Apa Saja Hal Hal yang Disunahkan dalam Menyembelih Binatang?

Apa Saja Hal Hal yang Disunahkan dalam Menyembelih Binatang?

Selain melaksanakan shalat Idul Adha secara berjamaah, 10 Dzulhijjah juga identik dengan perayaan menyembelih hewan ternak atau yang biasa disebut dengan ibadah Qurban. Dalam pelaksanaan qurban sendiri terdapat sejumlah sunnah yang dianjurkan untuk dapat menambahkan derajat pahala sang penyembelih dan orang yang berkurban. 

 

Apa Saja Hal Hal yang Disunahkan dalam Menyembelih Hewan Qurban.?

Dengan mengikuti syarat wajib dalam menyembelih hewan qurban akan memberikan kita pahala sebagaimana yang telah menjadi keutamaan dari qurban itu sendiri. namun apabila kita dapat melaksanakan sunnah yang dianjurkan, maka kita akan dapat memperoleh pahala lebih atas sunnah tersebut, berikut beberapa sunnah yang dianjurkan ketika menyembelih hewan qurabn.

 

Membaca basmalah

Dalam mazhab Syafi’iyyah, membaca basmalah adalah sunnah, bukan wajib. Kecuali ada beberapa mazhab yang mewajibkannya. Dengan mengucapkan, bismillâhirrohmânirrahîmt dan dilanjut dengan takbir. Dan ulama mazhab Syafi’iyyah mensunnahkan sang penyembelih untuk membaca shalawat.

 

Menyembelih pada siang hari

Dalam pandangan ulama mazhab Hanafi, menyembelih hewan kurban pada malam hari dihukumi makruh tanzih. Hal tersebut dikhawatirkan akan terjadi kesalahan saat menyembelih.

 

Menghadap kiblat

Bagi penyembelih dan hewan sembelihannya. Kiblat menjadi arah yang paling mulia, sedangkan berkurban juga adalah ibadah. Hal ini juga dilakukan oleh Nabi dan para sahabat saat menyembelih hewan kurban. Jika tidak menghadap kiblat dan menghadapkan hewan kurban ke kiblat karena lupa dan halangan, hal itu tidak berdosa.

 

Membaringkan hewan sembelihan

Cara yang disunnahkan adalah membaringkan hewan dengan posisi tubuh bagian kirinya di bawah. Sehingga yang berhadapan dengan sang penyembelih adalah leher sebelah kanan. Dan makruh hukumnya menyembelih hewan kurban dengan proses yang sulit dan menyiksa.

 

Membedakan penyembelihan unta dan hewan lainnya

Ada perbedaan antara proses penyembelihan unta dengan hewan kurban lainnya. Penyembelihan unta adalah dengan tidak membaringkannya, tapi dengan mendudukkan posisinya dan menekukkan kaki kiri lalu menusuk lehernya dari bawah. Sedangkan untuk sapi dan kambing adalah dengan membaringkan tubuhnya dan posisi perut sebelah kirinya di bawah.

 

Memutus urat nadinya secara keseluruhan dan mempercepat penyembelihan

Hal ini dilakukan agar tidak menyiksa hewan sembelihan. Dan makruh hukumnya memutus urat nadi hanya sebagian.

 

Menajamkan pisau

Sebelum proses penyembelihan pastikan pisau untuk menyembelih dalam kondisi tajam. Tentu pisau yang tumpul akan mempersulit proses penyembelihan dan menyiksa hewan. Berdasarkan hadis Nabi Muhammad:

Artinya: Dari Abu Ya’la, Syaddad bin Aus radhiyallahu ‘anhu, dari Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa Sallam beliau telah bersabda : “ Sesungguhnya Allah mewajibkan berlaku baik pada segala hal, maka jika kamu membunuh hendaklah membunuh dengan cara yang baik dan jika kamu menyembelih maka sembelihlah dengan cara yang baik dan hendaklah menajamkan pisau dan menyenangkan hewan yang disembelihnya”. (HR. Muslim)

 

Bersikap lembut dengan hewan

Dilarang untuk memperlakukan hewan dengan kasar karena itu akan menambah rasa sakit hewan saat disembelih. Karena hewan pun adalah makhluk Allah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *