6 Tips Puasa untuk Badan yang Lebih Sehat

6 Tips Puasa untuk Badan yang Lebih Sehat

Menjaga kesehatan tubuh merupakan suatu hal yang penting untuk dilakukan saat berpuasa. Dengan tubuh yang sehat tentu puasa akan menjadi lancar sebagaimana telah menjadi harapan bagi setiap orang yang ingin menunaikannya.

 

Tips puasa sehat untuk jaga kebugaran tubuh di bulan Ramadhan

Puasa bukanlah suatu alasan untuk bermalas malasan, apalagi melupakan untuk mengkonsumsi makanan makanan yang sehat. Orang yang berpuasa cenderung menyantap apa saja ketika waktu berbuka yang padahal hal tersebut dapat berdampak pada kesehatan dan terutama asam lambung. Maka dari itu, kenalilah berbagai tips puasa sehat untuk menjaga tubuh agar tetap sehat dan bugar.

 

1. Jangan lupakan air putih

Mineral merupakan asupan yang harus dipenuhi agar tubuh dapat tetap sehat. Tubuh yang kekurangan cairan akan membuat tubuh mudah lelah dan dehidrasi. Maka dari itu, pastikan bahwa tubuh saudara telah memperoleh asupan mineral yang cukup.

Usahakan untuk minum 2 liter air putih saat jam buka puasa, sahur, atau di malam hari setelah tarawih. Hal ini juga bermanfaat untuk mengatasi lemas saat puasa. Itulah tips puasa sehat pertama yang harus saudara lakukan.

 

2. Jangan malas-malasan

Bagi saudara yang lebih banyak menghabiskan waktu puasa di rumah, maka jangan jadikan puasa sebagai alasan untuk selalu rebahan. Menurut para ahli, ketika berpuasa sebaiknya selalu melakukan berbagai aktivitas agar tubuh tetap fit dan tidak mudah lelah.

Namun meskipun demikian saudara dapat melakukan aktivitas yang terlalu menguras tenaga. Lakukanlah gerakan atau olahraga ringan seperti jalan santai, jogging dan lainnya. Agar energi dalam tubuh tetap terjaga hingga waktu berbuka, saudara dapat melakukan olahraga ringan mendekati waktu berbuka.

 

3. Jangan kalap saat berbuka puasa

Banyak orang yang cenderung melahap apa pun yang ada di depan matanya saat berbuka puasa. Padahal, kebiasaan ini bisa membuat perut merasa kembung dan saudara pun kelelahan. Tidak jarang juga menyebabkan kantuk setelah makan. Cara terbaik untuk berbuka puasa adalah melahap makanan secukupnya supaya tubuh saudara tidak ‘kaget’. 

 

4. Mengonsumsi protein 

Ketika berpuasa, asupan kalori di dalam tubuh biasanya akan berkurang dan hal tersebut akan membuat otot otot tubuh menyusut. Untuk menyiasati hal tersebut, saudara dapat mengkonsumsi makanan makanan yang memiliki protein yang tinggi selepas berbuka. Mengkonsumsi makanan yang memiliki protein yang tinggi dapat meminimalisir otot yang menyusut saat puasa.

 

5. Jangan lupakan makanan alami

Memang makanan makanan instan lebih mudah untuk disajikan, namun perlu diketahui, kandungan yang terkandung dalam makanan instan tidak sebaik makanan makanan alami. Mengkonsumsi makanan makanan alami dinilai dapat mengurangi resiko berbagai macam penyakit seperti kanker, penyakit jantung, dan berbagai macam penyakit kronis lainnya. Makanan alami yang dimaksud adalah makanan yang tidak diproses, seperti buah-buahan, sayur-mayur, hingga daging sapi atau ayam yang tidak diproses.

 

6. Melakukan olahraga ringan

Seperti yang sama sama kita ketahui, olahraga adalah suatu hal yang sangat penting untuk dilakukan dalam upaya menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Memang saat berpuasa kita harus mampu menyimpan dan menghemat energi di dalam tubuh, namun meski demikian, bukan berarti saudara dapat mengabaikan olahraga.

Untuk menyiasati hal tersebut, saudara dapat melakukan beberapa jenis olahraga yang tidak terlalu menguras tenaga seperti misalnya yoga, bersepeda, jogging dan lain sebagainya. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *