Kisah Inspiratif Dari Jack Ma dalam Meraih Kesuksesan

Kisah Inspiratif Dari Jack Ma dalam Meraih Kesuksesan

Kisah Inspiratif dari Jack Ma dalam Meraih Kesuksesan, Tidak jarang, banyak orang yang terkadang menyesali keadaan dan menyesal karena telah terlahir di tengah keluarga yang berantakan, terlahir dengan tubuh yang cacat dan bahkan ada pula yang terkadang merasa menyesal telah dilahirkan di tengah keluarga miskin. Di mana kondisi tersebut semuanya dianggap dapat menghambat keberhasilan pada masa yang akan datang. Sehingga ketika mereka mendapati suatu kegagalan maka mereka akan mudah menyerah dengan impian mereka dan terus menyalahkan latar belakang dari keluarga mereka.

Kisah Inspiratif dari Jack Ma

Padahal kesuksesan sebenarnya tidak sama sekali menyangkut hal tersebut. yang membuat kita dapat meraih kesuksesan tentu dikarenakan niat dan usaha dalam berusaha. Apabila saudara termasuk dengan orang yang selalu menyalahkan latar belakang keluarga yang tidak mampu memfasilitasi saudara, sepertinya saudara perlu mendengar kisah inspiratif dari Jack Ma sang pendiri Alibaba

1. Asal usul Jack Ma

Sebenarnya Jack Ma ini memiliki nama asli Ma Yun, namun karena sahabatnya sulit menyebut dan memanggilnya dengan sebutan Ma Yun, jadi mereka memanggilnya dengan sebutan “Jack” atau Jack Ma. Jack Ma adalah pria yang bertanah kelahiran Hangzhou, Provinsi Zhejiang, Cina tanggal 10 September 1964.

Lahir pada masa jaya komunisme Tiongkok pada tahun 1964, orang tuanya hanyalah seorang pemusik dan pendongeng tradisional yang hanya mendapat bayaran pensiun sebesar Rp. 50.000, itupun digunakan untuk menghidupi dan memenuhi semua kebutuhan keluarga. Hal tersebut menggambarkan secara jelas bahwa masa kecil dari Jack Ma sangat jauh dari kata mewah.

2. Pernah ditolak di banyak sekolah dasar

Sebelum menjadi orang yang sukses dan terkenal seperti saat ini, Jack Ma sebelumnya adalah orang yang lemah matematika. Dikarenakan nilai matematikanya yang buruk, membuat Jack Ma harus menerima dirinya ditolak di banyak SD, bahkan sampai masa SMP dan SMA. Karena hal tersebut, Jack Ma harus berkali-kali mengikuti tes agar bisa diterima sekolah. Namun Jack Ma tetap bertahan dan melaluinya dengan kesabaran.

3. Bersepeda selama 45 menit membuatnya unggul berbahasa Inggris

Walaupun Jack Ma memiliki nilai yang buruk dari Matematika, namun dia cukup ahli urusan bahasa Inggris. Sebab selama 8 tahun Jack Ma belajar bahasa Inggris dari turis di hotel dekat kota Hangzhou. Sejak dia menginjak usia 12 sampai 20 tahun, Jack Ma menjadi tur gaet gratis dari para turis yang berwisata ke negaranya.

Pada saat itu, Cina telah membuka diri dan banyak turis asing yang datang. Sebab tertarik dengan bahasa Inggris, dirinya rela bersepeda selama 45 menit untuk sampai kesana dan belajar langsung dengan turis hotel walaupun harus menghadapi hujan ataupun salju.

4. Memiliki pandangan hidup berbeda di usia 15 tahun

Dikarenakan Jack Ma melakukan interaksi dengan orang luar negeri selama bertahun tahun membuat pemikiran Jack Ma Menjadi lebih terbuka terkait tentang pandangan hidup. Dirinya merasa bahwa cara berpikirnya lebih global dibandingkan kebanyakan penduduk Cina lainnya.

5. Sering ditolak saat melamar pekerjaan

Sebelum berhasil menjadi orang yang sukses beliau pernah melamar pekerjaan di beberapa perusahaan, namun nasib malang menimpanya yang di mana beliau pernah ditolak berkali kali. Dia juga pernah mengikuti tes untuk menjadi polisi namun dia juga gagal.

6. Sempat menjadi guru dengan upah rendah

Setelah ditolak melamar pekerjaan pada beberapa perusahaan, beliau akhirnya memperoleh pekerjaan menjadi seorang guru namun dengan upah yang cukup rendah yaitu 100-120 renbi atau setara dengan Rp 114.000-Rp 142.000 dalam sebulan. Namun kembali lagi, Jack Ma tetap bertahan dan bersabar walaupun gajinya perbulan sangat minim.

7. Jack Ma dan Alibaba

Tanpa berbekal pengetahuan sedikitpun dibidang teknologi dan komputerisasi, Jack Ma memutuskan untuk membangun Alibaba, sebuah situs retail pertama yang menghubungkan para eksportir dari Cina dengan pembeli dari luar negeri.  Jack Ma sengaja memilih nama Alibaba karena ia ingin menciptakan sebuah perusahaan global dari awal. Dia memilih nama Alibaba karena mudah dieja dan karena orang di mana pun tahu bahwa kata itu adalah perintah “Open Sesame” untuk membuka pintu harta karun. Apartemen sederhananya pun ia ubah menjadi kantor perusahaan tersebut. Berkat bisnisnya itulah, mantan guru bahasa Inggris ini sukses menjadi salah satu miliarder terkaya di dunia.

Semua itu berawal dari hasil rayuannya kepada 18 rekan untuk membantunya membangun Alibaba pada tahun 1998. Dari situ, Jack Ma dan teman-temannya berhasil mengumpulkan dana US$ 60.000 untuk memulai Alibaba. Investor asing mulai datang setahun setelahnya dari Softbank dan Goldman Sachs sebesar 25 juta Dolar AS.

Demikianlah kisah inspiratif dari Jack Ma dan semoga kisah Jack Ma ini membuat saudara lebih termotivasi untuk meraih kesuksesan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *