Amalan Puasa Ramadhan Untuk Menambah Pahala

Amalan Puasa Ramadhan Untuk Menambah Pahala

Bulan ramadhan merupakan bulan yang ditunggu tunggu oleh umat Muslim. Pasalnya, bulan ramadhan merupakan bulan yang penuh dengan kebaikan. Di bulan ramadhan, seluruh umat Muslim di dunia akan meningkatkan kualitas ibadah dan ketakwaannya kepada Allah SWT.

Tidak hanya itu, di bulan Ramadhan juga umat muslim akan memperbanyak amal kebaikan antar sesama, sebagai upaya meningkatkan amal kebaikan mereka. Barang siapa yang meningkatkan amal kebaikan di bulan ramadhan, niscaya akan memperoleh pahala yang berlipat ganda, dan hal tersebut telah disampaikan pada hadis yang berbunyi

“Barang siapa yang pada bulan itu mendekatkan diri kepada Allah dengan suatu kebaikan, nilainya seperti orang yang melakukan perbuatan yang diwajibkan pada bulan lainnya. Dan, barang siapa yang melakukan suatu kewajiban pada bulan itu, nilainya sama dengan 70 kali lipat dari kewajiban yang dilakukannya pada bulan lainnya. Keutamaan sedekah adalah sedekah pada bulan Ramadan.” (HR. Bukhari-Muslim).”

Meski singkat, namun setiap amalan yang dilakukan selama bulan Ramadhan tersebut akan mendatangkan pahala yang melimpah. Umat muslim seolah berlomba-lomba meningkatkan amalan ibadah di bulan suci nan istimewa ini.

 

Amalan Puasa Ramadhan Untuk Menambah Pahala

Ada Beberapa amalan yang dianjurkan untuk dilaksanakan selama bulan ramadhan yang akan menjadi sumber pahala yang berlimpah. Apa saja amalan tersebut.? berikut beberapa diantaranya.\

 

1. Tadarus Alquran

Amalan ibadah dibulan Ramadhan selain puasa yang dianjurkan untuk dilaksanaka tadarus atau membaca alquran dan mengkhatamkannya. Allah akan melipat gandakan pahalanya bagi siapa saja yang membaca Al-Quran di bulan Ramadhan, terlebih lagi jika membaca sampai khatam.

 

2. Perbanyak sedekah

Sedekah merupakan amalan yang memiliki cukup banyak keutamaan dan bahkan pahala yang diperoleh saat bersedekah sangat banyak, apalagi jika hal tersebut dapat dilaksanakan selama bulan ramadhan.

”Dari Anas RA, sahabat bertanya, ‘Wahai Rasulullah, sedekah apa yang paling utama?’ Rasulullah SAW menjawab, ‘Sedekah di bulan Ramadhan”

Oleh karena itu, sebagai umat muslim sudah semestinya untuk mengikuti ajaran Rasulullah dengan perbanyak sedekah, khususnya dibulan suci ini. 

 

3. Rutin Ibadah Tarawih

Ibadah tarawih merupakan ibadah sunnah yang dapat dilaksanakan selama bulan Ramadhan. Amalan ini menjadi alah satu amalan ramadhan yang memiliki pahala yang berlipat lipat. Oleh karena itu, umat muslim hendaknya menjalankan ibadah Tarawih selama Ramadhan, kecuali bagi mereka yang berhalangan, seperti haid, nifas, maupun sakit.

 

4. I’tikaf dan Dzikir

I’tikaf (mendekatkan diri pada Allah  SWT) juga salah satu amalan yang bisa dilakukan di bulan Ramadhan. Umumnya, I’tikaf dilakukan di masjid. 

 

5 Amalan Isra Miraj dari Puasa Rajab, Istigfar hingga Dzikir

“Rasulullah SAW selalu beritikaf pada sepuluh hari yang penghabisan di bulan Ramadhan.”

Selain i’tikaf, dzikir juga jadi salah satu amalan yang memiliki pahala berlipat-lipat bagi yang menjalakannya di bulan di Ramadhan. Maka dari itu, hendaknya perbanyak i’tikaf dan dzikir selama bulan Ramadhan.

Nah itulah beberapa malan yang  dapat dilaksnaakan selama bulan ramadhan yang  sekaligus dapat menjadi sumber pahala yang berlipat ganda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *