Cara Memulai Bisnis Kopi Bagi Pemula, Kepoin Yuk!

Cara Memulai Bisnis Kopi Bagi Pemula, Kepoin Yuk!

Cara Memulai Bisnis Kopi Bagi Pemula, Kepoin Yuk! Di Indonesia kopi adalah minuman yang paling banyak diminati masyarakat luas. Pecinta kopi sendiri berasal dari berbagai kalangan, mulai dari perdesaan hingga perkotaan menyukai minuman kopi. Besarnya minat masyarakat akan minuman kopi membuat bisnis kopi cukuplah menjanjikan.

Menjalankan bisnis kopi dapat dikatakan sebagai bisnis yang cukup mudah karena dalam penyajian dan sistem penjualannya tidaklah begitu sulit, namun meskipun demikian, sebagai pemula tentu membutuhkan pengetahuan dasar dalam strategi berbisnis. Berikut ini kami akan berbagi beberapa tips terkait cara berbisnis kopi bagi seorang pemula, lebih jelasnya yuk simak penjelasannya di bawah ini.

  1. Siapkan Konsep 

Segala hal yang akan dilakukan akan jauh lebih baik jika didasari dengan konsep yang dibuat secara matang, maka dari itu agar usaha kopi anda dapat berjalan dengan baik dan memberikan keuntungan yang seusai prediksi sebaiknya anda mempersiapkan konsep bisnis terlebih dahulu.

  1. Tentukan Target Market

Hal selanjutnya yang perlu anda pertimbangkan adalah kepada siapa anda akan menjualnya. Setelah anda berhasil menentukan target dari penjualan tentu anda akan menjadi lebih mudah dalam menentukan produk yang anda jual. selera lidah dan cita rasa remaja dan dewasa umumnya berbeda. Remaja lebih cenderung menyukai kopi dengan cita rasa yang divariasikan misalnya kopi mocca, kopi susu, dan lain sebagainya, sementara untuk dewasa biasanya lebih menyukai kopi dengan cita rasa kopi yang khas asli dari kopinya sehingga dianjurkan untuk anda tidak terlalu menambahkan komposisi variasi rasa yang dapat menghilangkan rasa khas dari kopi itu sendiri.

Jika anda ingin memperoleh keuntungan yang lebih besar, maka dianjurkan untuk anda menargetkan pasaran ke semua kalangan, maka dari itu pastikan anda menyediakan kopi dengan berbagai varian.  

  1. Lokasi  

Dalam menentukan lokasi, sebaiknya anda memilih lokasi lokasi yang strategis dan yang mudah dijangkau oleh para pelanggan. Sebagai pebisnis baru sebaiknya anda memilih lokasi yang menjadi pusat keramaian untuk memudahkan anda dalam proses pengenalan brand bisnis anda.

  1. Dekorasi Eksterior dan Interior

Meskipun berbisnis minuman kopi tidak membutuhkan fasilitas dan dekorasi mewah dan megah seperti bisnis lainnya, namun setidaknya anda harus menghadirkan dekorasi dan tata ruang yang senyaman, karena hampir semua pecinta minuman kopi membutuhkan tempat yang nyaman untuk menikmati kopi.

  1. Manfaatkan Media Sosial

Meskipun menjalankan bisnis kopi merupakan usaha yang sangat mudah dijalankan, bukan berarti anda tidak membutuhkan promosi, terutama untuk pebisnis atau pengusaha kopi pemula. Untuk masalah promosi, anda bisa memanfaatkan media sosial yang banyak digunakan sebagai media periklanan bisnis anda.

  1. Pelajari Pengetahuan Pembukuan & Keuangan

Sistem pembukuan dan keuangan dalam sebuah usaha memang sudah tidak dapat dilepaskan lagi, pasalnya dengan adanya pengetahuan tentang pembukuan dan keuangan anda akan menjadi lebih mudah dalam mengetahui peningkatan dan penurunan omset sehingga anda dapat menjadi lebih mudah dalam penerapan strategi yang tepat.

Itulah 6 cara memulai bisnis kopi bagi para pemula agar mampu menuai hasil yang sesuai dengan apa yang diharapkan, semoga apa yang telah kami bagikan di atas dapat menambah wawasan anda dalam menjalankan bisnis dengan strategi dan konsep penerapan yang tepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *