Cara Mendidik Anak di Era ‘Normal Baru

Cara Mendidik Anak di Era ‘Normal Baru

Mendidik anak di zaman milenial rasanya lebih sulit dibandingkan dengan pola asuh orang tua jaman dulu. Pasalnya anak anak jaman sekarang tumbuh di tengah perkembangan teknologi yang memudahkan kita dalam mengakses berbagai macam informasi.

Di sinilah peran sebagai orang tua dibutuhkan untuk membentengi anak agar jauh dari pengaruh negatif teknologi, yang meskipun ada sejumlah manfaat yang akan diperolehnya. Sebagai orang tua, saudara perlu menjadi pakar dari teknologi dalam upaya mendidik anak di era digital seperti saat ini. Berdasarkan sejumlah pendapat para pakar psikolog, yang dibutuhkan oleh anak anak dalam proses tumbuh kembang mereka adalah kehadiran dan peran orang tua yang senantiasa mendampingi mereka setiap apapun yang akan mereka lakukan.

 

Cara Mendidik Anak di Era ‘Normal Baru

Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa cara mendidik anak di era new normal berbeda dengan zaman dulu, maka saudara perlu menerapkan beberapa hal baru dalam mendidik anak. Berikut kami merangkum beberapa cara mendidik anak di era New Normal.

 

1. Komunikasi dua arah

Dibutuhkan komunikasi dua arah dalam mendidik anak di era new normal ini. Komunikasi dua arah artinya orang tua tidak hanya dapat melarang anak saja, melainkan sebagai orang tua juga mampu bersikap sebagai pendengar yang baik dan memberikan solusi atas segala permasalahan yang dihadapi oleh anak.

Komunikasilah secara terbuka tentang apa yang tidak boleh dilihat dan dilakukan oleh seorang anak, misalnya orang tua melarang anak menonton video dengan adegan dewasa. Jelaskan pula aturan yang bijak dalam penggunaan gadget.

 

2. Kembangkan bakat anak

Di tengah perkembangan teknologi yang semakin canggih sebenarnya ada banyak manfaat yang dapat kita peroleh dan mengajarkan kepada anak. Melalui gadget dan internet, proses belajar anak menjadi lebih variatif dan menyenangkan.

Manfaatkan tekhnologi untuk mengembangkan bakat anak, misalnya dengan mengajaknya menonton cara masak, membuat hasil karya seni dan lain lain. 

 

3. Monitor aktivitas anak

Batasi aktivitas anak bersama gadgetnya dengan waktu yang telah ditentukan dan disepakati berdua. Biarkan anak anak bermain dengan gadgetnya di waktu yang tidak mengganggu aktivitas penting lainnya misalnya waktu belajar dan semacamnya.

 

4. Beri contoh yang baik

Seorang anak akan lebih banyak belajar dari apa yang dilakukan oleh para orang tuanya, maka dari itu, berilah contoh yang baik kepada anak. Buatlah kesepakatan dengan pasangan agar tidak menggunakan atau memegang gadget di kala anak sedang membutuhkan perhatian orang tuanya. Perilaku tersebut membuat anak lebih mudah memahami aturan yang dibuat dan mencontoh apa yang dilakukan oleh orangtuanya.  

 

5. Ajak anak terapkan teknologi kehidupan sehari-hari

Si Kecil yang bertumbuh di era digital ini, sebaiknya memang dikenalkan pada kecanggihan teknologi sedini mungkin. Itu sebabnya saudara perlu memilih sekolah yang memberikan pembelajaran mengenai teknologi dengan pendampingan yang baik. 

Itulah beberapa hal dan cara yang perlu saudara perhatikan dalam mendidik anak di era new normal ini. Ingat, pemahaman teknologi Itulah beberapa hal dan cara yang perlu saudara perhatikan dalam mendidik anak di era new normal ini. Ingat, pemahaman teknologi terhadap anak itu penting, namun jangan pernah luput dari pengawasan orang tua, agar dampak negatif dari teknologi tidak menimpa anak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *