Milenial Bisa Buka Usaha Kedai Kopi Untuk Bangkitkan Ekonomi Bangsa

Milenial Bisa Buka Usaha Kedai Kopi Untuk Bangkitkan Ekonomi Bangsa

Milenial Bisa Buka Usaha Kedai Kopi untuk Bangkitkan Ekonomi Bangsa

Generasi muda atau kaum milenial harus mampu bertahan dan berkarya di tengah pandemi Covid-19 dengan mencoba berbisnis dan bukan malah menyerah di tengah kesulitan ekonomi yang disebab oleh penyebaran covid 19.

Memang tidak dapat dipungkiri bahwa di tengah pandemic seperti saat ini, banyak masyarakat yang mengalami masalah ekonomi yang menuntut mereka harus benar benar mencoba berbagai hal agar mampu keluar dari krisis ekonomi seperti saat ini.

Salah satu tren usaha yang saat ini sedang berkembang pesat di lingkungan adalah bisnis kedai kopi. Mengapa bisnis kedai kopi dapat meningkat.? Hal tersebut tentu disebabkan oleh kebiasaan masyarakat dalam mengkonsumsi kopi yang tidak mengalami penurunan di tengah mewabahnya virus covid 19. Hal tersebut tentu akan membantu masyarakat dalam memperbaiki masalah ekonomi di tengah krisis karena pandemic.

Sebagai kaum milenial memang kita dituntut untuk berkreasi agar memperoleh sesuatu hal yang dapat bermanfaat di kemudian harinya yang termasuk dengan berkreasi dalam mendapatkan ide bisnis yang menguntungkan hingga kedepannya.

Dalam menjalankan bisnis kedai kopi, ada berbagai hal yang wajib untuk dipertimbangkan agar nantinya usaha kopi yang kita jalankan dapat berkembang dan maju dengan pesat. ~Nah untuk anda yang hendak menjalankan bisnis kopi, berikut ini kami akan berbagi beberapa tips untuk anda.

  • Siapkan Konsep Bisnis Usaha Warung Kopi

Hal pertama yang harus anda lakukan dalam membangun usaha yang baik adalah dengan membuat bisnis plan yang matang. Pertimbangkan segala hal yang akan dibutuhkan dalam menjalankan usaha kedai kopi seperti siapa kompetitor Anda, keunikan yang ingin Anda tonjolkan, siapa target market Anda.

Lakukan perhitungan terkait modal, kisaran keuntungan dan biaya operasional di tiap bulannya, maka dengan demikian anda akan lebih mudah dalam memperoleh gambaran potensi keuntungan yang akan anda dapatkan yang bisa menjadi bahan pertimbangan dalam menjalankan usaha kopi.

  • Tentukan Target Market

Kepada siapa anda akan menjual produk.? ini hal yang wajib untuk anda pertimbangkan sebab dengan mengetahui tujuan pemasaran, anda dapat menjadi lebih mudah dalam menentukan jenis kopi yang anda jual, misalnya anda akan menjual kopi kepada kalangan remaja maka sebaiknya anda memilih kopi dengan berbagai varian rasa seperti kopi vanilla latte, kopi cappucino dan lain sebagainya. Namun jika anda menjual kopi dengan target pemasaran orang tua maka sebaiknya anda memilih kopi Arabica atau sehenisnya sebagai produk yang anda jual. 

  • Cari Lokasi yang Strategis

Tidak dapat dipungkiri bahwa lokasi dari sebuah usaha akan mempengaruhi potensi perkembangan dan kemajuan dari usaha yang kita jalankan, maka dari itu pastikan bahwa anda memilih lokasi yang strategis dan mudah dijangkau oleh para pelanggan dan yang tidak kalah pentingnya, anda harus mempertimbangkan kenyamanan dan ketenangan dari para pelanggan, sebab hampir semua orang yang sedang ngopi membutuhkan tempat yang nyaman dan tenang untuk ngopi.

  • Perhatikan Dekorasi Eksterior dan Interior

Meskipun menjalankan bisnis kopi tidak membutuhkan bangunan yang mewah dan megah namun bukan berarti anda boleh mengabaikan dekorasi interior dari kedai kopi anda sebab dekorasi adalah sebuah elemen yang akan mempengaruhi kenyamanan dari para pelanggan yang sedang ngopi.

  • Pilih Barista yang Tepat

Mengikut sertakan orang orang yang profesional dalam menjalankan bisnis kopi merupakan salah satu hal yang cukup penting dalam menjalankan bisnis kedai kopi, sebab dengan bantuan tenaga profesional dan berpengalaman, dapat meningkatkan potensi anda memperoleh pelanggan lebih banyak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *