5 Tips Agar Tetap Bugar saat Puasa Selama di Rumah Saja

5 Tips Agar Tetap Bugar saat Puasa Selama di Rumah Saja

Ada banyak perubahan pola hidup yang terjadi saat bulan puasa, mulai dari pola tidur, aktivitas sehari hari, makan dan hal hal lainnya. Meskipun berbagai aktivitas hampir semuanya dilakukan di rumah saja, namun sebagai ibu rumah tangga penting untuk memastikan setiap anggota keluarga dapat menjaga kebugaran tubuh selama bulan puasa. Agar selalu fit dan sehat, yuk intip tips sehat saat di rumah.

 

Tips puasa sehat selama di rumah saja

Semua orang berharap agar ibadah puasa dapat berjalan dengan lancar hingga menjelang akhir ramadhan. Ada banyak manfaat dari menjalankan ibadah puasa yakni mengurangi reaksi inflamasi atau peradangan. Manfaat dari puasa bisa didapatkan secara optimal ketika Anda dapat menerapkan pola hidup sehat selama bulan puasa. Berikut beberapa tips yang dapat diterapkan agar tetap sehat selama berpuasa.

 

1. Minum 8 gelas air mineral

Salah satu tantangan yang harus dihadapi saat menjalankan ibadah puasa adalah dehidrasi. Maka dari itu, untuk menghindari dehidrasi sebaiknya saudara memenuhi kebutuhan mineral dalam tubuh. Menurut pakar ahli kesehatan, konsumsi air yang baik dalam satu ari adalah sebanyak delapan gelas.

 

2. Makan buah yang mengandung air

Untuk memenuhi asupan mineral dalam tubuh, selain mengkonsumsi air yang cukup, saudara juga dapat mengkonsumsi buah dengan kandungan air yang lebih banyak seperti buah semangka, persik, jeruk dan lain lain. 

Selain dapat memenuhi kebutuhan mineral, mengkonsumsi buah juga dapat memenuhi asupan vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh saat berpuasa seperti misalnya buah jeruk yang kaya vitamin C meningkatkan daya tahan tubuh Ibu dan keluarga selama menjalankan puasa di rumah.

 

3. Konsumsi kurma saat berbuka puasa

Kurma adalah salah satu buah yang dianjurkan untuk dikonsumsi saat berpuasa. Di balik rasanya yang manis, kurma memiliki banyak kandungan yang akan dibutuhkan oleh tubuh dalam menjaga kesehatan tubuh.

manfaat dari mengkonsumsi buah kurma 

  1. Mencukupi Kebutuhan Gizi dan Kalori
  2. Melancarkan Sistem Pencernaan
  3. Mencegah Penyakit Kronis
  4. Membantu Melancarkan Proses Persalinan Normal
  5. Menstabilkan Gula Darah dan Pengganti Gula yang Lebih Sehat
  6. Mengganti Elektrolit Tubuh yang Hilang

 

4. Olahraga

Berpuasa bukanlah alasan untuk tidak berolahraga, sebab olahraga adalah suatu hal yang penting dilakukan dalam upaya menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Agar olahraga tidak menjadi suatu kendala saat berpuasa, saudara dapat melakukan puasa dengan gerakan ringan seperti misalnya joging, jalan santai, bersepeda dan lain sebagainya.

 

5. Cukup tidur

Selain menerapkan cara-cara yang disebutkan di atas, lengkapi tips puasa sehat Ibu dan keluarga dengan cukup tidur. Setidaknya orang dewasa perlu memenuhi 8 jam waktu tidur setiap malamnya. Sistem imun dapat bekerja dengan baik ketika cukup tidur.

Berdasarkan jurnal Sleep tahun 2010, kurang tidur bisa mempengaruhi emosi dan suasana hati seseorang yang dapat diidentifikasi melalui ekspresi wajah. Suasana hati bisa memberikan dampak signifikan terhadap kegiatan harian. Pastinya butuh suasana hati dan konsentrasi yang baik dalam menyelesaikan tugas-tugas harian.

Maka dari itu, selama berpuasa, pastikan saudara dapat mengatur pola tidur yang cukup. Usahakan saudara tidur lebih awal untuk menggantikan waktu tidur yang berkurang ketika saudara harus bangun sahur.

Itulah beberapa tips agar tetap bugar selama berpuasa. Semoga tips dari kami dapat bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *