Simak 5 Cara Mengadaptasi Bisnis Saat PPKM!

Simak 5 Cara Mengadaptasi Bisnis Saat PPKM!

Simak 5 Cara Mengadaptasi Bisnis Saat PPKM!

Demi mengontrol penyebaran virus covid 19 yang terus meluas, memaksa pemerintah harus menerapkan PPKM di sejumlah daerah. Adanya penerapan tersebut membuat sebagian banyak orang merasa dirugikan karena usaha atau bisnis yang mereka jalankan omzet nya menurun.

Banyak orang yang terdampak akibat penerapan PPKM, tidak sedikit juga harus di PHK lantaran perusahaan sudah tidak mampu untuk memberikan gaji pada setiap karyawan mereka. Namun percayalah bahwa setiap masalah pasti ada solusinya.

Mengapa Tidak Banyak Bisnis Bisa Bertahan ?

Banyak orang yang mungkin bertanya, mengapa banyak bisnis yang tidak mampu bertahan di tengah pandemi seperti saat ini. Terkait hal tersebut mungkin jawaban berikut bisa menjawab dari setiap pertanyaan saudara.

Belum masuk digitalisasi usaha

Masih ada banyak pebisnis UMKM yang masih belum masuk ke dalam dunia digitalisasi Usaha. bahkan hampir 60% UMKM masih belum melek digital. adanya fenomena tersebut menjadi alasan mengapa banyak pebisnis di zaman sekarang ini sulit berkembang dan bertahan. Maka dari itu, bagi saudara yang sedang menjalankan sebuah usaha atau bisnis, cobalah untuk mempersiapkan bisnis untuk terjun ke dalam pemasaran digital.

Target pasar terbatas

Sudah menjadi kebiasaan pelaku usaha kecil hanya memasarkan produknya kepada orang orang yang berada di lingkungan terdekat seperti keluarga, teman,kerabat dan lainnya. Hal tersebutlah yang menyebabkan terjadinya faktor kemunduran bagi para pelaku UMKM. Jika target pasar sempit tentu akan menjadi sulit untuk meningkatkan omzet atau bertahan pada masa PPKM.

Media pemasaran konvensional

Selain target yang kecil, juga terhambat oleh media pemasaran yang masih konvensional sehingga membuat keterbatasan jangkauan pasar. Media pemasaran ini sangat berpengaruh terhadap hasil penjualan dari produk atau layanan jasa bisnis. 

Tips Jitu Bisnis Bertahan di tengah PPKM 

Bertahan di tengah PPKM memang bukanlah hal yang mudah, namun bukan berarti saudara tidak mampu bertahan pada masa sulit tersebut. Berikut ini kami akan berbagi beberapa tips untuk saudara agar mampu bertahan di tengah PPKM.

Bisnis harus Go Digital

Tidak dapat dipungkiri bahwa di era digital seperti saat ini masyarakat atau konsumen lebih cenderung memanfaatkan media digital untuk berbelanja. Apalagi di tengah PPKM seperti saat ini yang membuat banyak orang merasa khawatir untuk berinteraksi langsung dengan orang lain di luar rumah. mak tidak heran jika sejak penerapan PPKM pelaku belanja online meningkat secara drastis. Hal tersebut menjadi dasar yang kuat untuk saudara mempertimbangkan terjun ke dunia bisnis digital.

Perluas target pasar bisnis

Apabila saudara sudah masuk ke dalam dunia bisnis digital, tentu secara otomatis saudara sudah mampu meningkatkan jangkauan pasar. Namun untuk masuk ke dalam dunia bisnis digital, saudara wajib merancang strategi yang kuat untuk menghadapi padatnya persaingan bisnis digital.

Gunakan media pemasaran digital

Setelah saudara sudah memiliki target pasar digital yang jelas, maka selanjutnya saudara perlu untuk mempertimbangkan media pemasaran digital yang akan saudara gunakan. Memang media pemasaran digital sangatlah banyak namun kesalahan dalam menggunakan media pemasaran akan menyebabkan saudara tidak dapat menjangkau target yang sesuai sasaran.

Mulailah meningkatkan branding product

Jika saudara sudah menerapkan beberapa strategi di atas, maka saudara juga perlu memperhatikan pentingnya branding product bisnis. Melalui media pemasaran digital, saudara akan lebih mudah untuk meningkatkan branding product. Misalkan saja dengan membuat content marketing, promosi iklan ataupun menggunakan jasa influencer. 

Masukan bisnis pada marketplace

Keraguan konsumen dalam berbelanja online memang sudah sering terjadi, maka dari itulah konsumen memilih opsi marketplace sebagai sarana pembelajaran online yang aman. Agar penjualan produk atau jasa dapat meningkat, saudara harus mengikuti kebiasaan dan alur belanja dari para pelanggan. Memasukan produk atau jasa yang saudara pasarkan ke dalam marketplace merupakan salah satu cara terbaik untuk memperoleh pelanggan yang lebih banyak.

Itulah beberapa cara mengadaptasi bisnis di tengah PPKM yang sedang berlangsung. Jika saudara tidak memiliki modal atau kurang pengetahuan terkait sebuah usaha dan bisnis, maka saudara dapat bergabung dalam program ADE, program berbisnis tanpa modal. Dalam program ADE saudara akan dibimbing hingga mampu menjalankan usaha yang nantinya akan dibantu oleh  lembaga dhuafa entrepreneur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *