Tips Investasi dan Keuangan Anak Muda

Tips Investasi dan Keuangan Anak Muda

Di era digital seperti saat ini, berinvestasi tampaknya menjadi usaha yang cukup menjanjikan. Tidak hanya mampu menarik perhatian para pekerja saja, namun kaum remaja atau anak muda juga mulai ikut terjun dalam dunia investasi.

Meskipun terdengar mudah, namun berinvestasi sebenarnya cukup sulit. Apapun bentuk usaha yang dilakukan dan termasuk dengan berinvestasi, pasti ada kekurangan dan kelebihannya. Salah satu kekurangan dalam dunia investasi adalah dapat beresiko bangkrut, sehingga dana yang diinvestasikan dapat beresiko hangus. Maka dari itu, dalam berinvestasi perlu memahami hal hal dasar terkait investasi yang akan dilakukan.

 

Tips Investasi dan Keuangan Anak Muda

Usia muda adalah usia yang paling pas untuk di investasi, agar ketika dewasa atau tua nanti, kita sudah dapat memetik hasil dari berinvestasi. Bagi kaum remaja yang ingin berinvestasi, berikut ini kami punya beberapa tips untuk saudara.

 

1. Ketahui Alasan Kamu Berinvestasi

Sebagai anak muda, gaya hidup saudara tentu berbeda dengan mereka yang sudah dewasa. Pemikiran mereka tentang uang dan bagaimana harus menginvestasikannya, pastinya lebih matang daripada saudara yang memang baru ingin lakukan investasi. Perlu diingat, jangan sampai saudara keliru dalam melakukan investasi. Maka dari itu, sebelum memulai ketahui dengan pasti apa alasan kamu berinvestasi.

Apakah investasi untuk jangka panjang atau jangka pendek.? Dengan menentukan jangka waktu dalam berinvestasi, tentu saudara akan menjadi lebih mudah dalam memilih jenis investasi yang akan saudara jalankan.

 

2. Cek Kondisi Keuangan

Sebelum memutuskan untuk berinvestasi, saudara perlu terlebih dahulu mengecek kembali seberapa banyak penghasilan yang saudara peroleh tiap bulannya. Perhatikan dengan baik siklus keuangan. Jangan sampai ketika berinvestasi nantinya uang yang saudara miliki tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan pokok.

Alternatif lain agar saudara masih bisa lakukan investasi adalah dengan mencari penghasilan tambahan. Saudara dapat menjadi seorang freelancer, yang nantinya hasilnya digunakan untuk investasi. Memang, tidak mudah karena saudara harus mengorbankan banyak waktu tetapi percayalah hal ini akan mengubah hidup saudara di masa depan.

 

3. Pilih Investasi yang Cocok

Setelah menyelesaikan point sebelumnya, maka selanjutnya saudara perlu memiliki instrumen yang memang sesuai dengan kemampuan saudara secara finansial. Jangan mudah tergiur dan ikut ikutan dengan orang lain, sebab belum tentu situasi dan kondisi yang saudara miliki sama dengan mereka. Ada banyak sekali investasi yang bisa saudara pilih, apalagi di zaman perkembangan teknologi seperti sekarang. Mulai dari investasi reksa dana, saham, hingga investasi emas, bisa dipilih sesuai kebutuhan.

 

4. Cari Sebanyak Mungkin Informasi

Sebelum melakukan investasi, ada baiknya jika saudara mencari informasi lebih banyak terkait investasi yang akan saudara lakukan. akan jauh lebih baik lagi jika saudara dapat mengamati sistem dan cara kerja dari investasi terkait. Ini bertujuan agar nantinya tidak ada penyesalan yang terjadi ketika investasi telah berjalan.

 

5. Memulai Sejak Dini

Dari tips investasi sebelumnya, kamu jadi tahu kalau melakukan investasi tidak harus memerlukan banyak uang dan bisa dilakukan untuk anak muda.

Banyak para ahli juga yang menyebutkan bahwa, berinvestasi semakin dini akan semakin baik karena tentunya return yang saudara dapatkan akan semakin besar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *