Tips Bisnis Tetap Lancar Saat PPKM

Tips Bisnis Tetap Lancar Saat PPKM

Tips Bisnis Tetap Lancar Saat PPKM , Meningkatnya angka jumlah masyarakat terpapar virus covid 19, membuat pemerintah harus menerapkan PPKM Darurat, yang berdampak langsung pada sejumlah bisnis di Indonesia. Meskipun saat ini mayoritas industri di Indonesia sudah mulai beralih ke era digital, namun dalam menjalankan bisnis digital tentu membutuhkan sebuah strategi agar pemasaran dapat mencapai target yang tepat.

Masa PPKM seperti yang terjadi saat ini membuat pebisnis mau tidak mau harus beradaptasi. Ada berbagai strategi yang dapat diterapkan dalam melancarkan bisnis di tengah PPKM yang salah satunya adalah dengan mengubah strategi penjualan. Berikut beberapa tips yang dapat dilakukan pebisnis selama PPKM berlangsung.

  1. Tawarkan Promo Diskon dan Gratis Ongkir

Tidak dapat dipungkiri bahwa sejak pandemic hingga penerapan PPKM, sejumlah masyarakat mengalami masalah dengan mata pencaharian mereka sehingga menuntut untuk benar benar dapat mengelola keuangan dengan baik.

Membeli barang yang benar benar dibutuhkan dan harga yang lebih murah menjadi salah satu kebutuhan masyarakat saat ini, maka dari itu bagi anda selaku pebisnis ada baiknya jika anda mempertimbangkan kembali tawaran harga yang akan anda berikan kepada para konsumen.

  1. Berikan Reward

Penghargaan dengan system pin rewet ini bisa menjadi salah satu strategi yang dapat anda terapkan dalam strategi penjualan selama PPKM. Dengan pemberian penghargaan kepada para konsumen yang berdasarkan jumlah poin yang telah ditentukan, akan membuat banyak orang tertarik untuk menjadi langganan mereka sebab berbelanja di tempat anda dinilai lebih menguntungkan. Reward yang Anda berikan mampu membangun kesetiaan pelanggan.

  1. Memanfaatkan Berbagai Platform Online

Beralih ke arah digital merupakan opsi pertama yang wajib dipertimbangkan, mengingat penerapan PPKM yang membatasi aktivitas luar rumah, tentu akan mempersulit anda dalam menemukan calon customer.

Melalui Platform Online anda bisa menemukan para customer baik pelanggan setia anda maupun para customer baru. 

Memanfaatkan berbagai platform media sosial, seperti Instagram, Tiktok, Twitter, Facebook, dsb, serta situs e-commerce yang dapat mendongkrak bisnis Anda.

  1. Berikan Layanan Transaksi Pembayaran Online yang Mudah

Memulai penjualan secara online bukanlah hal yang sulit. Justru dengan adanya teknologi, semua jauh lebih mudah dan praktis. Dengan meminimalisir kontak fisik, maka Anda juga ikut mengurangi penyebaran COVID-19. Saat ini sudah banyak layanan yang mendukung kebutuhan perusahaan Anda mulai dari layanan komunikasi, logistik, dsb. Selain kemudahan tersebut, Anda juga perlu memikirkan keamanan dan kenyamanan transaksi pelanggan Anda. Saat ini sudah banyak tersedia layanan pembayaran, sehingga Anda dapat melakukan transaksi secara online salah satunya dengan Payment Gateway.

  1. Beralih ke Produk yang Banyak Dibutuhkan

Memang tidak dapat dipungkiri bahwa sejak pandemi masyarakat cenderung mengabaikan produk produk yang tidak begitu dibutuhkan misalnya seperti gadget, televise dan lain sebagainya, sehingga membuat beberapa bisnis mengalami penurunan omset secara drastis.

Beralih menjual produk yang dibutuhkan bisa menjadi salah satu jalan yang dapat ditempuh, untuk memperoleh keuntungan di tengah pandemic.

Ada berbagai macam jenis produk kebutuhan yang dapat dijalankan selama pandemic yang salah satunya seperti jualan kopi.

Bisnis atau usaha minuman kopi terbilang cukup menjanjikan, sebab minuman kopi adalah minuman yang sangat banyak digemari oleh masyarakat Indonesia, pecinta minuman kopi tersebar di seluruh daerah sehingga membuka peluang bagi anda yang berada di mana saja untuk menjalankan bisnis kopi.

Ada berbagai cara yang dapat anda lakukan dalam menjalankan usaha kopi, misalnya seperti menjual biji kopi, jual kopi bubuk, jual kopi siap minuman dan lain sebagainya.

Itulah beberapa tips bisnis tetap lancar saat PPKM dan semoga apa yang telah dijelaskan diatas dapat bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *