Manfaat Puasa Syawal Usai Bulan Suci Ramadhan

Manfaat Puasa Syawal Usai Bulan Suci Ramadhan

Meskipun puasa syawal yang ditunaikan selepas bulan suci ramadhan merupakan puasa sunnah namun ada banyak keutamaan bagi siapa saja yang menjalankan ibadah puasa yang satu ini. Ibadah sunah ini dilaksanakan selama enam hari. Umat Islam dianjurkan mengerjakan puasa Syawal sebab memiliki berbagai macam keutamaan. Selain itu juga terdapat banyak sekali manfaat puasa Syawal.

 

Keutamaan Menunaikan Ibadah Puasa Syawal

Ada banyak keutamaan dari menunaikan ibadah puasa syawal yang salah satunya sebagai berikut.

Pahala Setahun Berpuasa

Bagi umat muslim yang menunaikan ibadah puasa di bulan syawal, ia akan diganjar dengan pahala yang besar. Barangsiapa yang menunaikan ibadah puasa sunnah di bulan syawal maka Allah SWT akan menjanjikan ganjaran berupa pahala seperti berpuasa selama satu tahun penuh. 

Rasulullah SAW bersabda,

“Barangsiapa yang berpuasa Ramadhan kemudian berpuasa enam hari di bulan Syawal, maka dia berpuasa seperti setahun penuh.” (HR. Muslim)

 

Dapat Pahala Berlipat

Keutamaan lain dari menjalankan ibadah puasa juga dapat memperoleh pahala yang berlipat ganda. 

Sebagaimana yang tertuang dalam sebuah hadits sebagai berikut:

“Barang siapa berpuasa enam hari setelah hari raya Idul Fitri, maka dia seperti berpuasa setahun penuh. (Barang siapa berbuat satu kebaikan, maka baginya sepuluh kebaikan semisal).” (HR. Ibnu Majah).

 

Mendekatkan Diri pada Allah SWT

Menjalankan ibadah puasa syawal juga merupakan bentuk lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT. Barangsiapa yang menunaikan ibadah puasa enam hari (puasa bulan syawal) maka ia akan mendapat tempat yang mulia di sisi Allah SWT.  Keutamaan ibadah puasa sunnah Syawal ini ditegaskan pula dalam salah satu hadits Qudsi sebagai berikut:

“Setiap amal manusia adalah untuk dirinya kecuali puasa, ia (puasa) adalah untuk-Ku dan Aku memberi ganjaran dengan (amalan puasa itu).” Kemudian, Rasulullah melanjutkan, “Demi Allah yang jiwa Muhammad berada di tangan-Nya, bau mulut orang yang berpuasa itu lebih harum di sisi Allah dibandingkan wangi minyak kasturi.” (HR. Muslim).

 

Manfaat Bagi Tubuh Menjalankan Ibadah Puasa

Adapun manfaat yang akan didapatkan bagi orang orang yang menunaikan ibadah puasa yang salah satunya adalah

Tingkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Menjalankan ibadah puasa artinya menahan lapar dan haus. Menahan lapar dan haus dapat membuat sel sel induk dalam tubuh akan terpicu untuk memproduksi sel darah putih yang dimana sel tersebut mampu membantu mencegah infeksi.

Berdasarkan dari hasil sebuah penelitian yang dilakukan University Southern California, menyatakan bahwa berpuasa dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Hal tersebut dikarenakan sel darah putih baru yang disebut dapat meregenerasi seluruh sistem kekebalan tubuh, sehingga peranan penting dalam melindungi tubuh dari berbagai serangan virus dan bakteri penyebab dari berbagai penyakit,.

 

Cegah Gangguan Pencernaan

Manfaat puasa lainnya adalah dapat mencegah penyakit atau gangguan pencernaan. Hal tersebut disebabkan selepas ibadah puasa ramadhan atau idul fitri, tubuh akan kembali merespon ulang pola makan yang biasa tiga kali dalam sehari. Sehingga biasanya hal tersebut dapat menyebabkan gangguan pencernaan. Maka dengan melaksanakan ibadah puasa sunnah bulan syawal mampu menjadikan kontrol porsi makanan. Nantinya hal itu dapat membantu kalian mengendalikan transisi pasca mengonsumsi makanan dengan jumlah besar. Selain itu juga bisa mencegah terjadinya gangguan pencernaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *