Tips Aman Puasa bagi Ibu Hamil agar Tetap Bugar 

Tips Aman Puasa bagi Ibu Hamil agar Tetap Bugar 

Wanita hamil memiliki dua pilihan ketika memasuki bulan Ramadhan. Mereka boleh menjalankan ibadah puasa atau meninggalkannya jika tak mampu. Sebagai gantinya ibu hamil tersebut harus membayar fidyah, yakni memberi satu porsi makan orang miskin dengan standar lingkungan tempatnya tinggal. Satu hari tak berpuasa dihitung satu porsi makanan.

 

Tips Aman Puasa bagi Ibu Hamil agar Tetap Bugar 

Di awal kehamilan biasanya ibu hamil memilih untuk tetap berpuasa. Sebelum berpuasa alangkah baiknya saudara berkonsultasi dulu ke dokter serta mengikuti beberapa tips di bawah ini.

 

1. Cukupi kebutuhan cairan tubuh

Perbanyaklah minum air putih saat sahur maupun berbuka agar tubuh tak merasa dehidrasi di siang harinya. Normalnya kebutuhan air minum minimal 8 gelas sehari. saudara dapat membaginya dengan 4 gelas saat sahur dan 4 gelas ketika berbuka. Jauhilah minuman dingin karena dapat mengurangi kinerja lambung. Kurangi juga minuman manis saat sahur agar tubuh tak mudah lemas dan lapar saat berpuasa.

 

2. Konsumsi makanan kaya nutrisi

Makanlah makanan bergizi ketika sahur dan berbuka untuk mencukupi kebutuhan janin serta menjaga kesehatan ibu saat berpuasa. Jangan tinggalkan mengonsumsi buah dan sayur dan asupan yang mengandung protein, seperti susu, daging, dan keju. Seimbangkan juga porsi makan. Lebih baik porsi sedikit tapi sering daripada sekali tapi terlalu banyak.

 

3. Hindari makanan pedas dan berlemak

Hindarilah makanan pedas dan berlemak yang berdampak buruk pada kondisi tubuh. Makanan pedas dapat mempengaruhi perubahan hormon, menimbulkan rasa mulas serta memicu rasa mual dan muntah. Sedangkan makanan berlemak dapat mempengaruhi sistem kekebalan tubuh serta kesehatan ibu dan calon bayi. Gantilah dengan makanan berserat dan karbohidrat yang memiliki kualitas tinggi.

 

4. Minum susu ibu hamil saat buka dan sahur

Jangan lupa untuk meminum susu ibu hamil untuk menjaga perkembangan janin dan mengurangi risiko anemia pada ibu hamil. Jika biasanya saudara mengkonsumsinya pada pagi dan malam hari, maka gantilah dengan meminum segelas susu hangat saat sahur dan berbuka. Seimbangkan pula dengan banyak minum air putih.

 

5. Mengkonsumsi vitamin

Ibu hamil juga membutuhkan makanan yang mengandung vitamin untuk menjaga vitalitas tubuh. Berkonsultasilah ke dokter terlebih dahulu untuk memutuskan vitamin mana yang cocok bagi tubuh dan kesehatan janin. Sehingga vitamin yang dikonsumsi dapat bermanfaat secara maksimal serta mengurangi risiko obat-obatan pada ibu hamil.

 

6. Istirahatlah yang cukup

Saat berpuasa cukupkan istirahat. Jangan melakukan aktivitas yang terlalu berat sehingga menyebabkan tubuh kelelahan. Ketika tubuh dalam kondisi stabil, hal ini juga berdampak pada kesehatan janin dan tubuh. Hindari pula hal-hal yang bisa membuat tertekan atau stres agar saudara dapat menjalankan puasa dengan nyaman.

 

7. Batalkan puasa jika kondisi tubuh memburuk

Apabila tubuh terlalu lemas dan saudara merasa tak sanggup menjalani puasa di siang harinya, jangan memaksakan diri untuk melanjutkan puasa. Terlebih jika keadaan itu dibarengi dengan gejala seperti pusing, perut mulas, muntah-muntah, keringat dingin, dan kondisi buruk lainnya. Segeralah pergi ke dokter jika saudara tidak bisa mengatasinya sendiri.

Nah, sudah tahu kan apa saja yang harus saudara lakukan agar puasa tetap nyaman saat hamil?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *