Langkah Nyata Mendidik Anak Hidup Sederhana

Langkah Nyata Mendidik Anak Hidup Sederhana

Langkah Nyata Mendidik Anak Hidup Sederhana, Keluarga yang memiliki pola hidup yang sederhana bukan berarti hidupnya serba kekurangan atau miskin, melainkan mereka hanya memenuhi kebutuhan hidup minimal dengan cara yang sederhana dan tidak menghambur hamburkan uang.

Tidak heran jika hidup pola hidup yang sederhana selalu mampu memenuhi kebutuhan kebutuhan lainnya dalam hidup. Pola kehidupan yang menjadi ciri khas akan dapat diamati. Misalnya, perilaku dan kebiasaan membeli sesuatu sesuai kebutuhan dan kemampuan ekonomi keluarga. Tidak dapat memenuhi kebutuhan hanya berdasar keinginan semata. Tidak memaksakan diri untuk memiliki sesuatu.

Mendidik Anak Hidup Sederhana

Pola kebiasaan hidup sederhana ini tentu harus diwarisi kepada anak cucu kita agar kelak mereka dapat membina dan membangun keluarga yang sederhana. Ada beberapa langkah dan cara yang dapat diambil sebagai orang tua dalam upaya mendidik anak untuk hidup sederhana. Berikut beberapa diantaranya.

1.Berhemat dan menabung

Mengajarkan anak untuk menyisihkan uang belanja adalah salah satu cara sederhana untuk membangun karakter anak yang sederhana. Cobalah saudara untuk meminta dan mengajarkan anak untuk terbiasa menabung dari sisa uang jajan mereka.

Memang terdengar sederhana, namun cara yang satu ini adalah cara yang paling akurat untuk mendidik anak menjadi sosok yang lebih menghargai uang dan menjadi sosok yang memiliki rencana yang matang untuk masa depannya nanti.

2.Menggunakan benda atau alat secara bijaksana

Mendidik anak agar dapat menghargai uang adalah satu cara terbaik untuk membentuk karakter anak agar tidak menghambur hamburkan uang, dan membeli sesuatu karena memang dibutuhkan bukan karena diinginkan. Jika ada barang yang masih dapat digunakan mengapa harus diganti dengan yang baru.? Jika hidup terlalu dihanyutkan dalam gengsi pasti penghasilan tidak akan pernah cukup.

3.Kreatif mencari alternatif pengganti

Menjadi alternatif pengganti merupakan satu hal yang tidak kalah penting untuk diajarkan kepada anak anak, misalnya contoh, ketika daging sapi memiliki harga beli yang cukup mahal, makan tidak adalah salahnya mengganti daging sapi dengan daging ayam yang harganya jauh lebih murah.

Begitu pula dalam membeli kebutuhan perangkat komunikasi. Jika belum bisa beli ponsel gadget yang lebih canggih dan mahal, mengapa tidak menggantinya dengan yang sederhana, tahan lama dan harga terjangkau? Dan tentu masih ada banyak contoh lain yang dapat diterapkan dan diajarkan ke dalam kehidupan anak.

4.Menyesuaikan keinginan dan kemampuan

Ini adalah suatu langkah nyata yang tidak kalah penting untuk ditambahkan dalam diri anak. Memiliki benda dan materi tentu perlu disesuaikan dengan kemampuan. Jika mengikuti keinginan tentu tidak akan ada habisnya.

Tidak jarang orang yang terhanyut dalam keinginan kerap kali memaksakan kehendaknya sehingga tidak jarang banyak orang rela berhutang hanya demi memenuhi kebutuhan yang sebenarnya tidaklah begitu penting.

5.Membedakan keinginan dan kebutuhan

Mendidik anak bersikap dan bertindak sederhana dalam keluarga dimulai dengan kemampuan dalam menelaah, membedakan antara keinginan dan kebutuhan. Mama yang dirasakan sebagai kebutuhan dan mana yang dirasakan sebagai keinginan semata.

Kedua hal ini mungkin akan terlihat samar perbedaan bagi seorang anak, namun sebagai orang tua, saudara masih bisa memberikan pemahaman dalam upaya membedakannya yaitu dengan fungsi dan manfaat hal tersebut dalam kehidupan sehari hari.

Itulah beberapa cara dan langkah yang saudara dapat ajarkan kepada anak sebagai upaya membentuk karakter anak agar menjadi soso orang yang gemar dengan kehidupan yang sederhana.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *