Untung Bisnis Sedikit? Gimana Cara Nabungnya?

Untung Bisnis Sedikit? Gimana Cara Nabungnya?

Untung bisnis sedikit? Gimana cara nabungnya? Setiap orang pastinya ingin memiliki tabungan dari setiap bisnis atau pekerjaan yang mereka lakukan, namun penghasilan yang pas pasan tau pekerjaan yang mereka lakukan, namun penghasilan yang pas pasan terkadang membuat mereka merasa kesulitan untuk mewujudkannya.

Banyak orang yang telah melakukan bisnis bertahun tahun namun tidak dapat menabung lantaran memiliki penghasilan yang serba pas pasan, sehingga tidak ada kemajuan yang terhadap kehidupan mereka. Membuka tabungan dengan gaji pas pasan sebenarnya bisa bisa saja dilakukan asalkan saudara tau trik dan cara mengelola keuangan dengan baik.

Tips dan Cara Menabung dengan Penghasilan Pas Pasan

Tidak dapat dipungkiri, membuka tabungan dengan penghasilan pas pasan sangat amat sulit dapat dilakukan. Namun kita perlu belajar dari beberapa orang yang telah sukses dalam berbisnis yang pada awalnya mereka juga memiliki penghasilan yang pas pasan. Berikut ini ada beberapa tips yang diungkapkan oleh pengusaha sukses.

Bulatkan Tekad dan Tentukan Tujuan 

Segala hal yang dilakukan agar memberikan hasil yang sesuai dengan harapan harus didasari dengan tekad yang kuat dan tujuan dari melakukan hal tersebut. Hal tersebut juga dapat saudara terapkan sebelum saudara memutuskan untuk memulai menabung.

Membulatkan tekad dan tujuan dari menabung sama halnya dengan ketika saudara pergi ke mall atau pusat perbelanjaan yang di mana saudara pasti telah memiliki rencana untuk membeli suatu barang yang saudara butuhkan. Tanpa adanya rencana tersebut, pasti saudara akan merasa bingung ingin membeli apa dan pada akhirnya saudara akan membeli barang yang mungkin tidak begitu dibutuhkan sehingga uang akan habis dengan percuma.

Sama halnya dengan menabung, menabung tanpa adanya tujuan akan membuat saudara sulit untuk mengontrol hasrat ingin menggunakan uang yang ingin saudara tabung sehingga uang akan habis begitu saja tanpa memberikan hasil apapun.

Uang yang hendak saudara tabung sebaiknya uang yang berada di luar kebutuhan pokok. Namun jika uang tersebut hanya cukup untuk memenuhi kebutuhan pokok saja, maka cobalah untuk menerapkan pola hidup yang lebih hemat agar menyisihkan sedikit uang untuk ditabung.

Lakukan Sistem Pembagian

Setiap orang pasti memiliki kebutuhan yang beragam mulai dari kebutuhan pokok, asuransi keinginan dan lain sebagainya. Maka dari itu, saudara perlu menerapkan sistem pembagian pada setiap gaji atau penghasilan yang saudara peroleh. Aturan porsi 50, 30 dan 20.

50% dari hasil digunakan untuk kebutuhan, 30% dapat digunakan untuk kewajiban 20% lagi digunakan untuk investasi atau tabungan. Kebutuhan yang dimaksud dalam hal ini adalah makan, listrik, air dan lainnya, sementara untuk kewajiban berupa asuransi. Untuk investasi dapat ditabung, dijadikan modal usaha dan lain lainnya yang dapat memberikan keuntungan.

Hindari Hutang

Menghindari hutang merupakan salah satu hal yang perlu saudara lakukan dalam membangun investasi untuk masa depan. Jika saudara berencana membeli sebuah barang kebutuhan seperti kendaraan maka akan lebih baik jika saudara menggunakan sistem pembayaran cash, sebab jika saudara menggunakan sistem kredit, jangka waktu pembayaran yang harus saudara selesaikan cukup lama, ditambah lagi harga cash jauh lebih murah dibandingkan dengan harga kredit.

Disiplin Mencicil Lebih Penting Daripada Mencicil Dengan Jumlah Besar

Agar proses menabung terasa ringan, saudara sebaiknya menggunakan sistem cicilan saja. Menabung sedikit demi sedikit akan lebih ringan dibandingkan dengan menabung dalam jumlah yang besar sekaligus.

Itulah beberapa tips untuk menabung bagi saudara yang memiliki penghasilan usaha yang kecil. Semoga yang telah dijelaskan dapat bermanfaat.

Bagi saudara yang mungkin saat ini sedang merasa kesulitan dalam memenuhi kebutuhan lantaran tidak memiliki penghasilan, kami dari dhuafa entrepreneur ingin mengajak saudara untuk bergabung bersama kami dalam memulai bisnis tanpa modal. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *