PPKM Lagi? Bisnis Gimana? Simak Strategi yang Wajib Dimiliki!

PPKM Lagi? Bisnis Gimana? Simak Strategi yang Wajib Dimiliki!

PPKM Lagi? Bisnis Gimana? Simak Strategi yang Wajib Dimiliki!

Awal adanya penerapan PPKM membuat banyak masyarakat mengalami kesulitan dalam memenuhi kebutuhan mereka. Hal tersebut disebabkan aktivitas di luar ruangan dibatasi sehingga para pelaku usaha usaha kecil seperti pedagang kaki mengalami masalah ekonomi.

Sebagai masyarakat yang baik dan taat aturan tentu kita mau tidak mau harus mengikuti aturan yang diberlakukan oleh pemerintah, namun bagaimana dengan bisnis atau usaha yang dijalani.? Apakah kita masih dapat memperoleh keuntungan dari penerapan PPKM.?

Menjalankan sebuah usaha atau bisnis di tengah PPKM seperti saat ini memang sangatlah sulit, namun bukan berarti tidak ada jalan yang dapat anda tempuh untuk bertahan di tengah PPKM. 

Ada berbagai macam strategi yang dapat anda lakukan dalam melancarkan bisnis yang anda jalani selama PPKm dan berikut beberapa diantaranya

Ubah strategi penjualan

Salah satu hal yang dapat anda lakukan selama penerapan PPKM berlangsung adalah dengan merubah strategi penjualan. Solusi terbaik untuk melakukan pemasaran di tengah PPKM dengan cara yang aman yaitu dengan memanfaatkan media online sebagai sarana promosi dan penjualan.

And abis memanfaatkan berbagai macam fitur online sebagai sarana penjualan dan promosi yang antara lain seperti marketplace, social media, website dan lain sebagainya.

Fokus pada pelanggan

Usahakan anda selalu memenuhi kebutuhan para pelanggan setia anda dan terutama para pelanggan lama yang biasanya tetap berlangganan di tempat anda. Jika perlu anda dapat melakukan riset untuk mencari semua pelanggan pelanggan yang sebelumnya berlangganan dengan bisnis yang anda jalankan. Tawarkan kembali kepada mereka terkait produk yang pernah anda jual kepada mereka dan jika perlu berikan mereka penawaran harga yang lebih murah dari sebelumnya.

Potong pengeluaran yang tidak diperlukan

Tidak dapat dipungkiri bahwa sejak pandemi hingga diberlakukannya PPKM, membawa masyarakat ke dalam krisis global yang menuntut semua orang untuk benar benar mengeluarkan uang hanya seperlunya saja.

Cek kembali masalah keuangan pada bisnis yang anda geluti, potong dan kurangi pengeluaran yang tidak benar benar dibutuhkan, maka dengan demikian, usaha yang anda jalankan akan menjadi lebih baik.

Inovasi menambah pendapatan

Dalam berbisnis, jangan ragu untuk terus melakukan inovasi ataupun memanfaatkan peluang baru.

Jika kamu merasa tidak bisa mengandalkan bisnis utama lagi di masa pandemi, coba untuk mencari peluang bisnis baru yang lebih menghasilkan.

Contohnya adalah produksi masker kain, face shield, dan lain-lainnya yang sangat dibutuhkan di masa pandemi.

Beralih ke Produk atau Barang yang Dibutuhkan

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa mengurangi pengeluaran adalah salah satu jalan yang ditempuh oleh sebagian besar masyarakat yang terdampak pada penerapan PPKM, maka dari itu, tidak heran jika banyak usaha usaha yang mengalami penurunan omset secara drastis dan terutama pada bisnis yang menjual produk produk yang tidak terlalu dibutuhkan.

Anda bisa menjual produk kebutuhan dengan permintaan yang tinggi namun daya saing yang cukup rendah yang salah satu contohnya seperti berbisnis kopi.

Awal sebelum penerapan PPKM, pebisnis minuman kopi siap saji memang dapat ditemukan di mana mana, namun sejak penerapan PPKM, penjual minuman kopi menjadi menurun yang padahal kebutuhan minuman kopi di tengah PPKM tidak menurun.

Hal tersebut bisa menjadi salah satu peluang untuk anda dalam menjalankan bisnis di tengah pandemic. Anda bisa menjalankan bisnis kopi dengan berbagai macam strategi misalnya menawarkan biji kopi kepada pemilik coffee shop, menjual bubuk kopi ke kepada para pecinta kopi atau bisa juga dengan menjual minuman kopi siap minum yang telah disajikan dalam kemasan botol.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *