Cara Agar Bisnis Bertahan di Masa PPKM

Cara Agar Bisnis Bertahan di Masa PPKM

Memasuki masa PPKM memang membuat kita merasa kesulitan untuk bertahan dalam menjalankan suatu usaha, apalagi bagi pengusaha yang mengandalkan pusat keramaian untuk memperoleh keuntungan, pastinya akan mengalami penurunan omset ditengah penerapan PPKM yang menuntut kita untuk lebih banyak menghabiskan waktu di rumah.

 

Cara Agar Bisnis Bertahan di Masa PPKM

Agar bisnis dapat bertahan di tengah PPKM memang bukanlah suatu hal yang mudah, namun bukan berarti usaha saudara harus berhenti di tengah PPKM. Meskipun terasa cukup sulit, namun ada sejumlah cara yang dapat saudara lakukan demi bisnis dapat bertahan di tengah PPKM dan salah satunya sebagai berikut.

 

Bisnis harus Go Digital

Salah satu solusi terbaik yang dapat dilakukan dalam menghadapi situasi yang sulit tersebut adalah dengan terjun ke dunia digital marketing. Sejak mewabahnya covid 19 di Indonesia, merubah pola hidup masyarakat, yang dimana masyarakat merasa khawatir setiap kali beraktivitas di luar rumah, sehingga mereka lebih cenderung memanfaatkan digital sebagai media atau sarana jual beli.

Sebagai seorang pebisnis, jika ingin dapat bertahan, tentu kita harus mengikuti jalan yang ditempuh oleh para konsumen. Itu artinya kita juga harus ikut terjun ke dunia digital, seperti apa yang dilalui oleh para konsumen.

 

Perluas target pasar bisnis

Ketika saudara memasuki dunia digital, itu artinya saudara sudah dapat meningkatkan jangkauan pasar. Namun meski begitu, saudara juga harus memiliki strategi dalam mencangkup jumlah konsumen yang lebih banyak. Dengan adanya sebuah strategi tersebut, dapat menjadi acuan bagi saudara untuk menentukan media pemasaran hingga bentuk produk yang sesuai dengan target pasar.

 

Gunakan media pemasaran digital

Dalam dunia bisnis online, ada berbagai macam platform online yang dapat digunakan sebagai pemasaran digital. pemilihan platform ini tentu harus disesuaikan berdasarkan target pasar masing masing, misalnya saudara memiliki target pemasaran kaum remaja, maka saudara dapat memanfaatkan media sosial instagram atau tiktok sebagai sarana pemasaran, sebab sebagian besar pengguna media sosial tersebut berasal dari kalangan remaja.

 

Mulailah meningkatkan branding product

Jika saudara sudah menerapkan beberapa strategi di atas, maka saudara juga perlu memperhatikan pentingnya branding product bisnis. Melalui media pemasaran digital, saudara akan lebih mudah untuk meningkatkan branding product. Misalkan saja dengan membuat content marketing, promosi iklan maupun menggunakan jasa influencer. 

 

Masukan bisnis pada marketplace

Selain pemasaran melalui media sosial, marketplace juga menjadi media pemasaran yang sangat potensial bagi bisnis. Bahkan transaksi pembelian melalui e-commerce mencapai 53 persen. Besarnya potensi ini bisa saudara manfaatkan dengan memasuki berbagai marketplace yang ada. Semakin banyak saudara masuk marketplace, maka semakin besar peluang peningkatan penjualan bisnis.

 

Itulah beberapa tips jitu yang bisa kamu coba agar bisnis bertahan di tengah pembatasan pandemi covid-19. Saudara dapat memulainya dengan masuk dalam digitalisasi usaha. Langkah selanjutnya, saudara bisa memanfaatkan berbagai media pemasaran digital untuk menunjang perluasan target pasar bisnis saudara masing masing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *