Tips Menerapkan Promo Setiap bulan yang Efektif

Tips Menerapkan Promo Setiap bulan yang Efektif

Tips Menerapkan Promo Setiap bulan yang Efektif, Antara bisnis dan promosi adalah dua hal yang harus dijalankan secara bersamaan. Bisnis tanpa promosi akan sangat sulit untuk berkembang, sebab masyarakat sulit mengenal produk atau jasa yang dipasarkan. Produk yang tidak terkenal akan menimbulkan keraguan pada calon konsumen sehingga potensi pembelian atau penjualan produk sangat rendah.

Untuk mengatasi masalah penjualan produk yang rendah, para pengusaha biasanya akan menerapkan strategi diskon pada setiap barang yang dijualnya. Menerapkan strategi diskon pada sebuah bisnis ada banyak sekali manfaatnya, terutama dalam meningkatkan penjualan.   

Ada sekitar 57% konsumen yang lebih memilih untuk membeli produk yang menyediakan diskon. Maka tidak heran jika ketika masyarakat mengetahui bahwa sedang adanya diskon yang berlangsung,mereka akan berlomba lomba untuk membeli produk di waktu yang sama.

Langkah membuat program diskon anti gagal

Agar bisnis yang saudara jalankan tidak gagal, saudara bisa mencoba beberapa langkah berikut sebelum membuat program diskon.

 

1. Buatlah Konsep Diskon yang Unik

Langkah pertama yang harus saudara tempuh dalam program diskon yang efektif adalah merancang konsep diskon yang unik. Cobalah membuat program diskon yang belum pernah diterapkan oleh perusahaan lainnya.

Salah satu contoh konsep diskon yang unik adalah dengan memberikan diskon kepada setiap orang dengan nama nama tertentu atau dengan tanggal lahir yang sesuai dengan berlangsungnya program diskon tersebut. 

 

2. Coba Terapkan Impulse Buying

Impulse buying adalah strategi menawarkan promo produk tanpa rencana di awal. Arinya, produk didiskon secara tidak terduga dan ditawarkan langsung kepada pelanggan. Teknik ini sering digunakan oleh beberapa ritel yang ingin menghabiskan stok barang yang sudah lama.

 

3. Gunakan Psikologi Harga dalam Menetapkan Diskon

Strategi yang menggunakan psikologi harga ini tergolong ke salah satu strategi yang paling efektif dalam meningkatkan penjualan produk atau jasa. Meskipun saudara memasarkan produk dengan selisih harga yang hanya 100 rupiah saja namun konsumen lebih tertarik akan hal tersebut.

Mungkin saudara pernah melihat barang yang dijual dengan harga 49.900, 99,900, dan seterusnya. Harga tersebut adalah sebuah strategi yang memainkan psikologis. Ketika seorang konsumen melihat perbandingan harga antara 100.000 dengan 99.900, konsumen akan lebih memilih barang dengan harga 99.900. Dalam benak mereka berpikir bahwa barang dengan harga 99.900 tersebut lebih murah karena tidak mencapai harga hingga 100.000 yang padahal hanya berselisih 100 rupiah saja. 

 

4. Tambahkan Promo Gratis Ongkir/ Free Gift

Di zaman serba instan seperti saat ini, banyak orang yang lebih memilih berbelanja langsung dari rumah (online) dibandingkan dengan repot repot pergi langsung ke toko. Hal tersebut menjadi salah satu alasan mengapa promosi dan penjualan online itu penting untuk diterapkan. Agar bisnis online dapat berjalan dengan lancar, saudara bisa memberikan promo gratis ongkos kirim pada setiap pembelian produk dengan nominal tertentu.

Selain menerapkan strategi gratis ongkos kirim, saudara juga bisa menerapkan promo gratis hadiah pada setiap pembelian produk dengan nominal tertentu. Adanya promo dengan minimal belanja tersebut, dapat membuat konsumen berbelanja lebih banyak di tempat saudara.

5. Jangan Menerapkan Aturan yang Terlalu Rumit

Dalam menjalankan promo, pastikan bahwa saudara tidak menerapkan sebuah peraturan yang rumit, misalnya pelanggan hanya boleh menukarkan voucher jika pelanggan tersebut sudah bertransaksi sebanyak 10 kali. Peraturan tersebut dapat membebani pada pelanggan, yang justru mungkin akan lebih memilih berbelanja di tempat lainnya dengan promo yang lebih mudah dan menguntungkan.

Demikian strategi membuat program diskon untuk meningkatkan penjualan toko atau bisnis saudara. Agar rezeki saudara dalam berbisnis dapat berjalan dengan lancar, pastikan bahwa saudara tidak lupa untuk menyisihkan sedikit dari penghasilan saudara untuk disedekahkan kepada orang yang membutuhkan seperti fakir, yatim dan lain sebagainya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *