Tips Bisnis Tetap Lancar Saat PPKM

Tips Bisnis Tetap Lancar Saat PPKM

Tips Bisnis Tetap Lancar Saat PPKM, Pemberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat atau PPKM yang berlangsung berdampak pada sektor ekonomi sebagian masyarakat. Masa yang sulit seperti saat ini menuntut masyarakat harus benar benar pandai dalam memanfaatkan peluang bisnis yang ada.

Seperti yang diketahui sejak mewabahnya pandemi, kebiasaan masyarakat dalam berbelanja barang kebutuhan lebih cenderung ke online sehingga memanfaatkan media online bisa menjadi salah satu solusi untuk bertahan selama pandemi. 

Berbisnis lancar selama PPKM

Jika saudara berencana in gin menjadikan media online sebagai ladang untuk memperoleh penghasilan dari setiap usaha yang suadara jalankan, sebaiknya saudara memahami beberapa hal yang patut dan perlu untuk saudara ketahui dalam berbisnis online. Apa saja itu? Simak penjelasannya berikut ini.

1. Utamakan produk yang sedang tren di pasaran

Apakah produk atau barang yang akan saudara pasarkan.? Itu adalah hal pertama yang perlu saudara perhatikan dalam memulai usaha online. Agar produk yang saudara pasarkan mudah memasuki pasar online, pastikan bahwa saudara menawarkan barang barang yang sedang tren atau laris saat ini.

Apa barang yang sedang laris.? Selama pandemi berlangsung, barang dan peralatan medis merupakan produk yang paling laris di pasaran. Beberapa pekan lalu, masker menjadi sebuah produk atau barang yang sempat langka, lantaran minat atau kebutuhan jauh lebih besar dibandingkan dengan pemasok barang.

Maka dari itu, saudara mungkin bisa mempertimbangkan masker sebagai produk yang saudara jual. Selain masker adapun beberapa peralatan medis yang juga cukup laris seperti antiseptik, disinfektan, vitamin, hand sanitizer dan barang barang yang berhubungan lainnya. Selain berpotensi menghasilkan keuntungan, menjual barang-barang semacam ini tentu sangat membantu masyarakat yang sedang membutuhkannya.

2. Berpartisipasi dengan kegiatan promosi di marketplace

Setiap bulan biasanya marketplace akan mengadakan serangkaian promosi dalam meningkatkan jumlah transaksi jual beli pada marketplace tersebut. Saudara dapat berpartisipasi dalam event promosi tersebut untuk meningkatkan jumlah penjualan produk.

Berbagai strategi diterapkan dalam proses promosi marketplace seperti gratis ongkos kirim, potongan harga dan lain sebagainya. Jika saudara memiliki customer yang sebagian besarnya berasal dari luar daerah, maka direkomendasikan saudara mengikut promo gratis ongkos kirim saja, dengan begitu customer atau pelanggan saudara akan merasa lebih senang berbelanja di tempat saudara.

3. Terapkan strategi promosi yang terbukti menguntungkan

Sama halnya dengan menjalankan bisnis offline, bisnis online juga membutuhkan strategi pemasaran. Banyak strategi promosi yang bisa saudara lakukan untuk menarik konsumen, baik di marketplace ataupun media sosial, mulai dari memasarkan produk dengan menggunakan deskripsi yang menarik, menjual produk secara limited edition ataupun dalam bentuk bundling, hingga memberikan voucher diskon dengan maksimum pembelian.

4. Pasang foto produk yang berkualitas

Ketika akan berbelanja sebuah produk, semua orang pasti akan mengecek dan melihat kondisi fisik dari barang yang hendak dibeli. Hal tersebut juga berlaku pada bisnis online yang di mana nilai ukur dari kualitas produk biasanya dilihat dari gambar atau foto produk yang dijual, maka dari itu pastikan bahwa saudara menggunakan foto yang berkualitas dan jelas untuk dipasangkan pada lapak marketplace saudara.

Selain meningkatkan kualitas foto, pastikan saudara juga mencantumkan deskripsi produk dengan lengkap dan jelas sebab deskripsi juga akan menjadi hal penting dalam meningkatkan minat beli dari seorang konsumen.

Itulah beberapa hal yang patut saudara perhatikan ketika saudara memutuskan untuk memasarkan produk via online. Jika saudara tidak memiliki modal atau kurang pengetahuan terkait sebuah usaha dan bisnis, maka saudara dapat bergabung dalam program ADE, program berbisnis tanpa modal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *