Cara Mengelola Kembali Keuangan Pribadi untuk Anak Kost

Cara Mengelola Kembali Keuangan Pribadi untuk Anak Kost

Cara Mengelola Kembali Keuangan Pribadi untuk Anak Kost, Masa masa menjadi anak kos adalah masa yang terberat bagi mereka yang tidak terbiasa melakukan semuanya sendiri. Namun karena adanya sebuah tujuan dan alasan membuat mereka mau tidak mau harus menjalani kehidupan sebagai anak kos. 

Ada banyak hal yang patut untuk dipertimbangakan dan perhitungan selama menjadi anak kos dan terutama masalah keuangan. Dalam usia remaja memang sangat sulit untuk mengatur keuangan, namun mau tidak mau sebagai anak kos harus mampu menjadi orang yang pandai dalam mengatur keuangan, agar kehidupan selalu berkecukupan.

Mengatur Keuangan Untuk Anak Kos

Meskipun sulit, mengatur keuangan keuangan sebagai anak kos bukanlah hal yang mustahil. Untuk memudahkan saudara dalam mengatur keuangan sebagai anak kos, berikut ini kita akan membagikan beberapa tips dan trik untuk saudara.

1.Membuat daftar belanja

Sebagai anak kos yang jauh dari orang tua, saudara bertanggung jawab penuh terhadap semua kebutuhan sehari hari. Ketika semua perlengkapan pribadi yang saudara butuhkan dalam penunjang hidup, tentu saudara harus belanja lagi.

Salah satu hal yang dapat menyebabkan anak kos menjadi boros adalah saat belanja. Maka dari itu, penting halnya untuk saudara membuat daftar belanja terlebih dahulu sebelum akan berangkat ke pusat perbelanjaan. Ketika daftar belanja telah siap, maka saudara harus konsisten untuk membeli segala sesuatu yang sesuai dengan daftar yang telah saudara siapkan.

2.Menabung

Menabung adalah satu hal yang wajib saudara lakukan sebagai anak kos. Dengan menabung, saudara dapat mempersiapkan dana jika sewaktu waktu keluarga tidak dapat mengirim uang tepat pada waktunya. Meskipun terdengar amat sulit, namun saudara wajib untuk melakukan hal yang satu ini.

3.Menjatah uang per hari

Menjatah uang per hari merupakan salah satu cara terbaik untuk mengontrol pengeluaran saudara setiap harinya. Dalam hal ini tentu saudara harus konsisten dan tidak mengganggu gugat uang yang menjadi jatah besok.

4.Hemat pemakaian pulsa

Apabila saudara menggunakan smartphone yang membutuhkan pulsa atau paket internet, maka belilah kuota terbesar yang disediakan oleh provider pilihan saudara. Selain dapat lebih hemat pemakaiannya, penggunaannya pun dapat menjadi lebih lama. Agar tidak terlalu boros, saudara harus membatasi setiap penggunaan pulsa atau kuota setiap harinya.

5. Kurangi kegiatan yang tak penting

Dalam upaya berhemat, sebisa mungkin hindari segala kegiatan yang tidak penting yang dapat berpotensi mengeluarkan biasa misalnya pergi ke mal, nongkrong, jalan jalan ke festival dan lain sebagainya. Memang refreshing itu penting, tetapi tundalah sampai kondisi keuangan benar benar bersahabat.

6. Banyak mencari teman

Mencari teman sangatlah perlu dilakukan untuk menambah relasi. Dengan memiliki banyak teman di sekeliling, tentu kamu tidak akan kesulitan mendapatkan bantuan saat saudara dilanda kesulitan.

7. Mulailah bekerja paruh waktu

Saat orang tua telat mengirim uang adalah saat-saat yang paling menyedihkan selama masa menjadi anak kos. Agar saudara tidak terlalu bergantung pada uang kiriman dari orang tua, saudara dapat mulai mencari pekerjaan paruh waktu. Meskipun waktu luang akan terkuras, tetapi saudara dapat memiliki uang hasil sendiri. Untuk menikmatinya pun saudara tidak akan merasa terbebani. Mulailah dengan pekerjaan yang ringan saja, misal menjaga toko, menjadi pelayan, bahkan jika kamu memiliki bakat menulis, saudara bisa bekerja menjadi penulis artikel untuk blogger di dunia maya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *