Mengejar Berkah di Bulan Ramadhan

Mengejar Berkah di Bulan Ramadhan

Seperti yang diketahui, Bulan ramadhan menjadi bulan yang istimewa bagi umat Muslim di seluruh dunia dan termasuk dengan di negara Indonesia. Sebagai negara dengan masyarakat bermayoritas Islam, bulan ramadhan di indonesia disambut dengan keceriaan.

Sebagai bulan yang penuh berkah, bulan ramadhan menjadi ladang pahala yang sekaligus sebagai ladang rezeki dengan membuka berbagai macam usaha, seperti kuliner, peralatan ibadah, baju muslim dan lain sebagainya.

Bulan ramadhan dipercaya sebagai bulan pengampunan, sebab selama bulan ramadhan, amal kebaikan akan dilipat gandakan pahalanya, dibandingkan dengan bulan bulan lainnya. Tidak heran jika selama bulan ramadhan, Umat Muslim berlomba lomba melakukan amal kebaikan, mulai dari bersedekah, meramal, meningkatkan kualitas ibadah dan lain sebagainya.

Adapun doa yang kerap kali dipanjatkan saat menyambut bulan ramadhan yakni

“Allahumma sallimnii ilaa ramadlaana wa sallim lii ramadlaana wa tasallamhu minni mutaqobbalaa.”

Yang artinya :

“Ya Allah, antarkanlah aku hingga sampai Ramadan, dan antarkanlah Ramadan kepadaku, dan terimalah amal-amalku di bulan Ramadan.”

 

Mengejar Berkah di Bulan Ramadhan

Adapun beberapa hal yang dapat dilakukan selama bulan ramadhan agar hidup dilimpahkan berkah. Apa saja hal tersebut. Simak ulasannya sebagai berikut.

 

Perbanyak Do’a

Orang yang menjalankan puasa dan berbuka merupakan orang yang doanya mustajab. Maka dari itu, perbanyaklah berdoa ketika sedang berpuasa, terlebih lagi ketika berbuka. Berdoalah untuk kebaikan diri sendiri dan saudara saudara sesama Muslim agar mendapatkan kehidupan yang lebih baik.

 

Menghatamkan Al-Qur’an

Berkah bulan Ramadhan bisa kamu dapatkan dengan cara mengkhatamkan Al-Qur’an. Ya, bulan Ramadhan merupakan bulannya Al-Qur’an. Pada bulan inilah Al-Qur’an pertama kali turun dari lauhul Mahfuzh ke langit dunia sekaligus. Dengan ini Alah SWT berfirman:

“Bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al-Qur’an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil)”. – Al Baqarah: 185.

 

Shalat Tarawih

Selain dengan berdoa dan berpuasa, untuk menambah keberkahan selama bulan ramadhan, saudara juga bisa melaksanakan ibadah sunnah Shalat Tarawih. Rasulullah SAW bersabd: “Barang siapa yang menghidupkan malam bulan Ramadhan karena iman dan mengharap pahala dari Allah akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu”.

 

I’tikaf

I’tikaf adalah berdiam diri di masjid untuk beribadah kepada Allah SWT. I’tikaf ini disunnahkan bagi laki-laki dan perempuan, karena Rasulullah SAW selalu beri’tikaf terutama pada sepuluh malam terakhir dan para istrinya juga ikut I’tikaf bersamanya. Juga hendaknya orang yang melaksanakan I’tikaf ini memperbanyak dzikir, istighfar, membaca Al-Qur’an, berdoa, shalat sunnah, dan lain sebagainya.

 

Memperbanyak Berbuat Kebaikan

Bulan puasa merupakan bulan yang dimana berbagai pahala yang diperoleh dari berbagai amal kebaikan akan dilipat gandakan. Maka perbanyaknya amal kebaikan selama bulan ramadhan agar memproleh hidup yang berkah. 

 

Bersedekah

Rasulullah SAW bersabda: “Sebaik-baik sedekah adalah sedekah pada bulan Ramadhan” (HR. Tirmidzi).

Ibnu Abbas RA berkata: “Nabi (Muhammad SAW) adalah orang yang paling dermawan di antara manusia. Kedermawanannya meningkat saat malaikat Jibril menemuinya setiap malam hingga berakhirnya bulan Ramadhan, lalu Nabi membacakan al-Quran di hadapan Jibril. Pada saat itu kedermawanan Nabi melebihi angin yang berhembus.”

Dan pada akhir bulan Ramadhan Allah mewajibkan kepada setiap muslim untuk mengeluarkan zakat fitrah sebagai penyempurna puasa yang dilakukannya.

 

Umroh

Bulan Ramadhan juga merupakan waktu terbaik untuk melaksanakan umrah, karena dengan umroh pada bulan Ramadhan memiliki pahala tersendiri seperti pahala haj bersama Rasulullah SAW. Rasulullah SAW bersabda, “Umroh pada bulan Ramadhan seperti haji bersamaku”.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *