Yuk Belajar Pengelolaan Gaji, Agar Bisa Lebih Baik

Yuk Belajar Pengelolaan Gaji, Agar Bisa Lebih Baik

Yuk belajar pengelolaan gaji, agar bisa lebih baik, Apakah saudara termasuk dengan orang yang suka berbelanja tanpa mempertimbangkan kebutuhan lainnya.? Biasanya setelah itu langsung merasa, mengapa uang di dompet menipis, yang padahal baru menerima gaji.? Terkesan seperti gaji hanya sekadar lewat saja di rekening.

Jika kita selalu menjalani pola hidup seperti ini setiap bulannya, akan sangat sulit untuk dapat menabung, apalagi akan berinvestasi untuk masa depan. 

Tip Mengatur Gaji yang Pas Pasan

Agar gaji saudara tidak terkesan seperti gaji yang numpang lewat saja, berikut ini ada beberapa tip yang dapat saudara simak untuk mengontrol sistem keuangan saudara agar tidak terasa sebagai gaji yang pas pasan.

  1. Catat pemasukan dan pengeluaran

cara pertama yang saudara dapat lakukan adalah dengan mencatat pemasukan dan pengeluaran gaji. Cara ini adalah cara yang terbilang cukup sederhana namun akan memberikan manfaat yang cukup besar terhadap sistem keuangan saudara. Jangan malas untuk melihat dan mengecek sistem keuangan saudara setiap kali akan berbelanja dan setelah berbelanja agar saudara bisa tahu ke mana dan seberapa besar keuangan yang telah saudara keluarkan di beberapa waktu lalu.

  1. Buat budgeting

Setelah mengamati pola pengeluaran melalui catatan keuangan, selanjutnya saudara dapat membuat budgeting. Hal ini akan menjaga agar saudara tidak mengeluarkan anggaran yang lebih dari apa yang telah saudara tentukan. 

  1. Bayar kewajiban dan sisihkan untuk tabungan

Ketika saudara menerima gaji di hari pertama, usahakan saudara tidak langsung belanja barang barang yang sudah menjadi rencana saudara. Usahakan saudara mengutamakan hal yang terpenting terlebih dahulu, misalnya dengan membayar tagihan agar tidak jatuh tempo dan sisihkan sebagian untuk tabungan.

Untuk sisa dari setelah membayar tagihan dan menyisihkan untuk tabungan, saudara sudah boleh menggunakan untuk keperluan lainnya dengan catatan saudara tetap mengontrol pengeluaran dari keuangan tersebut.

  1. Pisahkan pos-pos pengeluaran

Setelah sebagian sudah aman dan kewajiban sudah lunas, saudara bisa memisahkan uang ke dalam pos pengeluaran yang sesuai dengan budgeting yang saudara buat. Selain saudara dapat menggunakan system amplop, saudara dapat menggunakan sistem kartu debit pintar untuk alokasi pos pengeluaran.

  1. Selalu membawa daftar barang saat belanja

Untuk menghindari kemungkinan saudara membeli barang diluar rencana, saudara bisa membawa daftar belanja yang telah saudara buat. Utamakan bang barang yang menjadi kebutuhan pokok, baik bulanan maupun mingguan.

Jangan mudah tergoda dengan promo yang saudara temukan di pusat perbelanjaan. Tetap fokus pada barang kebutuhan pokok saudara. Jika kebutuhan pokok sudah terpenuhi, maka barulah saudara boleh membeli barang barang yang saudara inginkan (di luar kebutuhan pokok)

  1. Jeli terhadap promo

Tidak ada salahnya jika saudara mencari barang kebutuhan pokok dengan harga yang murah. Setiap bulan biasanya akan ada toko yang mengadakan promo, misalnya dengan membeli beras 25 kg saudara bisa mendapatkan minyak 1 liter. Promo tersebut tentu akan sangat membantu sekali bagi saudara yang memasak sendiri di rumah.

  1. Hemat biaya konsumsi dengan masak sendiri

Di zaman serba instan seperti saat ini, memang makanan dan minuman kemasan lebih enak dan praktis, namun kembali lagi ke masalah keuangan. Antara membeli makanan instan dan masak sendiri, tentu masak sendiri jauh lebih hemat.

Meskipun hanya dengan menu seadanya, namun sistem keuangan saudara akan mampu bertahan hingga bulan depan sampai saudara menerima gaji di bulan berikutnya.

Itulah beberapa tip yang mungkin saudara bisa terapkan dalam sistem keuangan saudara. Agar gaji saudara menjadi lebih berkah, saudara bisa menyisihkan sebagian dari gaji untuk bersedekah. Jangan takut keuangan saudara tidak cukup, sebab bersedekah adalah kunci dari pintu rezeki yang mengalir.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *