Apa Saja Hikmah dari Aqiqah?

Apa Saja Hikmah dari Aqiqah?

Aqiqah merupakan salah satu ibadah yang dianjurkan untuk dilaksanakan bagi setiap Muslim yang telah dikaruniai seorang bayi. Aqiqah menjadi salah satu bentuk tanda syukur bagi setiap keluarga yang telah memiliki anak dan di lain sisi Aqiqah juga menjadi salah satu cara berbagi kebahagiaan atas rezeki yang telah diberikan.

 

Dalil Aqiqah

Terdapat beberapa dalil aqiqah yang terdapat dalam hadist Rasulullah yang dikutip dari buku Aqiqah oleh Ahmad ibn Mahmud ad-Dib dan Anda Bertanya Ustadz Menjawab oleh Amirullah dan Hasbiyallah.

 

1. Cara Beraqiqah

“Bagi seorang anak ada aqiqahnya, maka tumpahkanlah atasnya darah (sembelih hewan) dan hilangkanlah atasnya kotoran dan najis.” (HR. al-Khamsah)

“Dahulu orang jahiliyah mengoleskan kain dengan darah aqiqah di kepala sang bayi. Lalu Rasulullah SAW memerintahkan untuk menggantinya dengan wewangian.” (HR. al-Baihaqi, sanad hasan)

“Rasulullah menyembelih hewan aqiqah untuk Hasan dan Husain dan beliau mengucapkan: dengan nama Allah. Ya Allah, untuk-Mu dan kepada-Mu aqiqah si Fulan.” (HR. al-Baihaqi) 

 

2. Waktu Pelaksanaan Aqiqah

“Aqiqah disembelih pada hari ketujuh, atau pada hari keempat belas, atau pada hari ke duapuluh satu.” (HR. Baihaqi)

 

3. Hewan Aqiqah

“Dua ekor kambing untuk anak laki-laki dan satu ekor kambing untuk anak wanita. Dan tidak ada masalah bagi kalian apakah kambing itu jantan atau betina.” (HR. Tirmidzi)

 

4. Sebab Pelaksanaan Aqiqah

“Setiap anak yang baru lahir tergadai dan ditebus dengan aqiqah pada hari ketujuh lalu dicukur rambutnya dan diberikan nama.” (HR. Abu Daud)

“Saya tidak suka perilaku membangkang kepada orang tua. Barangsiapa yang melahirkan seorang bayi dan ingin menunaikan ibadahnya, maka laksanakanlah, untuk anak laki-laki dua ekor kambing dan untuk anak perempuan satu ekor kambing.” (HR. al-Hakim)

“Bagi seorang anak itu ada ketentuan aqiqah, maka sembelihlah  hewan untuknya dan hilangkanlah penyakit darinya.” (HR. al-Bukhari)

 

5. Pembagian Daging Hewan Aqiqah

“Timbanglah rambut al-Husain, kemudian bersedekahlah dengan perak (seberat rambut yang ditimbang) dan berikanlah bagian kaki hewan aqiqah kepada wanita yang membantu proses kelahiran.” (HR. al-Baihaqi)

 

Hikmah  Aqiqah

Hikmah Aqiqah antara lain:

  1. Aqiqah merupakan suatu pengorbanan yang akan mendekatkan anak kepada Allah dimasa awal ia menghirup udara kehidupan.
  2. Sebagai pemberitahuan tentang garis keturunan dengan cara yang baik.
  3. Memupuk rasa kedermawanan dan menekan sikap pelit.
  4. Penyerahan si anak di jalan Allah.
  5. Dengan Aqiqah, gadai si bayi tertebus.

 

Waktu  Aqiqah

Waktu aqiqah yang diajurkan sesuai dengan hadits Rasulullah Shallallahu`alaihi Wa Sallam yaitu pada hari ke 7 dari kelahiran anak.

Boleh juga hari ke 14 atau hari ke 21 dari kelahiran anak. Tapi jika orang tua belum mampu untuk melaksanakan aqiqah di hari ke 7 atau 14 atau 21, maka tidak apa-apa aqiqah kapan saja sesuai dengan kemampuan orang tua. Aqiqahnya tetap SAH.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *