Tips Dalam Menjalani Hari dengan Lebih Bahagia di Ramadhan

Tips Dalam Menjalani Hari dengan Lebih Bahagia di Ramadhan

Bulan ramadhan merupakan bulan yang penuh berkah. Sudah sepatutnya kita sebagai Muslim menyambut datangnya bulan ramadhan dengan kebahagiaan sepenuh hati. Namun terkadang beberapa situasi dan kondisi membuat kita menjalani hari hari di bulan ramadhan kadang terasa membosankan. Nah agar hari hari di bulan ramadhan tidak terasa membosankan, berikut beberapa tips dari kami.

 

Tips Dalam Menjalani Hari dengan Lebih Bahagia di Ramadhan

Namun meskipun saat ini kita sedang berada di masa pandemi yang memicu berbagai macam masalah tentu ada sejumlah cara yang dapat saudara lakukan untuk menjalani hari dengan bahagia. Seperti apa caranya.? Berikut beberapa diantaranya.

 

1. Melatih mindset untuk bahagia.

Merasakan kebahagiaan adalah sebuah pilihan. Bahagia tidak ditentukan dengan apa yang kita miliki dan apa yang ada pada diri kita, namun bagaimana car akira bereaksi dan mengapresiasi terhadap semua itu.

Berdasarkan hasil sebuah survei bahwa seorang manula yang mengaku bahagia adalah menunggu kebahagiaan itu datang dengan sendirinya bukan hal yang efektif. Justru kita harus aktif dalam melakukannya untuk diri kita sendiri dengan berbagai cara seperti berpikir positif bahwa hari ini akan membahagiakan bagi diri kita.

 

2. Lakukan sesuatu untuk orang lain.

Terkadang rasa bahagia dapat datang ketika kita membuat orang lain merasa bahagia. Melakukan sesuatu seperti misalnya memberi bantuan kepada orang lain merupakan salah satu cara yang cukup ampuh dalam memperbaiki mood.

 

3. Menelepon teman.

Manusia adalah makhluk sosial, maka masa masa karantina di rumah jelas menjadi sebuah tantangan untuk diri sendiri. Dalam hal ini, merasa bosan dan jenuh akan pasti kita rasakan, apalagi bagi kita yang mungkin terbiasa dengan suasana di luar rumah.

Menelpon teman lama sambil mengenang kisah masa lalu bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk meningkatkan mood kita dalam menjalani kehidupan sehari hari. Berkomunikasi antar satu sama lain juga dapat memudahkan kita untuk memperoleh lebih banyak informasi yang mungkin saja saudara butuhkan.

 

4. Mencari kabar baik.

Ketika televisi dan berita di sosial media menampilkan berbagai hal yang negatif, tentu akan membuat saudara paranoid, mungkin ini saatnya untuk mencari berita berita yang membawa kabar baik yang akan membuat saudara merasa lebih baik. 

 

5. Bernostalgia ke hal yang menyenangkan.

Beberapa kisah dan suasana masa lalu mungkin meninggalkan memory yang mendalam dipikiran suadara. Cobalah untuk sejenak mengingat atau menulis bebragai hal bahagia yang pernah saudara lewati pada masa lampau. Mengingat hal-hal menyenangkan tersebut membantu kita menjalani hari dengan harapan yang lebih positif.

 

6. Biasakan bersyukur.

Membiasakan diri untuk selalu bersyukur merupakan salah satu cara yang dapat membuat kita merasa lebih baik. Ada berbagai riset yang menunjukan bahwa mengapresiasi hal-hal baik yang kita punya saat ini lebih bermanfaat dibanding fokus memikirkan hal-hal yang belum kita punya atau membandingkan diri dengan orang lain. 

 

7. Menggerakan tubuh.

Ungkapan “di dalam tubuh yang kuat terdapat jiwa yang sehat” memang benar adanya. Olahraga menggerakkan badan membantu tubuh kita memproduksi endorfin yang membuat kita lebih bahagia, mengurangi stress, dan memperbaiki mood. Untuk hasil yang lebih efektif, olahraga di luar ruangan pada pagi hari meningkatkan efek tersebut berkali lipat dan membuat kita jauh lebih semangat dan siap menjalani hari.

Itulah beberapa cara jitu yang dapat saudara lakukan untuk meningkatkan mood dan menciptakan sebuah kebahagiaan dalam menjalani aktivitas dan rutinitas sehari hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *