4 Tips Sehat Berpuasa di Tengah Pandemi Covid-19

4 Tips Sehat Berpuasa di Tengah Pandemi Covid-19

Berpuasa di tengah covid bukanlah suatu perkara yang mudah. Sebab selain harus menahan lapar dan haus, saudara  juga harus menerapkan protokol kesehatan yang tepat yang sekaligus harus mampu menjaga sistem imun agar terhindar dari penularan virus covid.

 

Tips puasa saat pandemi coronavirus (COVID-19)

Puasa di tengah pandemi covid 19 memang terasa cukup berat, sebab pandemi coronavirus belum tampak akan berakhir dalam waktu dekat. Namun di sisi lain, berpuasa dapat sangat membantu meningkatkan kekebalan tubuh kita agar terhindar dari berbagai macam penyakit.

Dengan menjalankan puasa 30 hari, tubuh dapat merangsang produksi sel darah putih baru. inilah yang mendasari regenerasi seluruh sistem kekebalan. Regenerasi sistem imun akan semakin memperkuat tubuh untuk menangkal berbagai infeksi bakteri dan virus serta penyakit lainnya.

Agar manfaat dari menjalankan ibadah puasa, pola hidup yang sehat juga harus perlu untuk diterapkan. Berikut tips puasa saat pandemi coronavirus (COVID-19)

 

1. Tidur yang cukup

Menjaga pola tidur merupakan salah stau hal yang perlu untuk dilakukan saat menunaikan ibadah puasa di tengah pandemi seperti sekarang ini. Sebab kekurangan waktu tidur dapat melemahkan sistem imun yang akan berdampak pada sistem kekebalan tubuh yang menurun.

Sebuah studi menunjukkan bahwa orang yang kekurangan tidur akan cenderung jatuh sakit setelah terpapar oleh virus seperti flu dan pilek. Kurang tidur juga akan mempengaruhi seberapa cepat tubuh akan pulih dari sakit, yang artinya jika tidur kurang maka tubuh membutuhkan waktu yang lebih lama untuk kembali fit dan begitu juga sebaliknya jika tidur cukup maka tubuh akan cepat fit kembali selepas sakit.

 

2. Sahur dan berbuka dengan makanan bergizi seimbang

Ketika berbuka puasa, banyak orang yang cenderung tidak memperhatikan pola makan mereka sehingga berbagai macam makan pun akan disantap dengan harapan bisa kenyang setelah sahur dan berbuka. Padahal apa yang kita konsumsi akan mempengaruhi sistem imun tubuh. Maka dari itu, pastikan bahwa menu untuk berbuka terdiri dari menu makanan yang bergizi tinggi.

 

3. Berolahraga

Berolahraga secara teratur saat berpuasa dapat meningkatkan sistem imun tubuh dalam melawan virus dan bakteri sehingga tubuh akan tetap terasa fit selama berpuasa. Namun agar tidak cepat merasa lelah saat berolahraga, dianjurkan olahraga dilakukan di waktu menjelang berbuka atau 30 menit sebelum berbuka.

Untuk jenis olahraga sendiri, saudara dapat melakukan olahraga olahraga yang ringan dan tidak menguras cukup banyak tenaga seperti misalnya joging, bersepeda, bermain bowling, yoga dan lain sebagainya.

 

4. Hindari stres

Menghindari stres adalah tips puasa di tengah pandemi virus corona yang sering dipandang sebelah mata. Saat kita stres, kemampuan sistem kekebalan untuk melawan penyakit berkurang sehingga kita lebih rentan terhadap infeksi. Sebab, meningkatkan hormon stres kortikosteroid dapat menghambat kerja sistem kekebalan tubuh, misalnya dengan menurunkan jumlah limfosit (sel darah putih yang bertugas melawan patogen penyebab penyakit).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *