Kegiatan yang Bisa Kurangi Pahala Puasa

Kegiatan yang Bisa Kurangi Pahala Puasa

Puasa merupakan salah satu bentuk ibadah umat Muslim. Puasa sendiri tidak hanya dilakukan saat bulan ramadhan saja namun puasa juga menjadi amal ibadah yang dapat dilakukan di bulan bulan atau harinya kecuali di hari yang diharamkan untuk berpuasa seperti ketika idul fitri dan idul adha.

 

Kegiatan yang mengurangi pahala puasa

Pada dasarnya puasa merupakan ibadah yang dilakukan dengan cara menahan lapar dan haus. Namun selain dari itu, ada banyak hal yang patut dihindari agar pahala dari puasa tidak berkurang. berikut beberapa kegiatan yang dapat mengurangi pahala dari ibadah puasa.

 

Marah

Marah adalah salah satu hal yang dapat merusak amal pahala dari ibadah puasa. Artinya, jika kita marah marah ketika berpuasa maka pahala yang akan diperoleh menjadi berkurang. Rasulullah SAW mengajarkan bahwa orang yang berpuasa hendaklah memiliki sifat lemah lembut dan berusaha menahan marah, juga tidak sampai bertengkar dengan lainnya.

 

Berbicara kotor

Ketika marah, seseorang mungkin juga melontarkan kata-kata kotor. Hal ini juga bisa mengurangi pahala puasa. Ini karena Rasulullah mengajarkan untuk tidak berkata kasar dan bertindak bodoh ketika sedang berpuasa. Ini sesuai dengan hadis yang berbunyi:

“Jika salah seorang dari kalian sedang berpuasa, maka janganlah berkata-kata kotor, dan jangan pula bertindak bodoh. Jika ada seseorang yang mencelanya atau mengganggunya, hendaklah mengucapkan: sesungguhnya aku sedang berpuasa.” (HR. Bukhari no. 1904 dan Muslim no. 1151)

 

Berbohong

Kegiatan yang mengurangi pahala puasa selanjutnya adalah berbohong. Bohong atau dusta merupakan salah satu perbuatan yang dibenci Allah. Berbohong sangat merugikan baik bagi diri sendiri maupun orang lain. Karena itulah perbuatan berbohong juga akan mendapatkan banyak dosa. Allah tidak menghendaki puasa yang dilakukan oleh orang yang berbohong. Ini sesuai dengan hadis yang berbunyi:

“Barangsiapa yang tidak meninggalkan perkataan dusta, maka Allah tidak butuh dari rasa lapar dan haus yang dia tahan,” (H.R. Bukhari).

 

Tidur sepanjang hari

Dalam islam tidur juga merupakan salah satu bentuk ibadah, namun jika tidur secara berlebihan maka amal pahala yang akan didapatkan ketika berpuasa akan menjadi berkurang. Tidur secara berlebihan saat berpuasa juga dapat membuat kita melewatkan waktu ibadah wajib sehingga pahala yang akan diperoleh menjadi berkurang. 

 

Tidak menjaga diri dari syahwat

Berpuasa juga sama saja menahan hawa nafsu dari syahwat. Orang yang berpuasa tapi justru mendekati syahwat, akan berkurang keberkahannya. 

 

Bergosip

Wahai orang-orang yang beriman! Jauhilah banyak dari prasangka, sesungguhnya sebagian prasangka itu dosa dan janganlah kamu mencari-cari kesalahan orang lain dan janganlah ada di antara kamu yang menggunjing sebagian yang lain. Apakah ada di antara kamu yang suka memakan daging saudaranya yang sudah mati? Tentu kamu merasa jijik. Dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Penerima tobat, Maha Penyayang. (QS Al-Hujurat).

 

Adu domba dan fitnah

Adu domba dan fitnah juga termasuk perbuatan yang tercela. Dalam surat Al-Baqarah ayat 191, Allah dengan tegas menyebutkan bahwa fitnah lebih kejam daripada pembunuhan. Fitnah termasuk pemicu kebencian. Melakukan adu domba dan fitah di bulan Ramadhan hanya membuat ibadah yang dilakukan sia-sia. Rasulullah bahkan menjamin orang yang melakukan adu domba tidak akan masuk surga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *