6 Keutamaan Memberi Makan Orang yang Berpuasa

6 Keutamaan Memberi Makan Orang yang Berpuasa

Bulan ramadhan merupakan bulan yang identik dengan puasa. Saat memasuki bulan ramadhan. Umat Muslim di seluruh dunia akan berpuasa yang dimulai sejak terbitnya fajar hingga terbenamnya matahari dan akan dilakukan selama satu bulan penuh lamanya.

Selain identik dengan ibadah puasa, Ramadhan juga identik dengan hal hal yang berbau kebaikan. Di bulan ramadhan segala amal kebaikan akan dilipat gandakan pahalanya. Ada berbagai hal kebaikan yang dianjurkan untuk dilakukan selama bulan ramadhan, salah satunya adalah dengan memberi makan orang yang berpuasa.

 

Keutamaan Memberi Makan Orang yang Berpuasa

Ada banyak keutamaan dari memberi makan kepada orang orang yang menunaikan ibadah puasa, dan berikut beberapa diantaranya.

 

1. Memberi Makan Orang Berpuasa Pahalanya Sama dengan Orang yang Berpuasa

Memberi makan kepada orang orang yang menunaikan ibadah puasa akan memberikan pahala yang cukup besar dna setara dengan pahala bagi orang yang menunaikan ibadah puasa.

 “Siapa memberi makan orang yang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tersebut, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikit pun juga.” (HR. Tirmidzi no. 807, Ibnu Majah no. 1746, dan Ahmad 5: 192).

 

2. Salah Satu Jalan Menuju Surga

Memberi makan kepada orang yang berbuka puasa akan mendapatkan ganjaran sebagai jalan menuju ke surga. Seperti yang disebutkan dalam hadis yang artinya:

Dari Ali ra berkata, Nabi Muhammad SAW bersabda:

“Sesungguhnya di surga terdapat kamar-kamar yang mana bagian luarnya terlihat dari bagian dalam dan bagian dalamnya terlihat dari bagian luarnya.”Lantas seorang arab baduwi berdiri sambil berkata, “Bagi siapakah kamar-kamar itu diperuntukkan wahai Rasululullah?” Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab, “Untuk orang yang berkata benar, yang memberi makan, dan yang senantiasa berpuasa dan shalat pada malam hari di waktu manusia pada tidur.” (HR. Tirmidzi)

 

3. Shalat, Puasa dan Sedekah Dapat Mengantarkan pada Ridha Allah

Ibnu Rajab Al-Hambali menyatakan, “Puasa, shalat dan sedekah mengantarkan orang yang mengamalkannya pada Allah. Sebagian salaf sampai berkata, ‘Shalat mengantarkan seseorang pada separuh jalan. Puasa mengantarkannya pada pintu raja. Sedekah nantinya akan mengambilnya dan mengantarnya pada raja.’“ (Lathaif Al-Ma’arif, hlm. 298)

 

4. Sedekah akan Menyelamatkan Seseorang dari Panasnya Hari Kiamat

“Sesungguhnya sedekah akan memadamkan panas kubur bagi pelakunya. Sungguh pada hari kiamat, seorang mukmin akan berlindung di bawah naungan sedekahnya.” (Silsilah As-Shahihah, 3484).

 

5. Menambah Keberkahan Harta

Memberi makan orang yang saat berbuka puasa adalah termasuk dalam bentuk bersedekah. Dimana dengan bersedekah tidak akan mengurangi harta si pemberi. Justru pintu rezeki akan terbuka melalui sedekah.

Sebagaimana terdapat dalam hadis yang artinya:

“Sedekah tidaklah mengurangi harta.” (HR. Muslim)

Walaupun secara fisik berkurang, namun harta yang disedekahkan akan menjadi berkah. Sehingga kekurangannya tersebut tertutupi oleh keberkahannya.

 

6. Mendapat Berkah dari Doa Orang yang Berpuasa

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah bersabda:

“Ada tiga orang yang do’anya tidak ditolak : Pemimpin yang adil, Orang yang berpuasa ketika dia berbuka, Do’a orang yang terdzolimi.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *