Tips Mengatur Keuangan Untukmu Yang Gaji di Bawah 2 Juta

Tips Mengatur Keuangan Untukmu Yang Gaji di Bawah 2 Juta

Tips Mengatur Keuangan untukmu yang Gaji di Bawah 2 Juta, Sejak kecil, kita telah diajarkan untuk menabung oleh orang tua dengan beberapa cara yang sederhana, seperti misalnya dengan membeli celengan berbentuk ayam dari plastik atau dengan membeli celengan dari tanah liat, yang kemudian akan diisikan koin dari uang sisa jajan sehari hari.

Pelajaran sederhana tersebut tentu akan sangat bermanfaat untuk kita hingga di usia dewasa dalam membentuk karakter yang gemar menabung. Namun sayangnya, menabung ketika masih kecil dengan ketika telah dewasa tidaklah sama. Ketika kita berada di usia dewasa, kita akan dituntut untuk memenuhi banyak keperluan sehari hari, sehingga untuk menabung bukanlah hal yang mudah dilakukan.

Memiliki gaji yang pas pasan dengan keperluan yang banyak merupakan salah satu hal yang mempersulit kita untuk menabung, namun meskipun demikian, bukan berarti kita tidak dapat melakukannya. 

Mengatur Keuangan untukmu yang Gaji di Bawah 2 Juta

Dilansir dari berbagai narasumber, ada beberapa cara efektif yang dapat saudara lakukan untuk menabung dengan gaji di bawah 2 juta perbulan. Bagaimana caranya.? Simak penjelasannya sebagai berikut.

1. Punya Lebih dari 2 Rekening Tabungan

Jika saudara sulit untuk mengendalikan hasrat membelanjakan uang, saudara dapat menyiasatinya dengan membuka 2 rekening tabungan dari bank yang berbeda. Pilihlah bank yang memberikan pelayanan bebas biaya bulanan, yang dapat saudara gunakan sebagai rekening tabungan. Akan lebih baik jika saudara tidak mencetak kartu ATM, agar saudara dapat menahan godaan untuk mengambil uang tabungan setiap saat. Sementara untuk rekening satunya, saudara dapat gunakan untuk keperluan hidup.

Dalam hal ini, saudara harus menanamkan pikiran bahwa uang yang berada di dalam rekening khusus tabungan tidak diganggu gugat yang hanya mengandalkan uang yang ada di dalam rekening keperluan sehari hari. Anggap saja bahwa uang yang berada di dalam rekening tabungan tidak ada.

Sebagai saran, ketika saudara hendak mengisi rekening tabungan, sebaiknya tidak menggunakan transfer antar bank, sebab akan memberikan potongan pada setiap transaksi. Akan lebih baik jika saudara menyetor langsung keada pihak bank terkait.

2. Tetapkan Target Pribadi

Sebelum saudara memutuskan untuk menabung dengan memanfaatkan 2 rekening bank, saudara harus mampu menentukan target tabungan setiap bulannya. Hal ini dapat saudara akumulasikan dengan cara menganalisa pengeluaran perbulannya. Hitung dengan baik berapa besar pengeluaran untuk kebutuhan pokok yang saudara habiskan di tiap bulan.

Ketika saudara memperoleh estimasi pengeluaran, maka saudara akan dengan mudah mengetahui berapa sisa uang yang dikeluarkan selain kebutuhan pokok. Uang yang digunakan di luar kebutuhan pokok inilah yang akan menjadi uang yang masuk ke dalam tabungan saudara. Jika hal tersebut memberatkan saudara karena tidak dapat membeli barang yang saudara inginkan, maka saudara masih bisa membagi uang tersebut, sebagian untuk ditabung dan sebagian lagi digunakan untuk membeli barang yang saudara inginkan. 

3. Ikut Asuransi Kesehatan dengan Biaya Nominal Menengah

Asuransi kesehatan adalah suatu hal yang wajib untuk saudara persiapkan, sebab dengan penghasilan yang kecil, pasti saudara akan merasa kesulitan ketika harus menanggung biaya pengobatan dan perawatan ketika saudara sakit. Maka dari itulah saudara harus ikut dalam program asuransi kesehatan. Ikutlah kelas dengan nominal menengah, yang sesuai dengan kemampuan saudara. 

4. Ikut Arisan

Selain menyisihkan uang ke dalam rekening tabungan, cara lain yang dapat saudara gunakan untuk menabung adalah dengan mengikuti arisan. Jika saudara tidak sedang terburu buru, saudara bisa meminta kepada administrator atau pengelola arisan untuk mengambil giliran pada akhir setelah semua anggota mendapatkan giliran mereka. Bergabunglah dengan kelompok arisan yang benar benar dapat dipercaya, demi menghindari kemungkinan terjadinya pemberhentian kegiatan di tengah perjalanan, yang pasti akan merugikan saudara.

5. Membeli Emas

Mengikuti investasi juga bisa menjadi pilihan yang tepat, bagi saudara yang ingin membuka tabungan untuk masa depan. Salah satu bentuk investasi yang aman adalah dengan membeli emas dengan harga yang murah dan menjualnya kembali dengan harga yang mahal. Namun perlu diketahui, mengikuti investasi emas akan membutuhkan proses dan waktu yang sangat panjang sehingga saudara harus mempertimbangkan terlebih dahulu sebelum memutuskannya.

Itulah beberapa tip mengatur keuangan untuk saudara yang memiliki penghasilan di bawah 2 juta. Agar rezeki berlimpah, jangan lupa saudara menyisihkan sedikit dari penghasilan saudara untuk disedekahkan kepada orang orang yang membutuhkannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *