Keistimewaan Idul Fitri

Keistimewaan Idul Fitri

Idul Fitri merupakan hari besar bagi Umat Muslim. Idul Fitri sendiri dirayakan selepas bulan suci Ramadhan yang dimana sebelumnya umat Muslim telah menunaikan ibadah puasa sebulan lamanya. Hari Raya Idul Fitri menjadi momen momen yang ditunggu tunggu oleh umat Muslim yang dimana di hari Raya Idul Fitri biasanya para umat Muslim akan saling mengunjungi antar satu sama lain untuk saling bermaaf maafan.

 

Keistimewaan Idul Fitri

Sebagai hari raya Besar Umat Muslim, hari Raya Idul Fitri memiliki banyak keistimewaan dibandingkan dengan hari hari lainnya dan berikut beberapa keistimewaan dari hari raya Idul Fitri

 

1. Membawa kebahagiaan dan kegembiraan.

Dalam Alquran surat Yunus ayat 58, Allah berfirman:

قُلْ بِفَضْلِ اللّٰهِ وَبِرَحْمَتِهٖ فَبِذٰلِكَ فَلْيَفْرَحُوْاۗ هُوَ خَيْرٌ مِّمَّا يَجْمَعُوْنَ

  1. Katakanlah (Muhammad), “Dengan karunia Allah dan rahmat-Nya, hendaklah dengan itu mereka bergembira. Itu lebih baik daripada apa yang mereka kumpulkan.”

Hari Raya Idul Fitri merupakan hari Besar Umat Muslim di seluruh dunia berbahagia dan bergembira, sebab di hari tersebut mereka telah berhasil menyempurnakan ibadah dan pahala dari Puasa di bulan Suci Ramadhan.

 

2. Merupakan hari yang baik.

Dalam sebuah hadits, Rasulullah bersabda:

“Allah telah memberi ganti bagi kalian dua hari yang jauh lebih baik, yaitu Idul Fitri dan Idul Adha.” (HR. Ab Daud dan An-Nasa’i dengan sanad hasan)

Hadits tersebut menjelaskan bahwa Idul Fitri merupakan hari yang lebih baik dari pada hari-hari lainnya.

 

3. Hari kembali berbuka.

Idul Fitri merupakan hari untuk berbuka. Hal tersebut didasari atas arti dari kata Id dan kata fitri. “Id” adalah kata yang berasal dari kata aada – Yauudu yang memiliki arti kembali, sementara fitri diartikan sebagai kata buka puasa atau diperbolehkan makan sebagaimana sebelumnya.

Dari Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu, ia berkata:

“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam tidaklah keluar pada hari Idul Fitri (ke tempat shalat) sampai beliau makan beberapa kurma terlebih dahulu. Beliau memakannya dengan jumlah yang ganjil.” (HR. Bukhari)

 

4. Kembali suci.

Keistimewaan selanjutnya, Idul Fitri adalah kembali suci. Hal tersebut berkaitan dengan kata “fitri” yang berarti suci dan bersih dari segala dosa dosa.Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah bersabda:

“Barangsiapa berpuasa Ramadhan atas dasar iman dan mengharap pahala dari Allah, maka dosanya yang telah lalu akan diampuni.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda,

“Barangsiapa mendirikan shalat malam di bulan Ramadhan karena iman dan mengharap pahala dari Allah, niscaya diampuni dosa-dosanya yang telah lalu.” (HR. Bukhari dan Muslim)

 

5. Merupakan hari pembagian hadiah.

Idul Fitri merupakan hari pembagian hadiah. Pembagian hadiah ini artinya umat Islam yang telah satu bulan berpuasa serta mengerjakan amalan shaleh karena Allah maka akan memperoleh hadiah berupa ganjaran atau pahala atas ibadah yang telah ia kerjakan.

Nah itulah beberapa keistimewaan dari hari raya Idul Fitri bagi umat Muslim. Demikianlah pembahasan artikel kali ini dan semoga dapat bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *