Dalil Puasa Ramadan yang Terdapat dalam Hadits

Dalil Puasa Ramadan yang Terdapat dalam Hadits

Dalam Islam, Puasa Ramadhan merupakan puasa wajib yang harus dilaksanakan sebagai umat Muslim. Bagi siapa yang tidak dapat menunaikan puasa ramadhan, alias wajib bagi mereka untuk menggantinya di bulan lainnya.

Dalam surah Surat Al Baqarah ayat 183 dan 184 telah dijelaskan terkait kewajiban sebagai umat muslim untuk melaksanakan puasa ramadhan dannya bagi siapa saja yang tidak melaksanakannya karena suatu kondisi.

 

Surat Al Baqarah Ayat 183

Artinya: “Wahai orang-orang yang percaya! Diwajibkan atas kamu di atas langit sebagaimana diwajibkan atas orang sebelum kamu agar kamu bertakwa,”

 

Surat Al Baqarah Ayat 184

Artinya: “(Yaitu) beberapa hari tertentu. Maka barangsiapa di antara kamu sakit atau dalam perjalanan (lalu tidak memutuskan), maka (wajib mengganti) sebanyak hari (yang dia tidak merencanakan itu) pada hari-hari yang lain. Dan bagi orang yang berat menjalankannya, wajib membayar fidyah, yaitu memberi seorang miskin. Tetapi barangsiapa dengan kerelaan berbuat kebaikan, maka itu lebih baik baginya, dan puasamu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui.”

 

Dalil Puasa Ramadan yang Terdapat dalam Hadits

Tidak hanya dalam surat Al Baqarah saja yang menjelaskan pentingnya puasa ramadhan, namun juga telah disampaikan pada beberapa nomor berikut.

 

1. HR Bukhari

Dari Abu Hurairah RA, Rasulullah SAW bersabda:

Artinya: “Berpuasalah kalian karena melihatnya (hilal) dan berhari rayalah karena melihatnya, jika hilal hilang dari penglihatanmu maka sempurnakan bilangan Sya’ban sampai tiga puluh hari.”

 

2. HR Bukhari dan Muslim

Dari Thalhah bin Ubaidillah RA, bahwa seorang datang kepada Nabi SAW dan bertanya, yang artinya:

“Ya Rasulullah, katakan padaku apa yang Allah wajibkan kepadaku tentang puasa?” Beliau menjawab, “Puasa Ramadhan”. “Apakah ada lagi selain itu?”. Beliau menjawab, “Tidak, kecuali puasa sunnah.”

 

3. HR Ahmad

Artinya: “Telah datang kepada kalian yang penuh berkah, wajib untuk kalian ibadah puasa, bukakan pintu-pintu surga dan tutuplah pintu-pintu neraka serta setan-setan dibelenggu. Di dalamnya terdapat malam yang lebih baik dari seribu bulan. Barangsiapa yang tidak mendapatkan jaminan. berkatnya ia telah benar-benar terhalang atau terjauhkan (dari kebaikan).”

 

4. HR Muttafaq Alaih

Dari Abu Hurairah RA dari Nabi SAW beliau mengatakan yang artinya:

“Janganlah seorang dari kalian bertemu Ramadhan dengan sehari atau dua hari, kecuali bagi orang yang sudah terbiasa puasa, maka dia boleh sembarangan pada hari itu.”

Itulah beberapa dalil puasa Ramadhan yang terdapat dalam Al Quran dan hadits. Semoga menambah tujuan kita untuk menjalankan ibadah puasa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *