Manfaat Tawakal Bagi Kehidupan Umat Islam

Manfaat Tawakal Bagi Kehidupan Umat Islam

Tawakal merupakan sebuah perilaku yang dimana kita berserah diri kepada Allah SWT yang sekaligus mempercayai sepenuh hati atas apa yang akan diberikan dan dilimpahkan kepada kita baik itu berupa suka maupun duka.

Manfaat dari tawakal dalam Islam cukuplah banyak. Salah satunya adalah memberikan dampak yang positif terhadap kehidupan sehari hari. Namun tidak hana di situ saja,  manfaat dari tawakal juga akan memberikan kenyamanan dalam menjalin kedekatan dengan Allah SWT dan juga sesama manusia di muka bumi.

Tawakal disebut sebagai perbuatan terpuji. Bahkan Nabi SAW dalam hadisnya bersabda: ” Ikatlah untamu dan bertawakkallah.”

 

Manfaat Tawakal Bagi Kehidupan Umat Islam

Lantas apakah manfaat yang akan diperoleh sebagai manusia yang bertawakal.? Dalam Islam sebenarnya ada sangat banyak manfaat dan keutamaan bagi siapa saja yang bertawakal, namun berikut kami merangkum sebagian dari manfaatnya saja. apa saja itu.? Simak penjelasan berikut ini.

 

Diberikan Kemudahan Dunia dan Akhirat

Manfaat tawakal yang pertama adalah mendapatkan kemudahan hidup di dunia dan akhirat. Sikap tawakal atau berserah diri kepada Allah ini memberikan ketenangan pada hati. Setelah berusaha maksimal maka umat muslim sudah seharusnya menyerahkan hasil usahanya kepada Allah.

Meski terkadang bukan hal mudah, diperlukan keikhlasan yang kuat, berusaha untuk tidak berprasangka buruk terhadap Allah SWT. Allah juga telah menjamin kemudahan bagi setiap hamba yang bertawakal, sebesar apapun cobaan yang tengah menimpa. Hal ini sesuai dengan firman Allah surat Ath-Thalaq berikut ini:

” Barang siapa yang bertawakal kepada allah niscaya dia akan membukakan jalan keluarnya dan dia memberikan rejekinya dari arah yang tidak disangka sangka. dan barang siapa yang bertawakal kepadanya kepada allah niscaya allah akan mencukupkan keperluannya. Sesungguhnya allah melaksanakan tugasnya, sungguh dia telah mengadakan ketentuan bagi setiap.” (QS Ath-Thalaq ayat 1-2)

 

Tegar dan Selalu Siap Hadapi Cobaan

Manfaat tawakal selanjutnya adalah memberi kemudahan dalam beradaptasi dengan berbagai masalah yang dihadapi. Seseorang mungkin akan kaget dengan suatu kejadian yang tak diharapkan dalam hidupnya. Namun dengan sikap tawakal, seseorang akan terbiasa sigap dengan ujian hidup yang akan dihadapi berikutnya.

Lantaran selalu bertawakal, biasanya orang akan lebih berprasangka baik kepada setiap takdir yang diberikan Allah. Maka dari itu, ia akan menjadi pribadi yang mudah beradaptasi dengan masalah sesulit apapun.

 

Melatih Kemandirian dan Kedewasaan

Manfaat tawakal yang tak kalah penting bagi umat Islam adalah mampu melatih kemandirian. Hal ini karena seringnya sikap pasrah setelah ikhtiar, maka secara perlahan kedewasaan seseorang dalam menghadapi masalah akan ikut terpupuk.

Tawakal akan membuat seseorang akan memahami kekurangan dan kelebihan dari musibah yang diberikan Allah. Sikap berserah diri kepada Allah ini secara tidak langsung akan melatih seseorang untuk mandiri. Dengan demikian seseorang akan lebih mampu menghargai setiap kekurangan dan kelebihan yang ada. Bahkan ia lebih bisa mengambil hikmah dari setiap kejadian buruk yang menimpa.

” Hendaklah hanya kepada allah sajalah orang mukmin itu bertawakal. Dan bertawakalah kepada allah yang maha hidup (abadi) yang tidak akan pernah binasa. Maka bertasbihlah atas namanya dan pujilah dia.” (QS Al-Furqan ayat 58)

 

Memperkuat Iman dan Pantang Menyerah

Iman seseorang selalu diuji oleh Allah SWT dengan musibah maupun peristiwa yang menyenangkan sekalipun. Maka dengan bertawakal, seseorang akan lebih kuat imannya dan tidak mudah putus asa.

Sebab, manfaat tawakal ini mampu mempertebal keimanan dan menghindari diri dari mudah menyerah. Perilaku tawakal akan membuat seseorang menjadi lebih sabar dan selalu bersyukur. Jika dilakukan dengan hati yang tulus dan berprasangka baik kepada Allah, maka Allah pun akan memberikan yang terbaik buat hamba-Nya.

Dalam hal ini, Rasulullah SAW pernah bersabda dalam hadis riwayat Muslim:

” Semangatlah kalian terhadap hal hal yang bermanfaat bagi kalian dan mohonlah pertolongan kepada allah.” (HR. Muslim 2664)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *