Amalan untuk Mencapai Berkah Ramadhan

Amalan untuk Mencapai Berkah Ramadhan

Bulan ramadhan merupakan bulan yang penuh berkah, dan menjadi bulan yang dinanti nantikan oleh umat Muslim di seluruh dunia.  Kemuliaan Ramadhan terlukis dalam sabda Nabi Muhammad, “Telah datang kepada kalian bulan Ramadhan, bulan yang diberkahi. Allah wajibkan puasa Ramadhan. Pintu langit dibuka, pintu neraka ditutup, setan dibelenggu. Di dalamnya (bulan Ramadhan) ada lailatulqadar,” (H.R Nasai).

 

Ibadah Pelengkap Berkah Ramadhan

Umur atau usia bukanlah suatu hal yang dapat diketahui. Tidak ada satupun manusia yang tahu kapan ajal akan menjemput, sebab hal tersebut merupakan rahasia Allah SWT. Mungkin di tahun ini kita dapat menikmati keberkahan bulan suci ramadhan, namun di tahun nanti kita tidak pernah tau. Maka marilah kita mengisi ramadhan tahun ini dengan amalan-amalan yang baik dan dianjurkan. Dengan demikian, berkah Ramadhan yang didapatkan pun semakin banyak. Nah, apa saja amalan baik yang bisa dilakukan?

 

Salat Tarawih

Nabi Muhammad bersabda, “Barang siapa beribadah di malam Ramadhan karena iman kepada Allah dan mengharap pahala, maka dihapus dosanya yang telah lampau,” (HR al-Bukhari). Salah satu bentuk ibadah pada malam Ramadhan adalah salat tarawih. Salat tarawih adalah salat sunah yang dilakukan hanya pada bulan Ramadhan.

Dalam bahasa Arab, “tarawih” adalah bentuk jama’ yang berarti waktu sesaat untuk beristirahat. Pelaksanaannya adalah setelah Isya dan biasanya dilakukan secara berjemaah di masjid. Ada beberapa cara mengerjakan salat tarawih, salah satunya menggunakan formasi dua kali empat rakaat dengan sekali salam tiap empat rakaat selesai.

 

Berzikir

Berzikir merupakan salah satu amalan yang dapat dilakukan pada bulan Ramadhan, terutama pada malam hari. Mendahulukan zikir kepada Allah SWT pada saat orang banyak tertidur pulas tentu merupakan hal yang dihargai. Berzikir berarti selalu mengingat Allah, mensyukuri nikmat-Nya, dan merendahkan diri di hadapan-Nya. Karena itu, melakukan amalan zikir akan berdampak pada hati yang lebih bersih.

 

Memberi Makanan Berbuka Puasa 

Kamu juga dapat melakukan amalan baik pada saat Ramadhan dengan cara memberi makanan berbuka pada orang yang sedang berpuasa. Bentuknya tidak perlu mewah atau mahal. Seteguk atau sebutir kurma pun diperbolehkan. Hal ini disabdakan Rasulullah, “Barang siapa yang memberi ifthar (untuk berbuka) orang-orang yang berpuasa maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tanpa dikurangi sedikit pun, “(Bukhari Muslim).

 

Bersedekah

Rasulullah SAW bersabda, “Sebaik-baik sedekah adalah sedekah yang dilakukan pada bulan Ramadhan,” (HR. Tirmidzi). Diriwayatkan dari Ibnu Abbas, “Rasulullah adalah orang yang paling dermawan, terutama pada saat bulan Ramadhan, ketika ditemui malaikat Jibril pada setiap malam bulan Ramadhan. Malaikat Jibril mengajaknya membaca dan mempelajari Alquran. Rasulullah lebih dermawan dalam kebaikan daripada angin yang berembus,” (Muttafaq ‘Alaih).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *