Cara Membuat Anak Hidup Sederhana Tanpa Harus Prihatin

Cara Membuat Anak Hidup Sederhana Tanpa Harus Prihatin

Cara Membuat Anak Hidup Sederhana Tanpa Harus Prihatin, Sebagai orang tua tentu menginginkan segala sesuatu yang terbaik untuk anak anaknya. Berbagai hal perlu diajarkan sejak dini agar kelak anak anak dapat tumbuh menjadi orang yang pintar dan cerdas dalam menjalani kehidupan pada masa dewasa.

Cara Membuat Anak Hidup Sederhana

Mengajarkan anak tentang sebuah kesederhanaan akan sangat membantu anak untuk tumbuh menjadi sosok orang yang lebih menghargai setiap uang yang mereka miliki. Namun meskipun demikian, mengajarkan anak tentang sebuah kesederhanaan tidaklah harus prihatin, maka dari itu, kami akan berbagi beberapa tips untuk saudara terkait cara membuat anak hidup sederhana tanpa harus prihatin

1. Ajari dengan Memberi Contoh

Cara terbaik untuk mendidik anak adalah dengan cara memberikannya penjelasan yang disertai dengan contoh, sebab sebagian besar dari hal yang dilakukan oleh seorang anak berasal dari apa yang mereka lihat, maka dari itu, saudara bisa memberikan contoh cara hidup yang sederhana, misalnya tentang mengapa saudara lebih memilih obat generik yang lebih murah dibandingkan dengan obat bermerek yang memiliki fungsi sama.

2. Beri Mereka Uang Mainan

Memberikan anak uang palsu sebagai mainan merupakan salah satu cara terbaik untuk melatih anak sebelum mereka memegang uang yang sebenarnya Buatlah semacam role play atau tugas sederhana yang bisa mereka kerjakan.

Jika mereka berhasil melakukan tantangan pada permainan tersebut, maka uang mainan yang mereka miliki dapat ditukarkan dengan snack atau mainan kesukaan mereka. dalam hal ini, saudara dapat mengajarkan mereka tentang siklus uang, bahwa untuk mendapatkan segala sesuatu yang mereka inginkan harus ada usaha dan kerja.

3. Hindari untuk Selalu Memberikan Apa yang Mereka Inginkan

Cobalah untuk sesekali berkata tidak terhadap permintaan mereka yang meskipun saudara merasa mampu untuk membelinya. Katakan kepada mereka bahwa segala sesuatu yang kita inginkan tidak selamanya dapat diperoleh secara instan dan saat itu juga. Ada masanya di mana mereka harus menunda  dan menunggu waktu yang tepat. Dalam hal ini, saudara bisa mengajarkan kepada mereka untuk menabung terlebih dahulu jika memang menginginkan sesuatu.

4. Perlakukan Mereka dengan Adil

Jika saudara akan memberikan uang atau hadiah untuk mereka, mintalah kepada mereka untuk menyelesaikan suatu tugas. Memang hal ini terdengar sepele, namun dampaknya akan sangat bermanfaat bagi kehidupan anak anak saudara pada masa yang akan datang. 

5. Berikan Pujian dan Cinta

Apabila anak saudara telah berhasil menghemat uang jajannya, maka jangan lupa untuk memberikan mereka pujian dan buat mereka merasa senang agar nantinya mereka dapat lebih bersemangat untuk hidup sederhana dan hemat.

6. Jangan Gengsi Berbelanja Barang Bekas

Sesekali ajaklah mereka pergi ke pasar loak, dan biarkan mereka melihat bahwa ada banyak barang bekas layak pakai dan berkualitas tinggi yang tersedia dengan harga super murah. Mengajarkan hidup sederhana memang harus dimulai dari diri sendiri. Berikan mereka contoh nyata bagaimana saudara menghemat sejumlah pengeluaran dan menabung untuk hal-hal yang saudara inginkan.

7. Buat dan Tempelkan Anggaran Rumah Tangga

Jika saudara memiliki kebiasaan untuk membuat catatan anggaran rumah tangga, maka mulai sekarang buatlah catatan yang dapat dilihat oleh anak saudara. Dengan mengetahui keperluan rumah tangga secara detail yang cukup besar, pastinya mereka akan berpikir kembali dikala mereka menginginkan sesuatu secara berlebihan.

Itulah beberapa cara mengajar dan mendidik anak agar hidup secara sederhana tanpa harus prihatin. Semoga tips yang telah kami berikan dapat bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *