Ajarkan Sejak Dini Cara Mengelola Uang Pada Anak

Ajarkan Sejak Dini Cara Mengelola Uang Pada Anak

Meskipun sekolah merupakan tempat untuk mendidik anak terkait pengetahuan umum, namun tidak dapat dipungkiri bahwa lingkungan keluarga memiliki pengaruh yang cukup penting dalam membentuk karakteristik dari seorang anak, maka dari itu sebagai orang tua, penting halnya untuk mendidik dan mengajarkan anak dalam suatu hal yang penting bagi masa depan mereka

 

Ajarkan Sejak Dini Cara Mengelola Uang Pada Anak

Salah satu hal yang perlu untuk diajarkan kepada anak adalah bagaimana cara mengelola uang dengan baik. Seperti yang kita ketahui, mengelola uang dengan baik adalah salah satu hal yang harus dikuasai sebagai kunci untuk menjadi orang yang sukses.

Sebagai orang tua, pastinya saudara juga ingin melihat si kecil nantinya tumbuh menjadi orang yang sukses, maka dari itu ajarkan anak sejak dini untuk mengatur keuangan dengan baik.

Ada beberapa cara yang dapat saudara lakukan untuk mendidik dan mengajarkan anak untuk mengelolah uang yang salah satunya adalah

 

1. Beri tahu dari mana uang berasal

menjelaskan kepada anak terkait dari mana uang berasal adalah suatu hal dasar yang dapat saudara lakukan untuk mendidik anak agar pandai mengelola uang. Sebagian banyak anak pastinya hanya tau bahwa uang itu berasal dari bank, presiden dan juga dari orang kaya.

Maka dari itu, saudara bisa memulainya dengan bertanya kepada mereka dari mana uang berasal. Ketika mereka menjawabkan hal tersebut maka disitulah saudara memberikan pemahaman yang benar kepada mereka.

Beri tahu kepada mereka bahwa mereka tidak akan mampu mendapatkan uang dengan cuma cuma tanpa bekerja. Dalam hal ini, saudara bisa mengajarkan kepada si kecil untuk bekerja sebagai cara untuk menghasilkan uang, misalnya ajak mereka untuk membersihkan rumah, membantu di dapur dan lain sebagainya. dengan begitu, pastinya secara perlahan mereka akan mengerti bahwa melakukan pekerjaan akan menghasilkan uang.

 

2. Buat permainan jual beli

Agar belajar menjadi lebih seru, saudara bisa melakukannya dengan cara mengajaknya bermain. Ajaklah mereka untuk melakukan permainan jual beli. Dalam permainan, saudara bisa memberikan uang dengan nominal tertentu. Ajaklah mereka berpura pura membeli barang yang dijual dalam permainan dengan harga yang bervariasi. Dalam hal ini, saudara bisa mengajarkan mereka terkait pecahan uang mulai dari uang yang digunakan hingga uang kembalian yang akan mereka peroleh dengan begitu, secara perlahan mereka akan mengerti terkait nilai dari sebuah uang. 

 

3. Buatkan tabungan khusus

Menyisihkan uang untuk ditabung sebenarnya sudah menjadi pelajaran yang kerap kali diterapkan pada anak sejak beberapa puluh tahun lalu, sehingga tidak heran jika cara ini sudah tidak terdengar asing lagi. Beli atau buatkan anak celengan sederhana yang terbuat dari botol, kaleng atau semacamnya.

Mintalah kepada anak untuk menyisihkan uang sedikit demi sedikit dari sisa uang jajan mereka. beri tahu kepada anak saudara, jika nanti celengannya penuh akan mendapatkan hadiah yang berupa barang atau mainan yang sangat mereka idam idamkan.

 

4. Kenalkan mana yang disebut kebutuhan dan keinginan

Anak Anda mungkin sering minta belikan mainan atau sepeda baru, atau hal-hal lain yang diinginkan. Kenalkan padanya mana yang disebut kebutuhan yang harus dibeli dan mana yang merupakan keinginan.

Saudara dapat mengatakan kepadanya bahwa kebutuhan adalah sesuatu yang harus dimiliki untuk bertahan hidup, seperti makanan, air, dan tempat tinggal. Jelaskan juga bahwa keinginan adalah sesuatu yang ingin ia miliki.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *