Manisnya Usaha Kopi Rumahan Selama Masa Pandemi

Manisnya Usaha Kopi Rumahan Selama Masa Pandemi

Manisnya Usaha Kopi Rumahan Selama Masa Pandemi, Sejak mewabahnya virus  covid 19 di Indonesia, yang menuntut masyarakat untuk lebih banyak diam di rumah, membuat banyak bisnis dan usaha rumahan bermunculan. Berbagai jenis usaha dijalankan oleh masyarakat demi memenuhi tuntutan sehari hari mereka. Salah satu usaha yang banyak diminati masyarakat sejak masa pandemi adalah bisnis kopi.

Di beberapa daerah, banyak masyarakat yang terlihat mengurus surat perizinan usaha kopi kemasan, mulai dari kopi kemasan bubuk, biji kopi kemasan hingga jual kopi siap minum yang telah dikemas menggunakan botol plastic. Berbagai varian kopi pun hadir di tengah masyarakat seperti Kopi Daun itu varian Gula Aren, Caramel, Thai Tea dan Coklat. Sebulan Kopi Daun bisa produksi hingga 200 botol. 

Menjalankan bisnis kopi ini terbilang cukup menjanjikan, apalagi dalam situasi seperti saat ini masyarakat lebih banyak diam di rumah, tentu mereka membutuhkan sesuatu untuk mengisi dan menemani waktu luang mereka seperti misalnya dengan menikmati secangkir kopi di pagi ataupun sore hari.

Meningkatnya kebiasaan masyarakat dalam mengkonsumsi minuman kopi ini membuka peluang yang cukup besar bagi orang orang yang ingin menjalankan usaha kecil kecilan dari rumah dengan keuntungan yang menjanjikan.

Berdasarkan pendapat dari salah satu pebisnis kopi, bahwa penghasilan omset yang dapat diperoleh dalam menjalankan bisnis kopi berkisaran hingga 3 jutaan dengan perincian modal sejumlah nilai investasi Rp7.630.500 biaya tetap Rp1.578.613, lalu pengeluaran dengan nilai variabel Rp11.850.000 dengan total biaya operasional yang dikeluarkan sebesar Rp13.428.613, jumlah pendapatan yang dihasilkan selama sebulan dari bisnis kopi yakni Rp16.500.000. Dengan begitu, keuntungan bisnis kopi selama sebulan sebesar Rp3.071.387.

Berdasarkan dari perhitungan modal dan keuntungan tersebut, pebisnis kopi hanya membutuhkan waktu kurang dari satu tahun untuk mengembalikan modal mereka, sehingga pada tahun kedua mereka hanya tinggal mengantongi keuntungan saja.

Namun perlu diketahui, meskipun usaha minuman kopi terbilang mudah, tetap saja membutuhkan sebuah strategi dalam proses pemasaran, agar produk kopi yang ditawarkan mudah masuk ke pasaran dan bersaing dengan produk produk kopi lainnya.

Hal Hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Menjalankan Bisnis Kopi

Sebagai pengusaha pemula, tentu anda membutuhkan pemahaman dasar terkait strategi dalam menjalankan bisnis. Berikut ini ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menjalankan bisnis kopi rumahan

Siapkan Konsep Bisnis Usaha Warung Kopi

Apapun jenis usaha yang akan dijalankan, pastikan bahwa anda memiliki konsep dasar dalam menjalankan sebuah usaha, konsep dasar ini berupa perhitungan modal, estimasi penghasilan, lokasi usaha, dan lain sebagainya. Dengan adanya konsep dasar dalam menjalankan usaha kopi juga akan mencerminkan bahwa pelaku usaha benar benar serius dalam menjalankan usaha, tidak hanya sekedar ingin mencobanya saja.

Tentukan Target Market

Kepada siapa anda akan menjual kopi.? Tentukan target pasar anda terlebih dahulu sebelum anda memutuskan untuk menjalankan usahanya. Dengan menentukan target pasar, anda akan menjadi lebih mudah dalam memilih jenis produk yang akan dijual, misalkan anda memiliki target pasar kaum remaja, maka kopi yang harus anda siapkan adalah kopi dengan varian yang menjadi selera remaja, seperti kopi coklat, kopi susu, kopi vanilla dan lain sebagainya.

Manfaatkan Media Sosial

Hal yang paling penting dilakukan selama pandemi ini adalah dengan memanfaatkan media social sebaik mungkin. Kebiasaan masyarakat yang lebih banyak diam di rumah pasti akan menyulitkan anda untuk memperkenalkan produk yang anda pasarkan, maka dari itu gunakanlah media sosial untuk menjangkau calon konsumen yang tidak dapat dijangkau via offline.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *