebagai berikut.

Dari Abu Hurairah, ia berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda: “Awal bulan Ramadhan adalah Rahmat, pertengahannya Maghfirah, dan akhirnya ‘Itqun Minan Nar (pembebasan dari api neraka).”

 

2. Mendapatkan berkah dan keberuntungan

Allah SWT selalu memberikan keberkahan dan keberuntungan bagi hamba-Nya yang menjalankan puasa dan ibadah-ibadah lainnya selama 10 hari pertama bulan Ramadhan.

 

3. Memperbanyak amalan sunnah

10 hari pertama bulan Ramadhan menjadi waktu yang tepat untuk memperbanyak ibadah sunnah. Oleh karena itu luangkan waktu untuk sholat dhuha, sholat rawatib, sholat Tarawih dan membaca Al-Quran.

 

4. Melatih diri untuk sholat berjamaah

Amalan yang dianjurkan untuk dilaksanakan terutama bulan Ramadhan adalah lebih rajin untuk melaksanakan sholat berjamaah baik di Masjid maupun Musholla. Sholat berjamaah digunakan sebagai momentum untuk bersilaturahmi dan menjaga hubungan baik antar sesama muslim. 

 

5. Memperbanyak dzikir

Pada bulan Ramadhan, umat muslim dianjurkan untuk selalu berdzikir kepada Allah SWT dimana dan kapan pun. Barangsiapa yang ingin selalu dekat dengan Allah SWT maka perbanyak berdzikir.

 

6. Waktu yang mustajab untuk berdoa

10 hari pertama bulan Ramadhan adalah waktu yang tepat untuk berdoa kepada Allah SWT. Waktu yang mustajab untuk berdoa adalah saat berpuasa, waktu sahur, saat adzan berkumandang dan malam Lailatul Qadar.

 

Amalan di 10 hari pertama ramadhan

1. Membaca Al Quran 

Disunnahkan bagi orang yang sedang berpuasa, khususnya puasa Ramadhan, untuk memperbanyak membaca Al-Quran. Dasarnya adalah hadits shahih berikut ini : Jibril alaihissalam mendatangi Rasulullah SAW pada tiap malam bulan Ramadhan dan mengajarkannya Al-Quran. (HR. Bukhari dan Muslim) 

 

2. Menyibukkan diri dengan ilmu dan tilawah

Disunnahkan untuk memperbanyak mendalami ilmu serta membaca Al-Quran, shalawat pada Nabi dan zikir-zikir baik pada siang hari atau malam hari puasa, tergantung luangnya waktu untuk melakukannya. Dasarnya adalah hadits shahih berikut ini: Jibril as. mendatangi Rasulullah SAW pada tiap malam bulan Ramadhan dan mengajarkannya Al-Qur’an.(HR Bukhari dan Muslim). 

 

3. Shalat Tarawih, Witir, Tahajud 

Selain ibadah di atas, tentunya yang sangat penting dan jangan sampai terlewat adalah shalat tarawih, tahajjud, witir dan lainnya. Hadits sholat sunnah di malam Bulan Ramadhan ini disebutkan dalam hadits berikut: Dari Abu Hurairah Radhiyallahu anhu beliau berkata: sesungguhnya Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda: Barangsiapa yang mendirikan bulan Ramadhan (shalat tarawih) karena iman dan mengharap ridha Allah, maka diampuni dosadosanya yang telah lalu. (HR.al-Bukhari & Muslim).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *