5 Cara Mengatur Keuangan bagi Anak Kuliah

5 Cara Mengatur Keuangan bagi Anak Kuliah

5 Cara Mengatur Keuangan bagi Anak Kuliah, Meskipun belum bekerja dan selalu mendapat uang jajan dari orang tua, bukan berarti sebagai anak kuliah atau pelajar tidak perlu mengatur keuangan. Mengatur keuangan sangat penting untuk semua orang, tidak terkecuali untuk anak yang masih sekolah.

Selain dapat memupuk diri untuk menjadi orang yang memiliki kepribadian yang hemat dan teliti dalam keuangan, mengatur keuangan juga dapat menjadi salah satu cara meringankan beban orang tua. Bayangkan bagaimana jika orang tua sedang berada pada masa yang sulit yang di mana pemasukan lebih rendah dibandingkan dengan kebutuhan, tentu akan berdampak juga pada kuliah saudara kedepannya. 

Maka dari itu, sangat penting untuk saudara dalam mengatur uang dengan baik, agar uang dapat bertahan untuk jangka waktu yang lama, dan mungkin juga uang yang saudara miliki dapat disisihkan sebagai tabungan yang nantinya dapat saudara gunakan dikala membutuhkannya.

 5 Cara Mengatur Keuangan bagi Anak Kuliah

Saat berada pada masa remaja, mengatur keuangan mungkin bukanlah hal yang mudah, namun jika saudara bertekad mungkin hal tersebut bisa berbalik menjadi mudah. Agar mengatur keuangan menjadi hal yang memudahkan, berikut ini kami punya beberapa tipsnya.

1 Menabung

Menabung adalah salah satu cara sederhana untuk mengatur sistem keuangan yang baik. Memiliki kebiasaan dengan menabung tentu akan membuat kita lebih mudah menata dan mengatur rencana untuk kedepannya.

Saudara dapat menyisihkan uang belanja yang diberikan oleh orang tua maupun sanak saudara. Tidak perlu dalam jumlah yang banyak, asalkan rutin, pasti lama kelamaan tabungan saudara akan menjadi banyak. 

Jika saudara ingin menabung berjangka pendek, maka saudara bisa menggunakan celengan atau semacamnya yang sewaktu waktu saudara bisa mengambilnya, namun jika saudara berencana ingin menabung untuk jangka panjang dengan angka atau nominal yang besar, saudara bisa berinvestasi, baik berinvestasi emas, saham dan lain lain.

2 Tentukan Berbagai Sumber Pemasukan

Sebagai orang tua, saudara pastinya akan mendapatkan suport yang penuh terkait biaya kuliah dan jajan selama mengikuti kuliah. Manfaatkan sumber pemasukan tersebut sebagai modal untuk menabung. Saudara juga bisa mencari pekerjaan yang dapat saudara lakukan tanpa mengganggu aktivitas kuliah saudara. 

Uang nantinya saudara peroleh dari kerja bisa saudara manfaatkan untuk meringankan beban orang tua maupun sebagai modal usaha di kemudian hari setelah saudara menyelesaikan pendidikan. Ada banyak pekerjaan yang dapat dilakukan oleh anak kuliah di zaman sekarang ini misalnya menjadi freelance, asisten dosen dan lain lain.

3 Tentukan Berbagai Jenis Pengeluaran

Catat siklus pengeluaran dan pemasukan saudara sebagai upaya untuk memonitori sistem keuangan. Dengan adanya catatan, saudara dapat mengetahui ke mana dan dari mana uang yang saudara miliki. Dalam hal ini, saudara juga akan mudah mengatur sistem keuangan dengan baik, misalnya mengurangi pengeluaran yang tidak penting.

4 Buatlah Rencana Anggaran Keuangan

Ketika saudara memperoleh uang yang diberikan oleh orang tua baik secara harian maupun secara bulanan, saudara dapat mengatur rencana ke mana uang tersebut akan digunakan. Pastikan bahwa saudara mengatur rencana yang bermanfaat dan bukan rencana yang dapat menghabiskan uang dengan percuma seperti misalnya untuk berfoya foya, main game dan lain lain/

Jika rencana anggaran keuangan sudah dirancang dengan baik, patuhilah anggaran tersebut sedemikian rupa karena jika tidak, anggaran keuangan itu hanya sekadar rencana dan tidak terealisasi. Jadikan rencana anggaran keuangan ini sebagai pedoman dalam pelaksanaan penggunaan uang sehari-hari konsekuen dan disiplin.

5 Buatlah Pos Dana Cadangan

Apa bedanya tabungan dengan dana cadangan.? Perbedaan dari kedua hal tersebut yaitu terletak pada tujuannya. Tabungan lebih cenderung ke suatu hal yang ingin saudara capai, misalnya mengumpulkan modal untuk usaha, membeli laptop untuk kuliah, dan lain sebagainya. sementara pos dana cadangan berfungsi sebagai dana yang dapat saudara gunakan ketika dalam situasi yang mendesak.

Itulah beberapa cara mengatur sistem keuangan bagi anak kuliah. Semoga tips tersebut dapat bermanfaat untuk saudara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *