PPKM Level 4 Berlanjut, Ini Saran Usaha Hasilkan Uang

PPKM Level 4 Berlanjut, Ini Saran Usaha Hasilkan Uang

PPKM Level 4 Berlanjut, Ini Saran Usaha Hasilkan Uang

Penerapan PPKM level 4 pun terpaksa harus diterapkan demi menghindari meluasnya virus covid 19 di berbagai daerah. Penerapan PPKM sendiri berdampak langsung kepada mata pencaharian masyarakat yang terutama bagi para pelaku usaha usaha kecil yang mencari rezeki dengan cara terjun langsung ke lapangan.

Dalam penerapan PPKM level 4 yang diperpanjang, presiden memberikan kelonggaran kepada para pelaku usaha kecil. Berikut daftar usaha kecil yang dapat pelonggaran:

  • Pasar rakyat yang menjual sembako diperbolehkan buka seperti biasa dengan protokol kesehatan yang ketat 
  • Pasar rakyat yang menjual selain kebutuhan pokok diperkenankan buka hingga pukul 15.00 WIB dengan kapasitas maksimum 50 persen pengunjung 
  • Pedagang kaki lima, toko kelontong, agen voucher, pangkas rambut, laundry, pedagang asongan, bengkel kecil, cucian kendaraan dan usaha kecil lainnya diizinkan buka dengan protokol kesehatan yang ketat hingga pukul 21.00 WIB 
  • Warung makan, pedagang kaki lima, lapak jajanan dan sejenisnya yang memiliki usaha di tempat terbuka diperkenankan buka dengan protokol kesehatan yang ketat hingga pukul 21.00 WIB dan maksimum waktu makan di tempat 20 menit untuk setiap pengunjung. 

Tips Jualan Di Tengah PPKM Level 4

Memanfaatkan kelonggaran yang diberikan saat penerapan PPKM level 4 memang belum dapat memenuhi kebutuhan sehari hari dan terutama bagi para pengusaha atau pedagang kecil.

Agar usaha atau bisnis dapat berjalan dengan lancar selama pandemic, berikut ini ada beberapa tips jualan di tengah PPKM level 4.

Memanfaatkan Pemasaran Online

Hal pertama yang perlu anda pertimbangkan dalam menjalankan usaha di tengah penerapan PPKM adalah pemasaran produk secara online

Sejak masuknya virus covid 19 ke Indonesia, kebiasaan masyarakat menjadi berubah drastis. Saat ini masyarakat menjadi lebih cenderung memilih belanja secara online dibandingkan secara offline, sebab belanja secara online dinilai lebih aman. Maka dari itu penting halnya untuk mempertimbangkan promosi via online di tengah pendemi seperti saat ini.

Sediakan Layanan Antar

Untuk meningkatkan pelayanan dan mempertahankan konsumen selama pandemic, anda bisa memberikan layanan antar kepada para pelanggan atau customer yang membeli produk anda.

Dengan layanan jasa kirim tentu akan membuat para customer menjadi lebih nyaman saat berbelanja di tempat anda sehingga mereka dapat menjadi langganan tetap di tempat anda.

Jual Produk yang Dibutuhkan

Menjual produk yang dibutuhkan selama pandemic juga tidak kalah penting untuk dipertimbangan. Salah satu produk yang selalu dibutuhkan adalah produk makanan dan minuman.

Ada banyak jenis makanan dan minuman yang dapat anda jual selama pendemi yang salah satunya seperti minuman kopi.

Menjual minuman kopi sejak pandemi memang terdengar sepele namun bisnis kopi sangatlah menjanjikan. Meskipun minuman kopi tidak secara langsung menjadi minuman pokok dalam kehidupan sehari hari, namun bagi beberapa orang pecinta minuman kopi, cenderung membutuhkan kopi sebagai minuman santai sehari hari.

Mengingat pecinta minuman kopi sangatlah banyak tentu memberi peluang yang besar bagi anda yang menjalankan bisnis kopi. Ada berbagai cara yang dapat anda terapkan dalam menjual kopi salah satunya seperti jual biji kopi, jual bubuk kopi, jual minuman kopi siap minum dan lain sebagainya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *