Cara Mengadaptasi Bisnis Saat PPKM

Cara Mengadaptasi Bisnis Saat PPKM

Cara Mengadaptasi Bisnis Saat PPKM

Penerapan PPKM di tengah pendemi seperti saat ini tentu memberikan dampak secara langsung kepada para pelaku UMKM atau Usaha Mikro Kecil Menengah. Banyak masyarakat yang mengalami masalah dengan ekonomi mereka sehingga sulit untuk memenuhi atau mencukupi kehidupan sehari harinya. Dalam kondisi ini, menyerah bukanlah solusi yang tepat, sebab setiap masalah pasti adalah solusi dan jalan keluarnya.

Penerapan PPKM memang membatasi aktivitas di luar rumah, namun bukan berarti tidak ada solusi untuk usaha yang anda jalankan. Anda hanya perlu beradaptasi dengan situasi yang sedang berlaku.

Salah satu solusi yang tepat untuk beradaptasi dengan situasi seperti saat ini adalah dengan merubah kebiasaan dan strategi usaha. Ada beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk beradaptasi dan bertahan selama PPKM berlangsung, salah satunya seperti

Hemat Pengeluaran

Jika anda selama ini terbiasa dengan berbelanja berlebihan, maka saat ini cobalah untuk merubah kebiasaan tersebut. cobalah untuk menghemat pengeluaran dengan membeli barang barang yang benar benar dibutuhkan saja

Cek Kembali Sistem Keuangan Anda

Agar keuangan dalam keluarga tetap bertahan selama PPKM cobalah untuk mengecek kembali sistem keuangan anda. Pastikan antara keperluan dan pendapatan seimbang. Jika keperluan lebih besar dari penghasilan maka cobalah untuk meningkatkan pendapatan. Untuk meningkatkan pendapatan di tengah PPKM seperti saat ini memang terbilang sulit, namun masih ada beberapa strategi yang dapat dicoba yang diantaranya seperti

Merubah Strategi Pemasaran

Salah satu hal yang perlu anda lakukan dalam mempertahankan penghasilan di tengah PPKM seperti saat ini adalah dengan merubah strategi dalam pemasaran. Sejak penerapan PPKM, kebiasaan masyarakat berubah drastis, masyarakat yang sebelumnya hobby pergi belanja jalan jalan ke Mall maka sekarang masyarakat lebih suka belanja dari rumah (online). Dari situlah anda harus merubah strategi dalam penjualan, jika sebelumnya anda sering mengadakan promosi di pusat keramaian, maka cobalah untuk melakukan promosi melalui via online.

Penuhi Kebutuhan Konsumen

Di tengah pandemic seperti saat ini, membawa sejumlah kalangan masyarakat mengalami krisis, sehingga masyarakat lebih cenderung memilih belanja barang barang dengan harga yang lebih murah, maka dari itu, cobalah untuk memenuhi apa yang dibutuhkan oleh para konsumen yang misalnya seperti memberikan harga promo.

Ganti Produk

Cek kembali produk yang anda jual, apakah produk tersebut merupakan produk kebutuhan atau hanya produk pelengkap.? Jika barang tersebut adalah produk pelengkap, maka cobalah untuk menggantinya dengan produk kebutuhan, sebab produk pelengkap saat ini cenderung diabaikan oleh para konsumen sebab mereka ingin bertahan selama krisis melanda.

Ada berbagai macam jenis produk yang dapat anda pilih selama pandemic salah satunya seperti

  • Alat Kesehatan

Sejak masuknya virus covid 19 ke Indonesia, masyarakat berlomba lomba menjaga kesehatan mereka dengan menerapkan gaya hidup yang sehat. Ada beberapa peralatan kesehatan yang laris keras selama pendemi seperti masker, hand sanitizer, dan lain sebagainya. 

  • Makanan dan Minuman

Makanan dan minuman adalah salah satu produk yang tetap dibutuhkan oleh masyarakat dan termasuk saat pandemi. Anda bisa mencoba menjual beberapa jenis makanan dan minuman misalnya seperti menjual kopi.

Jual kopi memang terdengar sebagai usaha yang sederhana, namun karena peminat minuman kopi sangatlah banyak, maka usaha kopi bisa menjadi usaha yang menjanjikan selama pandemic.

Ada berbagai cara yang dapat anda lakukan dalam berjualan kopi, misalnya seperti jual biji kopi, jual bubuk kopi atau mungkin menjual kopi siap minum. Jika anda menawarkan produk makanan dan minuman seperti kopi siap minum, pastikan bahwa anda memberikan layanan antar, agar konsumen merasa senang berbelanja di tempat anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *