Persiapan Amalan Sebelum Memasuki Bulan Suci Ramadan

Persiapan Amalan Sebelum Memasuki Bulan Suci Ramadan

Bulan ramadhan merupakan bulan yang dinanti nanti umat Muslim di seluruh dunia. Berbeda dengan bulan bulan lainnya, bulan suci ramadhan merupakan bulan yang memiliki banyak keutamaan di dalamnya, yang salah satunya adalah pahala dari amal kebaikan akan dilipat gandakan.

Bulan ramadhan juga menjadi bulan yang identik dengan peningkatan ibadah para umat Muslim. Salah satu ibadah yang identik dengan bulan ramadhan adalah ibadah puasa. Selama bulan ramadhan, Umat muslim diwajibkan untuk melaksanakan ibadah puasa yang akan dilaksanakan selama satu bulan lamanya.

 

Persiapan Amalan Sebelum Memasuki Bulan Suci Ramadan

 Dalam menyambut kedatangan bulan suci ramadhan ada berbagai kegiatan yang biasnaya dilakukan masyarakat Muslim di berbagai daerah, mulai dari tradisi hingga amalan amalan yang dianjurkan rasul. Berikut beberapa amalan rasul yang bisa saudara dilakukan saat menjelang puasa ramadhan.

 

1. Qhada Puasa

Membayar hutang atas puasa tahun lalu sebanyak hari yang ditinggalkan menjadi suatu kewajiban yang mutlak dan dapat dilakukan menjelang ramadhan. Bagi yang meninggalkan puasa di bulan ramadhan tahun lalu dikarenakan suatu kendala maka wajib untuk menggantinya atau mengqadha di luar bulan Ramadhan. Tidak ada ketentuan khusus mengenai batasan waktu untuk menggantikan puasa, asalkan mampu melunasi kewajibannya sebelum memasuki bulan ramadhan yang berikutnya.

 

2. Bermaaf-maafan dan bertobat

Bermaaf maafan menjelang ramadhan merupakan suatu hal yang dapat saudara amalkan. Dengan bermaaf maafan dapat membuat kita terbebas dari kesalahan kepada orang lain, baik yang secara sengaja maupun tidak disengaja yang sekaligus sebagai upaya mensucikan diri. Selain dengan bermaaf maafan, umat Muslim dianjurkan untuk menyambut datangnya ramadhan dengan taubat nasuha, mempersiapkan diri berpuasa, serta bertekad yang murni dan tulus.

 

3. Memperbanyak ilmu agama

Mendalami dan meningkatkan kualitas ibadah dengan mendalami pemahaman ilmu agama juga bisa menjadi salah satu hal yang dapat saudara amalkan menjelang ramadhan. Ada berbagai pelajaran yang dapat saudara dalami terkait tentang fiqih ibadah pada bulan Ramadhan seperti misalnya fiqih puasa, shalat tarawih, zakat, sedekah, dan ibadah-ibadah lainnya perlu disegarkan kembali.

 

4. Memperbanyak doa dan dzikir

Menjelang ramadhan, kita dianjurkan untuk memperbanyak doa dan dzikir. Melalui doa dan dzikir, kita dapat terasa lebih dekat dengan Allah SWT. Semakin terasa dekat dengan Yang Maha Kuasa, maka akan semakin baik kualitas dari ibadah yang akan kita laksanakan. Selain dari itu, amalan tersebut akan mendatangkan pahala yang berlipat ganda.

 

5. Mengingatkan orang lain keberkahan Ramadhan

Rasulullah juga mengingatkan orang-orang tentang berkah Ramadhan dan mendorong umat Muslim melakukan perbuatan yang lebih baik lagi.

Rasulullah SAW berkata:

“Telah datang kepadamu Ramadhan, bulan yang diberkati, di mana Allah, Yang Mahakuasa telah memerintahkanmu untuk berpuasa.

Selama itu, gerbang surga dibuka dan gerbang Neraka ditutup, dan setiap iblis dirantai. Di dalamnya, Allah memiliki malam yang lebih baik dari seribu bulan; siapapun yang kehilangan kebaikannya memang dirampas.”

 

6. Ziarah Kubur

Ziarah ke kubur atau makam sanak dan keluarga yang telah berpulang juga merupakan suatu amalan yang telah dianjurkan oleh Rasulullah SAW, karena dapat meningkatkan kezuhudan mengenai berbagai hal kehidupan di dunia.

Itulah beberapa amalan yang dapat saudara panjatkan ketika menjelang ramadhan. Semoga dengan amalan amalan tersebut dapat membawa kita semua menjadi umat yang lebih baik dari sebelumnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *