6 Tips Sehat Puasa Mulai dari Sahur Hingga Berbuka

6 Tips Sehat Puasa Mulai dari Sahur Hingga Berbuka

Bulan suci ramadhan menjadi bulan yang ditunggu tunggu bagi para umat Muslim. Pasalnya, di bulan suci ramadhan pahala dari amal kebaikan akan dilipat gandakan seperti yang Diriwayatkan dari jalur Abu Hurairah, Nabi saw., “Setiap amalan kebaikan anak Adam (manusia) akan dilipatgandakan dengan 10 kebaikan yang semisal hingga 700 kali lipat. 

“Allah Ta’ala berfirman ‘Kecuali amalan puasa. Amalan puasa tersebut adalah untuk-Ku. Aku sendiri yang akan membalasnya. Disebabkan dia telah meninggalkan syahwat dan makanan karena-Ku. Orang yang berpuasa akan mendapatkan dua kebahagiaan yaitu kebahagiaan ketika dia berbuka dan kebahagiaan ketika berjumpa dengan Rabbnya. Sungguh bau mulut orang yang berpuasa lebih harum di sisi Allah daripada bau minyak kasturi’.” (H.R. Bukhari)

 

Tips Sehat Puasa Mulai dari Sahur Hingga Berbuka

Menunaikan ibadah puasa saat bulan suci Ramadhan hukumnya adalah wajib bagi umat Muslim yang telah memasuki usia balig. Puasa artinya menahan lapar dan haus serta hawa nafsu dan berbagai macam hal lain yang dapat membatalkan ibadah puasa. Agar puasa dapat berjalan dengan baik, yuk simak tips sehat puasa mulai dari sahur hingga berbuka.

 

Makan dengan Porsi Cukup

Biasa seseorang akan cenderung rakus saat berbuka. Hal tersebut terjadi dikarenakan seharian menahan lapar dan haus tanpa mengkonsumsi apapun. Jika makan dan minum secara berlebihan saat berbuka akan berdampak pada sakit perut, kram amupun diare. Wajar wajar saja hal tersebut terjadi, sebab sistem pencernaan merasa terkejut dengan apa yang telah dikonsumsi setelah beristirahat selama satu hari penuh.

Untuk menghindari terjadinya hal tersebut, saudara dapat berbuka dengan mengkonsumsi makanan makanan ringan, air putih terlebih dahulu dan barulah dilanjutkan dengan mengkonsumsi makanan atau minuman yang cukup. Jangan lupa untuk menghindari makanan pedas dan asam saat berbuka, karena akan memicu naiknya asam lambung yang menyebabkan mual.

 

Batasi Makanan Manis

Apabila saudara memiliki hobby mengkonsumsi makanan atau minuman yang manis maka sebaiknya di saat puasa hal tersebut dibatasi, sebab saat berpuasa gula darah akan menjadi lebih stabil dibandingkan dengan orang yang tidak berpuasa. Jika makan makanan manis tidak dibatasi, maka gula darah akan melonjak dan berdampak pada kesehatan tubuh.

Tidak hanya itu saja, mengkonsumsi makanan atau minuman yang manis saat sahur akan membuat saudara cenderung merasa lemas di siang hari. Hal tersebut terjadi dikarenakan gula hanya memberikan banyak energi pada waktu berbuka hingga tengah malam. Jika sudah waktunya sahur dan berpuasa, saudara akan merasa sangat lemas, ngantuk, pusing, bahkan memiliki suasana hari yang cepat berubah.

 

Perbanyak Air Putih

Cuaca yang panas menjadi tantangan yang harus dihadapi bagi orang yang berpuasa untuk menahan haus. Apabila saudara kurang mengkonsumsi air putih, maka bisa saja saudara akan mengalami dehidrasi, kulit kering hingga gangguan pada ginjal. Untuk menghindari saudara mengalami masalah tersebut, sebaiknya konsumsilah air dalam jumlah yang cukup dengan menerapkan pola 2-2-2-2 yaitu 2 gelas saat berbuka, 2 gelas saat setelah tarawih, 2 gelas saat hendak tidur, serta 2 gelas saat sahur. 

 

Konsumsi Makanan Sehat

Cara puasa sehat selanjutnya adalah dengan mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang dengan buah dan sayuran. Buah dan sayur termasuk dalam kategori buah yang sehat, sebab buah dan sayur mengandung tinggi serat dan rendah kalori, sehingga mampu membuat saudara merasa kenyang lebih lama. Selain dari itu, buah dan sayur juga kaya akan vitamin yang akan sangat baik untuk meningkatkan kebugaran dan kesehatan tubuh.

 

Berolahraga

Puasa bukanlah alasan untuk tidak berolahraga. Saudara dapat berolahraga dengan melakukan gerakkan gerakkan ringan seperti misalnya yoga, joging, bersepeda dan lainnya. Berolahraga akan membuat tubuh terasa lebih sehat dan bugar. Agar olahraga tidak menguras cukup banyak tenaga yang akan mengganggu puasa, saudara dapat melakukan olahraga 30 menit sebelum waktu berbuka.

 

Tidur Cukup

Ketika berpuasa pola tidur seseorang akan mengalami perubahan sebab orang yang berpuasa harus bangun lebih awal untuk makan sahur. Maka dari itu, cobalah untuk tidur lebih awal agar waktu tidur saudara menjadi cukup. Tidur yang cukup dapat meningkatkan daya tahan tubuh, sehingga saudara akan terhindar dari sakit saat puasa, stres, suasana hati yang buruk, serta membantu otak agar lebih fokus. Tidur cukup juga bisa menjadi sumber tenaga untuk berpuasa. Usahakan untuk mendapatkan waktu tidur selama 6-8 jam per harinya untuk mendapatkan manfaat yang telah disebutkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *