5 Kegiatan Mengundang Pahala di Bulan Ramadan

5 Kegiatan Mengundang Pahala di Bulan Ramadan

Bulan ramadhan menjadi bulan yang penuh berkah. Bulan ramadhan merupakan  bulan yang istimewa bagi seorang Muslim. Selama bulan tersebut, amal kebaikan yang dilakukan akan  mendatangkan pahala yang berlipat ganda. Maka tidak heran jika selama bulan ramadhan umat Muslim akan berlomba lomba untuk meningkatkan kualitas ibadah mereka.

 

5 Kegiatan Mengundang Pahala di Bulan Ramadan

Setidaknya ada 5 amalan yang dapat dilakukan saat bulan ramadhan yang akan mendatangkan pahala yang berlipat ganda. Berikut beberapa diantaranya.

 

1. Perbanyak Bersedekah atau Beramal

Sedeklah merupakan satu amalan yang snagat mulia di mata Allah, apalagi jika amalan kebaikan ini dilakukan saat bulan ramadhan maka pahala yang akan diperoleh berlipat ganda. Ada banyak keutamaan dari bersedekah dan berikut beberaoa diantaranya.

Balas Surga

Sebagaimana Sabda Rasulullah SAW:

“Sesungguhnya di surga terdapat ruangan-ruangan yang bagian luarnya dapat dilihat dari dalam dan bagian dalamnya dapat dilihat dari luar. Allah menganugerahkannya kepada orang yang berkata, bersedekah makanan, baik, dan salat di kebanyakan manusia tidur.” (HR. At Tirmidzi no.1984, Ibnu Hibban di Al Majruhin 1/317, dihasankan Ibnu Hajar Al Asqalani di Hidayatur Ruwah, 2/47, dihasankan Al Albani di Shahih At Targhib, 946).

 

Keberkahan Rezeki

Memberi berkah pada harta adalah keutamaan sedekah 10 hari pertama di bulan Ramadhan. Rasulullah SAW bersabda: “Harta tidak akan berkurang dengan sedekah. Dan seorang hamba yang pemaaf pasti akan Allah tambahkan kewibawaan baginya,” (HR Muslim).

Ini pun terlepas bagi laki-laki ataupun perempuan yang bersedekah. Yaitu terdapat pada hadis berikut:

“Sesungguhnya orang-orang yang bersedekah baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah kredit yang baik,

Niscaya akan dilipatgandakan kepada mereka, dan bagi mereka pahala yang,” (QS Al-Hadid: 18).

 

2. Mengerjakan Sunah

Meskipun sunnah bukan amalan atau ibadah yang wajib namun mengerjakan sunnah dapat menjadi amalan penolong di hari kelak. Sunnah juga bisa menjadi ibadah yang akan melengkapi ibadah yang kurang dan hal tersebut tertuang dalam hadis berikut.

“Sesungguhnya perkara pertama kali yang dihisab pada hari-hari dari amal seorang hamba adalah shalat. Jika shalatnya baik, maka sungguh dia beruntung dan selamat. Jika shalatnya buruk, maka sungguh dia celaka dan rugi. Jika ada suatu kekurangan pada shalat wajibnya, Allah Ta’ala berfirman, “Periksalah, apakah hamba-Ku memiliki ibadah sunnah yang bisa menyempurnakan ibadah wajibnya yang kurang? ” Lalu setiap amal akan diperlakukan sama seperti itu.” (HR. Tirmidzi no. 413, An-Nasa’i no. 466, shahih)

 

3. Mencari Pengampunan

Bulan Ramadan merupakan salah satu sarana terbesar untuk memperkuat kadar keimanan setiap tahunnya. Saat ini merupakan waktu yang tepat untuk mencari pengampunan dari Allah SWT.

Selain itu, waktu ini merupakan waktu yang tepat pula untuk bermaaf-maafan dengan keluarga, saudara, dan teman terdekat.

 

4. Perbanyak Berzikir dan Berdoa

Sebagai bulan yang suci, segala amalan ibadah yang dilaksnakan saat ramadhan menjadi sumber pahala yang berlipat ganda. Memperbanyak doa dan dzikir juga bisa menjadi amal ibadah yang akan mendatangkan banyak pahala.

Dengan berdzikir akan membuat kita selalu mengingat kebesaran Allah SWT dan begitupula sebaliknya jika kita mengingat Allah maka Allah juga akan senantiasa mengingat kita. Hal tersebut sesuai dalam Al Baqarah ayat 152 yang berbunyi

“Maka ingatlah kepada-Ku, Aku pun akan ingat kepadamu. Bersyukurlah kepada-Ku dan janganlah kamu ingkar kepada-Ku.”

 

5. Mengkhatamkan Alquran

Mungkin akan sangat sulit mengkhatamkan Alquran dalam jangka waktu satu bulan saja. Namun, Anda bisa memecahnya agar bisa lebih mudah. Cobalah membaca 4-5 halaman setelah melakukan setiap salat fardu. Pada akhir Ramadan, kamu pun akan berhasil mengkhatamkan Alquran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *