Tips Mendidik Anak Agar Menjalani Gaya Hidup Sehat

Tips Mendidik Anak Agar Menjalani Gaya Hidup Sehat

Tips Mendidik Anak Agar Menjalani Gaya Hidup Sehat, Mendidik anak yang sekaligus mengajarkan anak untuk hidup sehat sejak dini adalah suatu hal yang perlu untuk dilakukan. Akan jauh lebih baik menghindari daripada mengobati. Memberikan didikan kepada anak terkait gaya hidup yang sehat sebenarnya bukanlah hal yang sulit. Saudara dapat memulainya dengan beberapa hal yang sederhana, misalnya mengajaknya olahraga, makan dan lain lain.

Mendidik Anak Agar Menjalani Gaya Hidup Sehat

Agar proses mendidik anak agar menjalani gaya hidup yang sehat dengan mudah, berikut ini kami punya beberapa tips sederhana untuk saudara. Seperti apa tipsnya.? Simak penjelasan berikut ini.

Atur Porsi Makan

Langkah pertama yang dapat saudara lakukan dalam mendidik anak untuk hidup yang sehat, dapat dimulai dengan mengajari mengenai prinsip porsi makan. Ajari untuk menghindari makan atau minum secara berlebihan, seperti dengan cara membandingkan dengan benda lain. Misalnya, konsumsi sayur dan buah sekitar satu kepalan tangan, karbohidrat sebesar satu scoop es krim, ikan atau daging sebesar telapak tangan, serta keju sekitar satu ruas ibu jari.

Kunyah Makanan Perlahan

Ajarkan kepada anak untuk mengunyah makanan secara perlahan. Hal tersebut akan memudahkan anak untuk mengenali dirinya apakah masih dalam keadaan yang lapar atau sudah kenyang. Lalu usahakan untuk menunggu 15 menit ketika anak ingin menambah makanannya.

Berbelanja dan Siapkan Makanan

Saudara bisa mengajar si kecil untuk berbelanja bahan makanan, ajarkan kepadanya untuk terbiasa membaca atau mengetahui komposisi yang terkandung dalam makanan atau bahan yang berkemasan. Dengan begitu, nantinya anak akan mengerti terkait nutrisi apa yang akan diperoleh dalam komposisi makanan tersebut. Setelah itu, saudara juga boleh mengajarnya untuk mengolah makanan bersama sama, hal ini dapat membuat anak makin terampil dalam memasak ketika ia dewasa.

Makan Bersama Keluarga

Ketika makan bersama dengan keluarga, saudara dapat mengisi acara makan dengan sebuah percakapan atau cerita, atau mungkin saudara bisa menceritakan terkait kandungan nutrisi yang akan diperoleh dari makanan yang akan dikonsumsinya.

Hindari Jadikan Makanan Sebagai Hukuman Atau Penghargaan

Hal ini wajib untuk saudara perhatikan dalam mendidik anak untuk memulai gaya hidup yang sehat. Hindari menghukum anak dengan menyuruhnya tidur tanpa makan maka, sebab hal tersebut hanya akan membuatnya menahan rasa lapar. 

Begitu pula dengan mengizinkannya dengan memakan makanan makanan manis atau mengandung bahan yang tidak baik yang hanya sebagai sebuah penghargaan. Kebiasaan ini hanya akan membuat anak merasa jenis makanan tertentu lebih penting dibanding makanan sehat.

Cukupi Kebutuhan Cairan Tubuh

Seperti yang sama sama kita ketahui, cairan adalah suatu hal yang sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk memaksimalkan fungsi organ. Membiasakan anak untuk minum air putih yang cukup akan membantu anak terhindar dari berbagai masalah yang disebabkan kekurangan cairan seperti dehidrasi, mudah lelah dan lain lain. Hindari memberinya terlalu banyak minuman manis, karena dapat meningkatkan risiko obesitas dan diabetes.

Biasakan Rutin Berolahraga

Ajaklah anak untuk berolahraga secara rutin. Tidak perlu mengajaknya untuk melakukan olahraga yang berat, cukup dengan mengajaknya jalan jalan berkeliling taman dengan berjalan kaki sudah bisa menjadi aktivitas olahraga yang baik untuk kesehatannya.

Jika ingin lebih mudah, saudara bisa membelikannya sepeda, agar aktivitas olahraganya dapat terasa seperti sedang bermain.

Itulah beberapa tips sederhana untuk mengajarkan anak agar menjalani tata hidup yang sehat. Semoga dapat bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *