Kisah Inspiratif Pengusaha Sukses Indonesia

Kisah Inspiratif Pengusaha Sukses Indonesia

Kisah Inspiratif Pengusaha Sukses Indonesia, Menjadi seorang pengusaha sukses dan terkenal memang bukanlah hal yang mudah. Dibutuhkan sebuah perjalanan yang panjang dan kerja keras untuk mampu mewujudkan hal tersebut. Semua orang memiliki kesempatan menjadi orang yang sukses yang hanya saja melalui jalan yang berbeda beda.

Pengusaha Sukses Indonesia

Banyak orang yang beranggapan bahwa menjadi orang yang sukses itu hanya bisa terwujud jika memiliki pendidikan yang tinggi dan mewarisi harta warisan dari para orang tuanya, namun nyatanya hal tersebut tidaklah demikian. Di indonesia ada banyak pengusaha yang berhasil sukses dan terkenal dengan latar belakang yang berasal dari keluarga yang kurang mampu dan bahkan memiliki pendidikan yang rendah. Siapa saja mereka.? Berikut beberapa diantaranya.

Sudono Salim – Indofood

Mungkin nama Sudono Salim masih terdengar asing bagi beberapa orang, namun jika mendengar indofood rasanya hampir semua orang tau. Di balik perusahaan besar indofood berdiri Sudono Salim yang merupakan pendiri dari perusahaan Indofood. Selain perusahaan Indofood, Sudono Salim juga merupakan pendiri dari perusahaan BCA, dan Bogasari.

Sudono Salim merupakan seorang imigran asal negeri Tiongkok yang berhasil sukses di negeri perantauan, yaitu Indonesia. Pada awalnya, Sudono Salim yang memiliki nama asli Liem Sioe Long pergi ke Indonesia, tepatnya ke Surabaya, dikarenakan terjadinya sebuah konflik di negeri asalnya. 

 Masa awal Sudono Salim dihabiskan di indonesia sebagai seorang gelandangan selama beberapa hari. Selama berada di Indonesia, dia melihatnya sebuah peluang usaha yang baik sebagai seorang bandar cengkih. Pada awal usaha tersebut dijalankan tampak baik baik saja, yang mampu membuat beliau menjadi orang yang sukses, namun sayangnya tidak lama kemudian usaha yang beliau jalankan kandas di tengah jalan ketika Indonesia berada di bawah kekuasaan Jepang.

Namun usaha beliau tidak sampai disitu saja,beliau terus mengamati dan memperhatikan peluang yang tersedia dalam menjalankan sebuah bisnis, sampai akhirnya beliau memulai usahanya lagi dengan mendirikan sebuah bank yang diberi nama Central Bank Asia atau yang sekarang kita kenal dengan BCA atau Bank Central Asia.

Seiring dengan usaha tersebut, beliau terus meningkatkan usaha dan bisnisnya dan mencoba bisnis  produksi pangan yang sekarang kita kenal dengan PT. Bogasari dan produksi makanan olahan tepung terigu yang diberi nama Indofood dengan Indomie sebagai produk andalannya, serta sektor-sektor bisnis lainnya. Dari kisah perjalanan Sudono Salim ini kita dapat memetik sebuah pelajaran yang di mana kita diajarkan untuk tetap berusaha dan tidak mudah untuk menyerah.

Susi Pudjiastuti – Susi Air

Siapa yang tidak kenal dengan sosok ibu Susi Pudjiastuti yang merupakan sosok perempuan gigih yang pernah menjabat sebagai menteri kelautan dan perikanan di bawah kepemimpinan presiden Presiden Joko Widodo.

Saat beliau duduk di bangku SMP, beliau sudah tertarik dengan dunia bisnis. Demi untuk dapat fokus pada bisnis yang beliau jalankan, beliau memutuskan untuk tidak menlanjutkan pendidikannya dan memilih untuk mengolah bsinis perikanannya. 

Berkat kegigihan beliau dalam bekerja membuat beliau berhasil mengembangkan usaha yang beliau jalankan tersebut. Dalam menjalankan usaha tentu beliau juga  pernah mengalami masalah dan kendala dalam menjalankan bisnisnya. Ketika beliau merasa sulit untuk mengirim ikan ke para pemesannya, ibu Susi Pudjiastuti memutuskan untuk meminjam uang bank dan memutuskan untuk membeli pesawat pesawat yang diberi nama Susi Air guna mempermudah dia mengakomodir kebutuhan pengiriman ikannya

Namun di tengah musibah tsunami Aceh, Susi justru memperlihatkan ketulusannya dengan memberi bantuan pinjaman pesawat guna membantu pengiriman bala bantuan. Sejak saat itu, dia mendapatkan cukup banyak permintaan dari LSM di dalam dan luar negeri. Nama dan reputasi Susi Air pun makin dikenal banyak pemilik bisnis perikanan. Dalam kisah perjalanan ibu Susi Pudjiastuti kita dapat memetik sebuah pelajaran yaitu selalu gigih dan jangan mudah menyerah untuk mencapai sebuah kesuksesan. Latar belakang pendidikan yang rendah tidak akan menjadi penghalang kita untuk menjadi orang yang sukses dan terkenal.

Itulah kisah inspiratif pengusaha sukses indonesia yang telah berhasil menjalankan usaha dari dasar hingga menjadi orang yang sukses dan dikenal oleh banyak orang.Untuk saudara yang mungkin ingin berbisnis namun saudara tidak memiliki kemampuan dalam menjalankan dan mendirikan sebuah usaha, mari bergabung bersama kami dalam program ADE, program berbisnis tanpa modal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *