Usaha Apa Ya Sambil Ngurus Anak?

Usaha Apa Ya Sambil Ngurus Anak?

Usaha apa ya sambil ngurus anak? Menjadi seorang ibu rumah tangga membuat kita menjadi lebih sulit mengatur waktu dibandingkan ketika masih gadis. Sebagai seorang ibu rumah tangga, saudara pastinya tahu betapa sulitnya mengatur waktu di tengah kesibukan mengurus rumah tangga, apalagi jika telah dikaruniai seorang anak, mungkin membagi waktu untuk urusan lainnya seperti bisnis atau usaha merupakan hal yang cukup sulit.

Meskipun sebagai ibu rumah tangga, saudara pasti ingin memperoleh penghasilan tambahan untuk membantu memenuhi kebutuhan sehari hari. Ada beberapa ide usaha yang dapat saudara jalankan sebagai ibu rumah tangga tanpa harus merasa khawatir tidak ada waktu untuk mengurus anak.

Macam macam usaha sambil ngurus anak

Bagi saudara yang ingin memperoleh penghasilan di tengah kesibukan mengurus anak, berikut ini ada beberapa ide usaha yang saudara dapat jalankan sebagai sumber penghasilan tambahan selama diam di rumah.

  1. Jual Pulsa dan Paket Internet

Di era digital seperti saat ini, penggunaan media media online sangatlah banyak, apalagi sejak pandemi yang menuntut masyarakat untuk lebih banyak diam di rumah membuat pengguna internet meningkat drastis. Hal tersebut juga memengaruhi penjualan pulsa dan paket internet yang ikut meningkat.

Hal tersebut bisa menjadi salah satu peluang bagi saudara yang ingin memperoleh penghasilan sambil mengurus anak di rumah. Saudara bisa menjalankan bisnis jual pulsa atau paket internet. Menjalankan usaha jual pulsa atau paket internet tidaklah membutuhkan modal yang besar, apalagi jika saudara berjualan di rumah pastinya saudara tidak perlu lagi sewa tempat atau bangunan sebagai tempat untuk menjalankan usaha.

Agar usaha dapat berjalan dengan baik dan lancar, sebaiknya saudara menghindari memberikan utang kepada konsumen yang meskipun dapat memberikan keuntungan yang lebih namun perputaran uang akan menjadi terhambat.

  1. Penjahit

Bagi saudara yang memiliki keahlian di bidang menjahit, saudara bisa membuka usaha jasa jahit atau permak pakaian. Meskipun usaha ini terdengar sederhana, namun keuntungan yang saudara akan dapatkan cukup besar, apalagi jika di area tempat tinggal saudara tidak ada tukang jahit, pastinya para tetangga sekompleks akan datang ke tempat saudara.

Untuk menjalankan usaha yang satu ini, mungkin saudara akan membutuhkan modal untuk membeli mesin jahit dan beberapa jenis peralatan dan perlengkapan lain yang akan dibutuhkan saat menjahit.

  1. Katering

Kesibukan dalam bekerja menjadi salah satu penyebab dari makan tidak teratur. Cukup jarang pekerja yang memiliki waktu luang untuk memasak sehingga salah satu alternatif yang dipilih adalah dengan membeli makanan siap saji atau memesan catering.

Jika saudara tinggal di kota besar, cobalah untuk menjalankan usaha catering harian. Target pasar utama saudara adalah para pekerja pekerja, pelajar atau orang orang yang sangat sibuk setiap harinya. Dalam menjalankan usaha ini, saudara dituntut untuk kreatif dalam menyajikan makanan dan memiliki pengetahuan yang luas terkait menu menu masakan yang nikmat.

  1. Warung Kopi

Membuka warung kopi adalah salah satu ide usaha yang dapat dijalankan oleh siapa saja dan termasuk bagi para ibu rumah tangga yang sibuk dengan urusan atau pekerjaan rumah tangga. Dalam menjalankan usaha ini, saudara membutuhkan tempat atau lokasi yang bisa digunakan untuk bersantai santai bagi para pengunjung.

Agar usaha dapat berjalan dengan baik, saudara bisa menyediakan fasilitas free wifi di area usaha saudara. Jika ingin memperoleh keuntungan yang lebih besar, saudara bisa menambahkan menu menu tambahan seperti snack, cemilan, gorengan dan lain sebagainya.

Supaya usaha saudara menjadi berkah dan bermanfaat bagi sesama, saudara bisa menyisihkan sebagian dari penghasilan saudara kepada pihak pihak yang membutuhkannya. Untuk menyalurkannya, saudara bisa menitipkannya kepada kami di Dhuafa Entrepreneur yang siap membantu saudara yang ingin menyalurkan bantuan kepada mereka yang membutuhkannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *